Kesehatan

Gara-Gara Sauna Pria Susah Punya Anak?

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 31 Januari 2019
 Gara-Gara Sauna Pria Susah Punya Anak?
Sauna bisa menyebabkan masalah kesehatan (Foto: Pexels/Evelyn)

MUNGKIN kamu salah satu orang yang hobi bersauna. Dalam seminggu bisa dua kali kamu bersauna. Terlebih jika kamu sudah jadi member gym. Sauna sudah menjadi gaya hidup kedua kamu. Tepatnya setelah ngegym, penutupnya sauna. Sungguh terlihat seperti kombinasi kesehatan yang bagus.

Dibilang sehat, sauna memang menyehatkan. Bahkan menurut Go Dok, Lady Gaga saja memiliki sauna pribadi di rumahnya. Sebab dipercaya sauna dapat mengobati nyeri kronis yang ia alami. Namun, sepertinya duduk di ruangan yang hangat dengan uap itu enggak bagus juga untuk pria. Karena bisa dibilang pria bakal susah punya anak jika rutin bersauna.

Selain itu, sauna juga enggak selamanya menyehatkan. Beberapa masalah kesehatan bisa terjadi jika kamu hobi bersauna. Apalagi jika kamu setiap hari bersauna.

1. Menurunkan fertilitas pria

Kadar sperma pria lebih rendah jika sering bersauna(Foto: Pexels/Inzmam Khan)

Inilah yang menyebabkan sauna bikin pria susah punya anak. Karena dapat menurunkan fertilitas pria. Sauna dapat meningkatkan temperatur bagian skrotum, yang bertugas memproduksi sperma. Agar sperma berfungsi dengan baik butuh temperatur tubuh yang sejuk.

Lebih parahnya, menurut International Journal of Andrology, dilaporkan bahwa pria yang secara rutin menjalani sauna memiliki kadar sperma yang lebih rendah. Dibandingkan pria yang tidak melakukan sauna.

2. Memengaruhi kondisi kardiovaskular

Kesehatan jantung juga dapat terganggu (Foto: Pexels/freestocks.org)

Jantung kamu juga bisa bermasalah gara-gara sauna. The American Heart Association memperingatkan bahwa jika kamu memiliki tekanan darah yang kelewat tinggi, kamu harus waspada jika ingin bersauna.

Masalahnya begini. Panas yang berasal dari sauna dapat menyebabkan denyut jantung meningkat drastis dan membuat pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan menyebabkan dada kamu nyeri dan disertai sesak napas. Jadi pikir dua kali ya sebelum bersauna jika kamu memiliki masalah kesehatan jantung.

3. Risiko tekanan darah

Tekanan darah bisa meningkat atau rendah karena sauna (Foto: Pexels/Pixabay)

Setelah bersauna, sebaiknya kamu jangan langsung berendam di kolam dingin. Karena dapat meningkatkan tekanan darah kamu secara mendadak. Enggak hanya itu, sauna juga bisa menjadi penyebab turunnya tekanan darah secara drastis.

Terlalu sering bersauna juga membuat temperatur tubuh kamu menjadi terlalu tinggi. Biasanya jika lebih dari 20 menit kamu berada di ruangan sauna, temperatur tubuh kamu akan meningkat secara drastis.

4. Dehidrasi

Cairan banyak hilang setelah sauna, sehingga membuat kamu dehidrasi (Foto: Pexels/Mauricio Mascaro)

Banyaknya keringat yang keluar karena sauna dapat membuatmu kehilangan banyak cairan. Ujung-ujungnya kamu bisa merasa dehidrasi. Temperatur yang meningkat drastis di dalam sauna juga dapat menimbulkan rasa pusing dan mual pada beberapa orang.

Sahabat Merah Putih, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum bersauna. Terlebih jika kamu menderita penyakit tertentu. Perlu dicatat juga, banyak-banyak minum air putih setelah bersauna. Fungsinya untuk menggantikan banyaknya cairan yang hilang karena sauna. (ikh)

Baca juga: Pria, Ini Perubahan Kondisi Fisik Saat Usia 30 Tahun

#Sauna Dan Spa
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan