Kesehatan

Pria, Ini Perubahan Kondisi Fisik Saat Usia 30 Tahun

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 21 Agustus 2018
Pria, Ini Perubahan Kondisi Fisik Saat Usia 30 Tahun
Usia 30 tahun kondisi fisik pria mulai berubah (Foto: Pexels/Burst)

BERTAMBAHNYA usia tentu saja tidak terelakkan. Mau tidak mau usia bertambah tua, hal tersebut memang alami dirasakan manusia. Seiring bertambahnya usia ada beberapa perubahan yang akan dirasakan, terutama pada kondisi fisik.

Misalnya saat makan, asupan makanan tidak bisa sembarangan seperti dulu. Misalnya saat usia 20 tahun kamu sering mengonsumsi makanan junk food. Tidak di usia 30 tahun, kamu harus bisa memilah makanan. Atau setidaknya mengatur porsinya.

Menurut laman askmen, Steven Lamm, MD, profesor kedokteran dan direktur Pusat Tisch untuk Kesehatan Pria di NYU Langone Health fungsi organ pria juga akan ikut berubah. Nah, berikut ini empat perubahan fisik pada pria saat menginjak usia 30 tahun.

1. Kinerja atletik

Porsi olahraga berkurang di usia 30 tahun (Foto: Pexels/antas singh)

Fisik berolahraga tidak seperti dulu. Misalnya kamu sering melakukan back squat sebanyak 40 kali di usia 20 tahun. Namun di usia 30 tahun, mungkin kamu hanya sanggup melakukan sebanyak 24 kali. Hal ini terjadi karena tubuh tidak lagi dapat membawa oksigen ke otot dengan kecepatan sama. Namun menurut Lamm, sebenarnya usia tidak bisa jadi patokan asalkan sering berolahrga rutin sejak dini. Contohnya kata Lamm ada seorang pria berusia 35 tahun namun kinerja atletiknya setara dengan pria usia 20 tahun. Rupanya pria tersebut rajin berolahraga di daerah pegunungan.

2. Keinginan seks

Mungkin saat remaja kamu masih memiliki keinginan seks yang menggebu-gebu. Saat memasuki usia 30 tahun kamu lebih dewasa dalam menanggapi urusan seks. Produksi testosteron kamu menurun di usia kepala tiga, dengan demikian keinginan seks kamu juga ikut berkurang. Namun, bukan berarti kamu tidak menginginkan hubungan seks sama sekali. Hanya saja kamu lebih bisa mengendalikan keinginan berhubungan di atas ranjang dengan pasangan. Jadi tidak perlu khawatir, santai saja dalam urusan seks di usia kamu yang semakin matang.

3. Metabolisme tubuh

Tetap rutin minum air putih di usia 30 tahun (Pexels/Mauricio Mascaro)

Proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan berkurang di usia 30 tahun. Karena itu massa otot juga ikut mengecil. Sehingga tidak mengherankan saat pria menginjak usia 30 tahun mudah terserang penyakit. Tapi jangan khawatir hanya penyakit ringan saja. Yang penting tetap jaga pola hidup yang sehat ya. Untuk menstabilkan proses metabolisme tubuh, kamu juga bisa rutin meminum air putih.

4. Tubuh tidak atletis

Di usia 20 tahunan sendi-sendi pada anggota tubuh masih bekerja dengan baik. Seiring bertambahnya usia tubuh kamu tidak lagi atletis seperti dulu. Artinya kamu kehilangan sebagian rentang gerak sendi yang pernah kamu miliki. Untuk itu, sebaiknya lakukan 10 menit pemanasan atau peregangan saat bangun tidur. Dengan melakukan peregangan, tubuh kamu akan rileks dan terhindar dari rasa stres dan kecemasan. (ikh)

Baca juga: Yuk, Olahraga Kardio untuk Membakar Lemak

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan