Fungsi Rahasia Baby Oil untuk Perabotan Rumah

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 26 Oktober 2022
Fungsi Rahasia Baby Oil untuk Perabotan Rumah
Cairan lembut ini menjadi alternatif lebih terjangkau untuk produk cairan kimia pembersih. (Foto: Freepik/Freepik)

BABY oil sesuai namanya jelas ditujukan untuk bayi. Misalnya untuk memijat bayi atau menjaga kulitnya tetap lembut. Minyak ini dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik kulit bayi sehingga penggunaannya terjamin aman bagi bayi.

Minyak mineral yang dikandung baby oil tidak berbau dan berwarna. Minyak ini diambil dari penyulingan minyak bumi lalu minyak akan dimurnikan dan disuling kembali. Kompoisisi Baby oil terdiri dari 98% minyak mineral dan 2% aroma.

Minyak mineral bersifat lembam. Artinya tidak berubah atau bereaksi dengan zat lain yang bersentuhan dengannya. Minyak juga tak menyumbat pori-pori.

Selain untuk kulit bayi, baby oil juga cocok dikenakan ke kulit orang dewasa untuk berbagai keperluan. Malah belakangan ini, baby oil digunakan untuk membantu membersihkan perabotan rumah.

Cairan lembut ini menjadi alternatif lebih terjangkau untuk produk cairan kimia pembersih. "Baby oil telah terbukti sekuat cuka putih, soda kue, dan jus lemon untuk mengatasi kotoran," catat express.co.uk.

Baby oil dapat digunakan pada banyak permukaan dan perabotan di sekitar rumah. Mulai dari kamar mandi, dapur, barang stainless steel hingga furnitur kayu. Berikut ini beberapa fungsi rahasia baby oil dan cara penggunaannya pada perabotan rumah.

Baca juga:

Banyak Manfaatnya, Baby Oil enggak cuma buat Bayi Lo

baby oil sepatu kulit
Salah satu penggunaan baby oil yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan adalah memberi tampilan kilap pada sepatu atau tas kulitmu. (Foto: Unsplash/Adam Jang)

1. Memoles Tas dan Sepatu Kulit

Salah satu penggunaan baby oil yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan adalah memberi tampilan kilap pada sepatu atau tas kulitmu. "Sedikit tetesan baby oil pada kain lembut dapat membersihkan tas atau sepatu kulit tua,"catat readerdigest.

Jangan lupa untuk menyeka sisa minyak pada permukaan sepatu atau tas kulit setelah selesai membersihkannya dengan baby oil.

2. Membersihkan Barang Stainless Steel

Bersihkan barang stainless steel yang tampak kusam dengan menggosoknya menggunakan beberapa tetes baby oil pada kain bersih yang lembut. Gosok kering dengan handuk dan ulangi jika perlu. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan noda pada peralatan dapur dan perlengkapan kamar mandi.

3. Membersihkan Bak Mandi atau Pancuran

Bersihkan kotoran dan buih sabun di sekitar bak mandi atau bilik pancuran dengan menyeka permukaannya menggunakan satu sendok teh baby oil di atas kain lembab. Gunakan kain lain untuk menyeka sisa minyak.

Terakhir, semprot area tersebut dengan pembersih disinfektan untuk membunuh kuman yang tersisa. Teknik ini juga bagus untuk membersihkan lapisan sabun dan tanda air dari kaca pintu shower.

Baca juga:

Cara Menghilangkan Bau Asap pada Perabotan Rumah

baby oil pancuran bak mandi
Bersihkan kotoran dan buih sabun di sekitar bak mandi atau bilik pancuran dengan menyeka permukaannya menggunakan satu sendok teh baby oil di atas kain lembab. (Foto: Unsplash/R Architecture)

4. Menghilangkan Sisa Stiker

Mencopot stiker di dinding atau pintu seolah hal mudah. Tapi proses mencopot ini sering menyisakan tempelan stiker. Jika dibiarkan, bekas stiker akan terlihat seperti kotoran dan tak sedap dipandang.

"Oleskan baby oil secukupnya ke kain hingga lembab, tetapi tidak sampai basah kuyup, dan gosok sisa stiker dengan gerakan melingkar untuk menghilangkannya. Bersihkan area dengan kain kering untuk menghilangkan semua jejak minyak," tulis mombestlove.com.

5. Membersihkan Furnitur kayu

Furnitur kayu relatif jarang dibersihkan. Namun, seiring waktu, furnitur kayu akan tampak kusam. Untuk mengembalikannya seperti warna semula, teteskan sedikit saja baby oil pada kain microfiber.

Kemudian cukup gosokkan pada permukaan kayu untuk mengembalikan warna furnitur kayu. Lalu gosok kering dengan handuk dan ulangi sesering yang diperlukan.

Itulah fungsi rahasia baby oil untuk perabotan rumah. Jadi, baby oil terbukti sangat membantu menjaga perabotan tetap terlihat berkilau. (dru)

Baca juga:

Jarang Terpikirkan, Peralatan Rumah Tangga Ini Mengandung Bakteri Paling Banyak

#Rumah Tangga
Bagikan
Bagikan