Sains

Menerka Rasa Daging Dinosaurus

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 11 Oktober 2020
Menerka Rasa Daging Dinosaurus
Seperti apa ya rasa daging dinosaurus. (unsplash @amyb99)

JIKA saat ini dinosaurus masih berjalan di Bumi, pasti akan ada saja yang menjual daging dinosaurus. Lantas, seperti apakah kira-kira rasanya?

Banyak yang mengatakan dinosaurus rasanya akan mirip seperti ayam. Ide itu muncul karena ilmuwan dari Yale and Harvard berhasil memanipulasi ayam sehingga alih-alih menumbuhkan paruh, mereka menumbuhkan moncong seperti Velociraptor.

BACA JUGA:

Enaknya Nasi Goreng Rendang

"Sampai akhir-akhir perkembangan, tubuh burung tidak terlihat seperti tubuh burung, tetapi lebih seperti tubuh dinosaurs," kata Bhart-Anjan Bhullar, asisten profesor paleontologi dan zoologi Vertebrata di Yale yang juga penulis utama studi iitu kepada CNN.

Ide itu makin menguat lewat sebuah studi pada 2007 yang diterbitkan di jurnal Science. Studi itu mengungkapkan beberapa urutan protein dari fosil T Rex sangat mirip dengan urutan protein yang ditemukan pada ayam.

ayam
Sempat ada spekulasi bawa dinosaurus rasanya seperti ayam. (Foto:unsplash @relentless)

Hasil eksperimen dan studi itu memunculkan pertanyaan jika burung dan dinosaurus memiliki begitu banyak materi genetik yang sama, bisakah mereka memiliki rasa dan tekstur daging yang sama?

"Saat makan burung, kamu sebenarnya makan dinosaurus," ucap Bhullar kepada VICE. Bhullar menjelaskan burung merupakan dinosaurus hidup yang tersisa. Tentunya telah sangat berevolusi dari dinosaurus dan pendahulunya.

burung elang
Cakar dinosaurus Velociraptor rasanya mirip dengan cakar elang. (Foto: unsplash @jason_mowry_photo)

Dinosaurus merupakan hewan yang kuat dan tangguh. Berdasarkan spesimen cakar velociraptor yang diawetkan para ilmuwan, Bhullar berspekulasi bahwa cakar itu akan terasa lebih mirip burung pemangsa, seperti elang, katanya kepada CNN.

Menurut penggemar daging eksotis, rasa burung elang mirip dengan kalkun, tetapi lebih terasa seperti hewan buruan karena elang ialah karnivora.

Tidak ada jawaban spesifik tentang rasa daging dinosaurus. Bhullar menjelaskan semuanya tergantung pada jenis dinosaurus tersebut. Rasa daging amat dipengaruhi komposisi otot hewan dan apa yang dimakan, seperti rasa sapi yang diberi makan rumput rasanya sedikit berbeda dari sepupu mereka yang gemuk karena jagung.

Hewan liar yang bergerak cepat membutuhkan serat otot yang bergerak cepat. Hal itu berhubungan dengan daging putih. Meskipun demikan, tidak semua dinosaurus mirip dengan raptor. Beberapa dinosaurus ialah herbivora, beberapa penghuni daratan. Demikian disampaiakan Bhullar kepada CNN.

buaya
Buaya, hewan yang sudah ada dari era dinosaurus ini bisa menjadi salah satu contoh rasa dinosaurus. (Foto: unsplash @rylankrupp)

Karena dinosaurus merupakanreptil, Bhullar berpendapat bahwa dinosaurus primitif lain mungkin memiliki rasa yang mirip dengan buaya, yang memiliki nenek moyang yang sama dengan dinosaurus.
Mengenai rasa buaya, Paul Cook, pemilik perusahaan daging eksotis Osgrow, mengatakan kepada CNN bahwa daging itu terlihat dan terasa seperti daging babi.

Bagi kamu yang penasaran ingin coba rasa burung pemangsa seperti elang atau buaya karena penasaran rasa daging dinosaurus, banyak yang mengatakan kedua jenis daging itu terasa sangat tidak enak. Intinya, Bhullar mengatakan, ketika kamu berpikir tentang seperti apa rasanya dinosaurus, fokuskan semua pikiranmu ke sisi burung, atau mungkin aligator atau kadal.(Lev)

#Sains
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan