Fitur Pesaing AirDrop Akan Hadir di Samsung Galaxy S20 Samsung Siapkan Fitur Pesaing AirDrop (Foto:notebookcheck)

PRODUSEN ponsel terkemuka, Samsung, tengah mengembangkan alternatif untuk layanan berbagai file seperti AirDrop Apple. Di mana pesaing AirDrop tersebut, akan diluncurkan dengan Galaxy S20 mendatang, menurut laporan XDA Developers.

Tangkapan layar dari fitur tersebut, menunjukan jika akan bekerja mirip dengan AirDrop, yang memungkinkan kamu berbagi secara instan dengan orang-orang didekatnya, selama perangkat tersebut hidup.

Baca Juga:

Mengenal Google Collection, Fitur Baru yang Resmi Diluncurkan Hari Ini

Fitur pesaing Airdrop akan hadir di Samsung Galaxy S20 (Foto: phonearena)

Kamu juga bisa membatasi siapa yang bisa mengirim file hanya kepada orang-orang di kontak kamu. Atau membiarkan terbuka lebar hingga orang asing bisa mengirimkan gambar pada space sloth.

Terlepas dari betapa bermanfaatnya AirDrop pada iOS dan macOS, sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2011, Android telah berjuang untuk menghasilkan pesaing yang layak.

Untuk sementara Android menyertakan versi berbasis NFC yang disebut Android Beam. Aplikasi Files Google juga mengandung fungsionalitas yang serupa, namun itu tidak sama dengan fitur yang dibangun langsung ke Android.

Baca Juga:

Akhirnya WhatsApp Hadirkan Dark Mode di Android, Tapi...

Ada tanda-tanda bahwa fitur mirip AirDrop itu akan dihadirkan. XDA Developers telah melaporkan ada fitur Android bernama Nearby Sharing yang bisa diakses langsung dari panel pengaturan cepat sistem operasi. Fitur tersebut pertama kalinya ditemukan dengan nama Fast Share pada bulan Juni 2019. Meski Nearby Sharing masih dalam tahap pengembangan untuk saat ini.

Fitur pesaing AirDrop yang dihadirkan Samsung memiliki kelebihan khusus (foto: wideangelsoftware)

Selain memungkinkan, berbagi dengan pengguna ponsel pintar samsung lainnya, Quick Share bisa mentransfer data ke perangkat SmartThings.

Samsung bukan satu-satunya pabrikan Android yang akan menghadirkan pesaing AirDrop. Pada tahun lalu, tiga produsen smartphone terbesar dari Tiongkok yakni Xiaomi, Oppo dan Vivo, mengumumkan jika mereka tengah mengerjakan protokol transfer peer-to-peer yang akan bekerja di perangkat mereka.

Samsung Galaxy S20 diperkirakan akan diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2020, di mana kamu akan melihat Quick Share lebih detail secara resmi. XDA Developers mengatakan, jika fitur ini kemungkinan datang ke semua perangkat yang diluncurkan dengan One UI 2.1 atau lebih baru. (Ryn)

Baca Juga:

Putra Mahkota Arab Saudi Retas Ponsel Jeff Bezos Via WhatsApp?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH