Fitur Baru Snapchat untuk Bantu Kesehatan Mental saat Pandemi Corona Snapchat hadirkan fitur khusus kesehatan mental (Foto: Pexels/thought Catalog)

MENGHINDARI masifnya penyebaran virus Corona, beberapa negara telah menyarankan warga negaranya untuk bekerja dan belajar di rumah dan melakukan social distancing. Bahkan ada beberapa negara yang telah menerapkan lockdown di negaranya untuk mengurangi tingkat penyebaran COVID-19.

Baca juga:

Cerdas Menghadapi Virus Corona dengan Aplikasi Kesehatan

Meskipun begitu, tentunya ada beberapa dampak negatif dan positif dengan melakukan social distancing ataupun menerapkan lockdown. Hal ini bisa berdampak dari segi ekonomi ataupun kesehatan mental seseorang.

Fitur Baru Snapchat untuk Bantu Kesehatan Mental saat Pandemi Corona
Social distancing dapat meningkatkan depresi dan kecemasan (Pexels/ Juan Pablo)

Melansir laman Fox 23, social distancing memang bisa mengurangi penyebaran virus Corona. Namun, seorang konselor kesehatan mental, Collete Fehr mengatakan, melakukan social distancing dalam jangka panjang dapat meningkatkan depresi dan gangguan kecemasan pada seseorang.

Tak hanya itu, social distancing juga dapat meningkatkan stres dan tekanan pada seseorang sehingga orang yang menghadapi kesehatan mental akan sulit mengatasi situasi yang sedang terjadi belakangan ini.

Baca juga:

Yuk Beralih Ke Transaksi Keuangan Digital untuk Cegah virus Corona

Fitur Baru Snapchat untuk Bantu Kesehatan Mental saat Pandemi Corona
Fitur terbaru snapchat akan dirilis pada awal April (The Verge/Alex Castro)

Maka dari itu, melansir laman The Verge, Applikasi Snapchat menghadirkan fitur terbaru yang diberi nama Here For You. Melalui fitur ini, sang pengguna Snapchat dapat mencari sumber daya keselamatan kesehatan mental ketika mereka mencari di kata kunci seperti, cemas, stres, depresi atau bullying pada kolom yang telah disediakan oleh para ahli kesehatan mental.

Ketika pengguna telah mencari kata kunci tersebut, sejumlah video akan muncul dari berbagai organisasi untuk memberikan beberapa tips dan membantu penggunanya agar lebih tenang.

Selain itu, fitur ini juga menyediakan konten khusus tentang kecemasan akibat virus Corona yang dibantu oleh World Health Organization (WHO), CDC, Crisis Text Line, NHS dan Mitra lainnya. Fitur ini dikabarkan akan dirilis pada awal April 2020.

Fitur Baru Snapchat untuk Bantu Kesehatan Mental saat Pandemi Corona
Facebook dan twitter mencegah penyebaran berita hoaks terkait virus Corona (Pexels/pixabay)

Dalam rangka menghindari penyebaran virus Corona ini, bukan hanya Applikasi Snapchat saja yang memberikan dukungan kepada penggunanya. Berbagai macam applikasi lainnya seperti Facebook dan Twitter yang berkomitmen untuk mencegah penyebaran berita hoaks terkai virus Corona. (Bel)

Baca juga:

Twitter Semakin Tegas Berantas Hoaks Soal Corona



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH