Film ‘Malam Para Jahanam’ Sajikan Cerita Horor Berlatar Sejarah

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 30 November 2023
Film ‘Malam Para Jahanam’ Sajikan Cerita Horor Berlatar Sejarah
‘Malam Para Jahanam’ siap meneror bioskop pada 7 Desember 2023. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

RENDI ditemani Martin dan Siska, mengantar jenazah kakeknya ke sebuah desa dan terjebak teror dendam Malam Para Jahanam. Mereka ditolong Marni dan Dira yang bercerita tentang konflik berdarah antara kelompok Pemuda Rakyat berhaluan komunis dengan kelompok santri pimpinan Kyai Malik di tahun 1965.

Adalah film Malam Para Jahanam yang diproduksi oleh Starvision dan disutradarai oleh Indra Gunawan. Produser Starvision Chand Parwez mengatakan, film ini memberikan sajian horor alternatif yang berbeda melalui sentuhan dari peristiwa kelam bersejarah bangsa Indonesia.

“Film horor ini berbeda. Kalau horor biasanya menampilkan setan, kali ini kami menampilkan bahwa ternyata ada kepentingan-kepentingan sepihak yang begitu brutal imbasnya. Semoga Malam Para Jahanam tidak akan pernah terulang kembali di masa yang akan datang,” kata Parwez, setelah press screening di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis (30/11).

Baca juga:

Film 'Pemukiman Setan' Akan Tayang Perdana di JAFF 2023

Penonton juga diajak untuk mengetahui bagaimana sebuah peristiwa kelam nan berdarah ada di sebuah desa yang terus menghantui. Film ini juga menyajikan beberapa adegan aksi dan romansa, sehingga jalan ceritanya semakin menarik untuk disaksikan. Belum lagi latar musik dari Lilis Suryani berjudul Tiga Malam yang rasanya cocok dengan film Malam Para Jahanam.

Film ini juga menjadi genre horor pertama Indra Gunawan. Ia pun bersama pemain dan kru mengerahkan segala kerja keras untuk menciptakan situasi yang penuh kengerian akibat dari dendam dan rasa amarah.

“Saya ingin sesuatu yang beda sebenarnya. Kebetulan saya juga suka sejarah, apalagi di tahun 65 itu menjadi yang paling misteri dan menakutkan. Jadi peristiwa itu nempel banget lag sama saya,” kata Indra yang juga menjadi penulis skenario bersama Sugeng Wahyudi.

Malam Para Jahanam digarap oleh sutradara Indra Gunawan. (Foto: merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Di sisi lain, Aghniny Haque merasa senang bisa terlibat dalam proyek film Malam Para Jahanam, terlebih di film ini juga menampilkan adegan aksi.

“Akhirnya aku ada di romance walaupun di film horor. Aku ingin banget bisa berkarya lagi sama Pak Parwez. Ini adalah kali kedua kami kerja sama, dan rasanya seperti pulang ke rumah,” kata pemeran Dira itu.

Baca juga:

'Jatuh Cinta Seperti di Film-Film' Tayang 30 November di Bioskop

Sementara, Harris Vriza mengatakan bahwa ini menjadi film pertamanya setelah vakum tiga tahun di industri perfilman. Ia merasa bangga bisa bermain bersama pemain berbakat lainnya dan bekerja sama dengan Indra Gunawan.

“Wah akhirnya main lagi, ya. Horor kali ini tuh tentang sejarah. Kami bangunin lagi, kami ingatkan lagi akan sejarah di Indonesia,” kata Harris yang memerankan Rendi dalam film ini.

Film Malam Para Jahanam dibintangi oleh Harris Vriza, Aghniny Haque, Djenar Maesa Ayu, Daffa Wardhana, Teddy Syach, Zoul Pandjoul, Amel Carla, Derry Oktami, Mang Saswi, Odilia Yohana, M.N. Qomarudin, Ibnu Widodo, Tri Sudarsono, M. Aryasatya Ganendra, Petra, Vivi Inti, Zahra Raisa Shanum, Yudhi Kurniawan, Noel Kefas, dan Ichsan Zulkarnain. Saksikan filmnya pada 7 Desember 2023 di bioskop Tanah Air. (and)

Baca juga:

Ramaikan Akhir Tahun, Film 'Gampang Cuan' Tayang di 3 Negara

#Film #Film Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan