Fashion

Fashion Desainer asal Malang, Kenang Peristiwa Kanjuruhan

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 17 November 2022
Fashion Desainer asal Malang, Kenang Peristiwa Kanjuruhan
Police line yang dipakai dari stiker dan strip gitar. (dok. Mutiara Syarif)

KENANG tragedi Stadion Kanjuruhan, menjadi dasar desain fashion desainer asal Malang, Mutiara Syarif.

Dari hasil desainnya memanfaatkan bahan daur ulang mulai dari spanduk sejumlah Aremania hingga pita plastik garis polisi yang ia ambil dari lokasi kejadian ia jadikan sebuh karya busana yang dipamerkan.

“Ya akhirnya saya ambil di jalan itu (spanduk). Ya enggak izin, karena tidak tahu (pemiliknya). Lalu saya diajak komunikasi zoom sama teman-teman Aremania, ya kata mereka enggak apa-apa sih," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (14/11/2022).

Ia menegaskan, busana rancangannya itu ia beri nama Disaster, dari Malang untuk Malang yang memampang sejumlah spanduk dan garis polisi yang dijahit pada sisi belakang dan lengan samping.

"Polisi harusnya melindungi rakyatnya, tapi ini malah banyak korban. Makanya police line di bagian lengannya itu muter-muter. Police line ini saya pakai bahan stiker dan strip gitar,” ungkapnya.

Baca Juga:

APR Semarakkan Sustainable Fashion di Jakarta Fashion Hub

fesyen
Ide merancang pakaian tersebut muncul saat Mutiara menyaksikan momen peringatan 40 hari tragedi Kanjuruhan. (dok. Mutiara Syarif)

Nampak garis polisi tersebut melingkari sejumlah foto para korban tragedi Kanjuruhan. Seluruh busana didominasi warna hitam. Ide merancang pakaian tersebut muncul saat Mutiara menyaksikan momen peringatan 40 hari tragedi Kanjuruhan.

"Ya waktu itu pas setelah 40 Hari itu, saya lewat Bundaran Tugu Malang melihat banyak keranda dan foto korban. Ternyata banyak juga perempuan yang jadi korban, dan itu sabgat menyentuh hati saya lah,” tandasnya.

Busana hasil rancangannya ini sempat diikutkan pada kompetisi Fashion Upcycling di Ciputra Mal Surabaya, pada Sabtu (12/11/2022) lalu. Pada kompetisi tersebut Mutiara berhasil menyabet peringkat kedua.

"Niatan di hati kecil saya itu memang ingin membuat 10 koleksi busana khusus untuk Aremania. Ya enggak tahu nanti bisa kami peragakan di Jakarta atau di mana. Yang penting agar semua tahu duka yang dirasakan warga Malang saat tragedi Kanjuruhan tersebut,” pungkas Mutiara. (Andika Eldon/Jawa Timur)

Baca Juga:

Gaya Kebaya Merah

#Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan