Faktor Ini Bikin Teh Jadi Enak, Begini Penjelasan Pakar Teh Othniel Giovanni Pakar teh Othniel Giovanni dalam sebuah kelas dasar di kantor redaksi Merahputih.com. (Foto: MP/Paksi Suryo Raharjo)

TEH yang baik ialah teh yang enggak pahit tanpa penggunaan gula. Sudah ada rasa manis dalam teh asli
dengan kualitas bagus. Tak hanya manis, ada beragam lapisan rasa dalam tergantung jenis tehnya.

Mengolah dan menyajikan teh juga cukup unik. Ada banyak hal harus diperhatikan supaya kualitas teh tetap terjaga. Penggemar teh berpengalaman akan bisa tahu, mana teh yang baik atau sekadar sebutan 'namanya teh'.

Pakar teh Othniel Giovanni menyebutkan ada beberapa hal yang menyebabkan teh jadi enak. Dalam acara tea tasting yang digelar di kantor redaksi Merahputih.com di kawasan Gading Serpong, Kamis (30/11), Othniel memperkenalkan beberapa teh terbaik. Ada teh dari Tiongkok, India, dan teh terbaik Jepang, matcha.

1. Butuh kepekaan lidah untuk menikmati teh

Cara penyajian teh dalam kelas dasar oleh Othniel  Giovanni. (Foto: merahputih.com/Suryo Paksi)
Cara penyajian teh dalam kelas dasar oleh Othniel Giovanni. (Foto: MP/Paksi Suryo Raharjo)

Enak tidaknya teh sangat tergantung selera. Bagaimana lidah seseorang bisa mengecap sebuah rasa. Pasalnya, dalam satu seduhan teh, bisa ada 18 rasa berbeda. "Ini memerlukan kepekaan lidah untuk merasakan seperti apa sensasinya di lidah," jelasnya.

Selain itu, menurutnya, pengetahuan tentang teh pasti sangat penting, termasuk pengetahuan merasakan berbagai macam makanan atau minuman sebagai pembanding rasa. "Pengalaman makan juga bisa memengaruhi selera orang terhadap teh," imbuhnya.


2. Teh yang baik enggak pahit

Teh matcha dalam kelas pemula oleh Othniel Giovanni.  (Foto: merahputih.com/Suryo Paksi)
Teh matcha dalam kelas pemula oleh Othniel Giovanni. (Foto: MP/Paksi Suryo Raharjo)

Teh memiliki rasa kompleks. Kualitas pasti jadi faktor enak tidaknya satu jenis teh. Hal pertama perlu diingat,
teh yang baik yaitu teh yang enggak pahit. Tidak memerlukan penambahan gula, sudah ada rasa manis dan
beragam jenis rasa lain yang bisa dirasakan dalam sebuah teh asli dengan kulitas baik.


3. Umur pohon mempengaruhi kaulitas teh

 Cara penyajian teh dalam kelas dasar oleh Othniel  Giovanni. (Foto: merahputih.com/Suryo Paksi)
Cara penyajian teh dalam kelas dasar oleh Othniel Giovanni. (Foto: MP/Paksi Suryo Raharjo)

Selain proses penyeduhan, ternyata umur pohon teh saat dipanen juga amat memengaruhi kualitas teh. Usia optimal pemanenan pohon teh ialah di umur 20-27 tahun. Meskipun demikian, di usia 2-7 tahun pun pohon teh sudah bisa dipanen.

Umur pohon bisa menentukan seberapa enak teh. "Pohon yang sudah tua berarti akarnya sudah juga menyerap nutrisi dari tanah. Lokasi penanaman teh juga sangat berpengaruh, lebih baik jauh dari polusi dan pemukiman penduduk," jelasnya.


4. Menyimpan teh sebaiknya dalam wadah porselen

Jenis-jenis teh dalam kelas dasar oleh Othniel Giovanni di  kantor redaksi merahputih.com. (Foto: merahputih.com/Suryo  Paksi)
Jenis-jenis teh dalam kelas dasar oleh Othniel Giovanni di kantor redaksi merahputih.com. (Foto: MP/Paksi Suryo Raharjo)

Penyimpanan daun teh juga amat penting. Teh sebaiknya disimpan dalam tempat yang cocok seperti porselen dan tidak terkena matahari. Sirkulasi udara dalam ruangan penyimpanan juga berpengaruh. "Teh yang bagus semakin lama disimpan rasanya bisa semakin enak," ujar Othniel. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Hal-hal yang Mesti Orangtua Perhatikan saat Mendongeng kepada Anak

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy