Fakta Unik Atlet Ice Skating yang Jarang Diketahui Orang Rahasi atlet ice skating (Sumber: Toronto Star)

SEORANG atlet ice skating mampu menghipnotis siapa saja lewat kombinasi tarian dan alunan musik yang indah. Ternyata, di balik keindahan tersebut, mereka memiliki rahasia yang jarang terungkap ke permukaan.

Berikut sejumlah fakta seorang atlet ice skating yang jarang diketahui oleh orang banyak.

Baca juga:

Hujan Dianggap sebagai Berkah di Tempat-tempat Paling Kering Dunia

1. Tidak Boleh Sembarangan Pilih Celana Dalam

Celana dalam
Tak boleh sembarangan pilih celana dalam (Sumber: Xinhua News)

Ketika melakukan gerakan sulit, skater perempuan harus yakin bahwa kostumnya tidak bergerak. Itulah sebabnya, kenyamanan di bagian bawah adalah hal yang utama. Para atlet memilih pakaian dalamnya dengan hati-hati dan cermat agar tidak ada bagian celana dalam yang terekspos saat tampil.

Biasanya, bagian celana dalam mereka dijahit pada kostum seketat mungkin. Agar hasil yang lebih baik, beberapa atlet menggunakan hairspray.

2. Kostum Tidak Boleh Jatuh

Kostum Atlet
Tak boleh ada aksesori yang jatuh (Sumber: East News)

Kostum para atlet ice skating biasanya terlihat cerah, dan glamor. Pakaian yang mereka kenakan kerap kali dilengkapi oleh aksen tertentu seperti manik-manik, payet, atau batu-batuan. Namun jangan salah. Hiasan di pakaian mereka diatur secara ketat. Semua elemen tersebut harus dipasang dengan benar pada pakaian.

Kancing atau aksesori yang jatuh ke lantai dapat membuat atlet kehilangan beberapa poin. Karena hal sekecil apapun yang jatuh ke lantai akan menyulitkan pesaing mereka untuk beraksi di atas es. Itulah alasan mengapa mereka menolak aksesori yang berlebihan atau bahkan ikat rambut.

Baca juga:

Fakta Menarik Seputar Aurora, Cahaya Langit Indah di Kutub-Kutub Bumi

3. Fungsi Tersembunyi dari Sarung Tangan

Atlet Skaters
Sarung tangan pada atlet skaters (Sumber: Yomiuri Shimbun)

Salah satu aksesori tambahan yang melengkapi penampilan seorang skater adalah sarung tangan. Tak hanya sebagai kostum, sarung tangan rupanya memiliki fungsi tertentu yakni melindungi tangan para atlet dari luka ketika tangan mereka harus mennyentuh es.

4. Latihan Mereka Tak Selalu di Atas Es

Atlet Skaters
Atlet berlatih di pusat kebugaran (Sumber: Instagram/@evgenia medvedeva)

Pelatian ice skating tidak selalu terjadi di atas es. Sejumlah besar waktu mereka justru didedikasikan untuk latihan balet dan senam. Itu karena skating figur terkait erat dengan disiplin ilmu balet dan senam. Beberapa pelatih bahkan mewajibkan atletnya untuk menambahkan pelatihan yoga dan pilates.

5. Mereka Membayar Partner Untuk Berdansa Bersama

Pasangan Atlet
Atlet menari bersama partnernya (Sumber: East News)

Dalam beberapa pertunjukkan, para skaters terlihat tampil bersama pasangan dansa. Sinkronisasi yang ditampilkan menciptakan harmonisasi indah. Semua orang mungkin berspekulasi bahwa pasangan tersebut adalah orang yang mereka kenal dan mereka telah berlatih bersama dalam waktu cukup lama. Padahal, partner dansa yang menari bersama mereka adalah orang yang dibayar secara khusus oleh sang atlet. (Avia)

Baca juga:

Mau Tubuh Bugar saat Pesta Pernikahan? Yuk Mampir Dulu Ke Acqua Spa

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia