Hujan Dianggap sebagai Berkah di Tempat-tempat Paling Kering Dunia Hujan tak kunjung turun di tempat-tempat ini (Foto: unsplash/Willian Justen de Vasconcellos)

SETIAP negara bahkan di setiap daerahnya memiliki karakter cuaca yang berbeda, tergantung dengan kondisi dan letaknya. Beberapa tempat memiliki curah hujan yang sangat tinggi, namun sebagian lainnya ditakdirkan untuk mengalami kondisi sangat kering karena hujan yang hampir tidak pernah turun.

Baca juga:

Dobel Manfaat Berenang di Cuaca Panas

Saat banyak orang yang mengeluh banjir ketika hujan turun, orang-orang di tempat ini justru berharap akan turunnya hujan. Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa tempat di dunia yang memiliki kondisi sangat kering karena jarang terjadinya hujan.

Dry Valley

Hujan Dianggap sebagai Berkah di 5 Tempat Paling Kering Dunia Ini
Dijuluki planet Mars. (Foto: instaar.colorado)

Berada di Antartika dan merupakan daerah paling kering di muka bumi. Memiliki curah hujan hingga nol persen. Sebagian kecil wilayahnya sama sekali tidak pernah turun hujan. Juga dijuluki dengan nama 'planet Mars', karena kondisi tandus dengan kecepatan angin sampai 300 km/ jam.

Wadi Halfa

Hujan Dianggap sebagai Berkah di 5 Tempat Paling Kering Dunia Ini
Rentan bencana kekeringan dan kelaparan (Foto: standford)

Sudan terkenal sebagai negara kering dan tandus. Kota Wadi Halfa yang terletak di utara negara tersebut, dinggap sebagai kota yang paling kering di dunia karena jarangnya hujan.

Laman The Active Times mengatakan Wadi Halfa adalah salah satu kota terkering dengan suhu terpanas di dunia. Karena keadaannya, tempat itu rentan dengan bencana kekeringan dan berakibat pada kelaparan.

Baca juga:

Hati-Hati Menyetir Mobil Saat Cuaca Panas

Ica

Hujan Dianggap sebagai Berkah di 5 Tempat Paling Kering Dunia Ini
Tingkat kekeringannya tidak terlalu ekstrim. (Foto: unsplash/Willian Justen de Vasconcellos)

Ica adalah area kota terletak di tengah gurun pasir yang tandus negara Peru. Keadaannya yang sangat kering dan berdebu dikarenakan curah hujan yang sangat rendah, bahkan salah satu yang paling rendah di dunia. Ica memiliki kondisi cuaca yang sangat panas, namun level kekeringannya tidak terlalu ekstrim.

Timbuktu

Hujan Dianggap sebagai Berkah di 5 Tempat Paling Kering Dunia Ini
Suhunya bisa mencapai 54 derajat celcius. (Foto: trippingunicorn)

Berada di Mali, Timbuktu mulai bertransformasi dari daerah gurun yang panas menjadi salah satu kota terkering di muka bumi. Kota ini pernah mengalami keadaan yang sangat panas ketika suhu di sana mencapai 54 derajat celcius.

Luxor

Hujan Dianggap sebagai Berkah di 5 Tempat Paling Kering Dunia Ini
Badai panas bisa berlangsung berhari-hari. (Foto: unsplash/Pradeep Gopal)

Berada di tepi sungai Nil, kota yang berada di Mesir ini dulunya bernama Thebes. Merupakan ibu kota megah raja-raja Mesir kuno. Menurut laman Livescience, Luxor adalah salah satu daerah yang sangat kering di dunia.

Badai panas dapat berlangsung dua hari tanpa henti disertai angin berkecepatan sampai 150 kilometer per jam di Luxor. Hujan hampir tidak pernah turun, mengakibatkan suhu yang sangat panas. (Lgi)

Baca juga:

Hadapi Cuaca Panas yang Ekstrem dengan Tepat



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH