Fakta-Fakta Menarik Seputar Golongan Darah O Terdapat fakta-fakta menarik dibalik golongan darah O (Foto: pixabay/allinonemovies)

GOLONGAN darah seseorang ditentukan berdasarkan tipe antigen pada sel darah merah. pembagian golongan darah sendiri dikelompokan menjadi empat yakni A, B, AB dan O.

Diantara empat golongan darah tersebut, tahukah kamu jika golongan darah O sendiri merupakan jenis golongan darah yang paling banyak ditemui. Dibalik golongan darah O, ternyata banyak fakta-fakta menarik yang sangat mengejutkan.

Baca Juga:

Jangan Abaikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Dari beberapa jenis golongan darah, ada sejumlah fakta menarik tentang golongan darah O (Foto: pixabay/200degrees)

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa fakta seputar golongan darah O yang jarang diketahui.

Fakta yang pertama, pemilik golongan darah O ialah pendonor universal. Tak seperti golongan darah A, B dan AB yang memiliki antigen, Golongan darah O merupakan satu-satunya tipe golongan darah, yang tak memiliki antigen. Karena itu golongan darah O berisiko lebih kecil, untuk menimbulkan reaksi transfusi darah.

Karena itulah, seseorang yang bergolongan darah O negatif, bisa mendonorkan darahnya ke semua golongan darah. Hal itulah yang membuat golongan darah O kerap dijuluki sebagai pendonor darah universal.

Fakta yang kedua, Golongan darah O lebih banyak disimpan di bank darah. Tak banyak yang tahu, jika hampir semua bank darah dan rumah sakit diseluruh dunia, meminta persediaan golongan darah O lebih banyak, khususnya golongan darah O rhesus negatif.

Hal tersebut, lantaran golongan darah O dianggap berisiko lebih rendah untuk menimbulkan reaksi transfusi. Hingga dapat digunakan sewaktu-waktu, untuk pasien yang membutuhkan transfusi darah darurat.

Namun bukan berarti pemilik golongan darah lain berkecil hati. Karena setiap tetes darah yang disumbangkan, terlepas dari golongan darahnya, mempunyai peran yang besar untuk menolong nyawa seseorang.

Baca Juga:

Jangan Hujan-hujanan, Bahaya Nyata Mengancam Kesehatan

Golongan darah O bisa mendonorkan darahnya ke semua golongan (Foto: pixabay/antonio_corigliano)

Fakta ketiga, perempuan dengan golongan darah O dianggap lebih berisiko terkena masalah kesuburan. Anggapan itu pun masih menjadi perdebatan yang kontroversial.

Ada sebuah studi yang menunjukan jika rata-rata perempuan bergolongan darah O, memiliki hormon FSH lebih banyak ketimbang perempuan dengan golongan darah lainnya.

Kadar FSH yang tinggi itu bisa menyebabkan jumlah cadangan sel telur dalam rahum lebih sedikit. Hingga berisiko untuk sulit hamil. Namun, ada juga studi lain yang membantah anggapan tersebut, dan tak menemukan kaitan antara risiko malasah kesuburan dengan golongan darah O atau golongan darah lainnya.

Jadi untuk perempuan bergolongan darah O tak perlu khawatir. Karena kondisi kesuburan bukan ditentukan oleh golongan darah. Melainkan faktor lain seperti gaya hidup, usia, pola makan, faktor keturunan atau genetik, efek samping obat-obatan dan kondisi medis tertentu.

Fakta keempat tentang golongan darah O, yakni bisa melakukan diet khusus yang efektif berdasarkan golongan darah seseorang. Metode diet ini menyarankan pemilik golongan darah O, untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein, seperti ikan, daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran dan minyak zaitun.

Kendati cukup banyak diikuti oleh sebagian horang, saat ini faktanya efektivitas diet golongan darah O belum terbukti lebih sehat dan lebih baik dibandingkan jenis diet lainnya. JAdi pemilik golongan darah O disarankan tetap mengonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang.

Fakta Kelima yakni pemilik Golongan darah O disarankan memilih olahraga yang tepat. Golongan darah yang satu ini lebih cocok untuk melakukan olahraga dengan intensitas gerakan tinggi, seperti halnya joging, renang, bersepda, lompat tali serta zumba.

Nah itu dia gengs beberapa fakta menarik tentang golongan darah O, namun perlu diingat, ada beberapa fakta golongan darah O di atas yang masih perlu dibuktikan lebih lanjut. (Ryn)

Baca Juga:

Cegah Sakit di Musim Liburan dengan Pola Makan Sehat Penambah Stamina

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala