Facebook Luncurkan Fitur Baru Pada Messenger Kids, Ayo Tebak Apa Facebook hadirkan fitur messengger kids baru yang bikin hati orang tua tenang (Foto: pixabay/simon)

SALAH satu media sosial ternama di dunia, Facebook, meluncurkan aplikasi messenger kids pada tahun 2017 silam.

Aplikasi tersebut dirancang untuk mengajak anak-anak yang lebih muda, dengan literasi digital seraya memberi mereka ruang aman untuk terhubung dan mengobrol dengan teman-teman mereka.

Baca Juga:

Sempat Hebohkan Dunia Maya, Akhirnya Peretas Server Nintendo Dibekuk FBI

Namun, selama perjalanannya, terlihat beberapa kesalahan keamanan. Banyak yang mempertanyakan apakah Facebook berbuat banyak untuk melindungi privasi anak-anak.

Tampilan fitur messenger kids baru (Foto: engadget)

Dilansir dari laman engadget , Facebook menjawab sejumlah pertanyaan itu, dengan meluncurkan jaringan kontrol orang tua baru dan juga fitur keselamatan.

Fitur-fitur baru tersebut terkandung dalam Parent Dashboard. Orang tua dapat memberikan kebebasan untuk memutuskan apa yang pantas untuk anak, dan seberapa dekat ingin mempertahankannya.

Orang tua saat ini bisa melihat kontak terbaru, melihat riwayat obrolan, melihat foto serta video yang telah mereka bagikan, terima, dan menghapusnya dari utas pesan.

Tak hanya itu, para orang tua pun bisa mengakses daftar tindak pelaporan dan pemblokiran yang dilakukan oleh anak, serta menggunakan fitur logout perangkat jarak jauh. TUjuan fitur ini bukan bermaksud untuk mengontrol anak-anak saat memiliki akses ke aplikasi, melainkan dirancang untuk mode tidur.

Baca Juga:

Putra Mahkota Arab Saudi Retas Ponsel Jeff Bezos Via WhatsApp?

Kini, orang tua bisa mengundugh informasi anak mereka, mirip dengan cara kamu mengunduh informasi kamu sendiri di Facebook. Unduhan tersebut mencakup daftar kontak anak, semua pesan, gambar, dan video yang telah mereka kirim atau terima.

Orang tua bisa mengontrol anak dengan fitur baru messenger kids (Foto: pixabay/firmbee)

Yang terpenting, anak-anak akan diberitahu melalui aplikasi saat informasi itu diminta. Jenis bantuan yang membantu mengurangi pernyataan seputar invasi privasi, itu akan menjadi tanggung jawabmu sebagai orang tua. Serta untuk menjelaskan mengapa kamu meminta informasi itu, dan bagaimana percakapan selanjutnya berlangsung ada di tanganmu.

Messenger kids merupakan bagian yang menarik dari kerajaan Facebook. Tak ada iklan atau pembelian di dalam aplikasi, tak ada cara bagi perusahaan untuk menghasilkan uang langsung dari aplikasi.

Aplikasi itu memang dirancang untuk permainan jangka panjang. Artinya, anak-anak yang menggunakan messenger kids akan menjadi pengguna Facebook remaja dan dewasa, lalu di situlah pendapatannya.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika melihat perusahaan menuangkan sumber daya ke dalam aplikasi. Khususnya ketika datang untuk memenuhi tuntutan orang tua dan anggota parlemen. (ryn)

Baca Juga:

Karena Tekanan FBI, Apple Batalkan Rencana Enkripsi iCloud

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH