Enggak Melulu Buruk, Hujan Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik Hujan memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan (Foto: Pexels/Min An)

BANYAK orang yang tidak suka dengan keberadaan hujan. Menurut mereka, hujan sering menjadi sesuatu yang dapat menghambat aktivitas. Belum lagi, hujan bisa menjadi ancaman serius yang bisa berakibat pada bencana banjir.

Namun, bagi beberapa orang hujan juga dapat memberikan efek positif. Suasana saat hujan dianggap dapat memberikan perasaan romantis lewat suara rintik hujan, aroma khas hujan juga dapat memberi perasaan tenang. Secara ilmiah ternyata hujan memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan lho.

Baca juga:

Bikers, Begini Cara Memilih Jas Hujan Terbaik

Membakar lebih banyak kalori

Enggak Melulu Buruk, Hujan Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Beraktivitas saat hujan baik untuk kesehatan. (Foto: Pixabay/Pexels)

Berdasarkan studi yang dilakukan para peneliti Jepang lewat sebuah artikel di International Journal of Sports Medicine pada 2013, terbukti bahwa tubuh manusia akan membakar lebih banyak kalori dan lemak saat melakukan aktivitas fisik dalam cuaca dingin dan hujan daripada melakukan dalam cuaca yang berbeda.

Meredakan stres dan meningkatkan konsentrasi

Enggak Melulu Buruk, Hujan Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Bikin lebih rileks. (Foto: Startup Stock Photos)

Berjalan-jalan di saat hari sedang hujan dapat membantu kamu lebih bersantai dan lebih merasa rileks Saat keadaan hujan, jalanan cenderung menjadi lebih sepi. Hal ini juga yang membuat hujan memiliki efek menenangkan.

Selain itu, jalan yang lebih sepi saat hujan membuat kamu lebih bisa berkonsentrasi dan menekan tingkat stres lebih mudah dengan singkat daripada ketika kondisi jalan yang ramai.

Baca juga:

Hujan? Bukan Halangan Melancong

Aroma hujan memiliki efek menenangkan

Enggak Melulu Buruk, Hujan Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Aroma khas hujan disebut Petrichor (Foto: Pexels/bruce_mars)

Tidak sedikit yang sadar jika hujan memiliki aroma yang khas dan menenangkan. Khasnya aroma hujan dinamakan petrichor.

Menurut Live Science, aroma khas hujan ini terbentuk karena campuran bahan kimia yang dilepaskan oleh bakteri penghuni tanah.

Minyak yang dilepaskan dari tanaman selama musim kering dan ozon yang tercipta ketika petir membelah molekul oksigen dan nitrogen kemudian berubah menjadi oksida nitrat.

Bagus untuk kesehatan kulit dan rambut

Enggak Melulu Buruk, Hujan Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan Mental dan Fisik
Baik untuk rambut dan kulit. (Foto: Pexels/Alexsander Pasaric)

Air hujan tidak mengandung mineral dan partikel berbahaya Sangat baik untuk rambut dan kulit karena air dikenal bersih. Memiliki sifat senyawa basa yang baik bagi kulit dan kulit kepala karena membantu menjaga tingkat pH kulit.

Tingkat kelembaban tinggi di udara saat hujan membuat kulit menjadi lebih segar, dan kenyal. Tapi bukan berarti kamu harus hujan-hujanan tiap hari ya. (lgi)

Baca juga:

Hewan Peliharaan Bebas Kutu di Musim Hujan, Ikuti Cara Ini

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH