Enak Sih, Tapi 4 Buah Ini Enggak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Berlebihan Durian memiliki kalori yang cukup tinggi. (Foto: 123Rf)

MUTLAK, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk mengonsumsi buah yang dianggap sebagai alternatif makanan lebih sehat. Selain kadar gula yang tinggi, terlalu banyak kandungan vitamin juga bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu. Sebelum kalap mengonsumsi buah-buahan dibawah ini, yuk perhatikan dampaknya jika dikonsumsi secara berlebihan!

Baca juga:

Suka Makan Buah Kiwi? Ini Manfaat Kesehatan yang Kamu Dapatkan

1. Nanas

Enak Sih, Tapi 4 Buah ini Enggak Sehat Kalau Dikonsumsi Berlebihan
Terlalu banyak makan nanas berpotensi membuatmu diare. (Foto: Healthline)

Laura Flores, ahli nutrisi asal San Diego mengatakan bahwamengonsumsi terlalu banyak nanas bisa membuat sekitar mulut mu terasa terbakar.

Karena nanas adalah pelunak daging yang baik, mengonsumsi banyak nanas bisa menyebabkan bibir, pipi, dan lidahmu terasa terbakar sampai beberapa jam kedepan. Selain itu, tingginya kandungan vitamin C dari nanas bisa membuatmu terkena diare bahkan muntah-muntah.

2. Ceri

Enak Sih, Tapi 4 Buah ini Enggak Sehat Kalau Dikonsumsi Berlebihan
Tahukah kamu noda yang dihasilkan buah ceri tidak bisa hilang pada baju? (Foto: WBUR)

Ceri merupakan buah yang kaya vitamin A dan C.Ceri juga mengandung anthocyanin yang merupakan nutrisi anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi resiko berbagai penyakit radang seperti kanker.Meskipun begitu, konsumsi ceri berlebihan bisa membuatmu kelebihan gula dan kalori.

Selain itu, ceri juga mampu membuatmu langsung berkeinginan untuk buang air besar tidak lama setelah kamu mengonsumsinya. Jadi jika kamu sedang tidak bisa ke kamar kecil sampai beberapa waktu kedepan, hindari konsumsi ceri berlebihan ya!

Baca juga:

4 Mitos Kesehatan Tentang Buah Durian yang Buat Banyak Orang Gagal Paham

3. Durian

Enak Sih, Tapi 4 Buah ini Enggak Sehat Kalau Dikonsumsi Berlebihan
Batasi konsumsi durian maksimal dua buah per hari. (Foto: TripSavvy)

Banyak digemari orang Indonesia, ternyata buah dengan wangi khas ini tidak boleh terlalu sering dikonsumsi. Dilansir dari South China Morning Post, durian bukanlah buah yang tepat jika kamu sedang diet atau memiliki penyakit gula.

Sheena Smith, seorang naturopati dan ahli nutrisi mengatakan bahwa mengonsumsi buah durian terlalu sering bisa mengarah pada tingginya gula darah.Batas mengonsumsi durian yang ideal adalah maksimal dua potong (dua biji) per hari.

100 gram daging durian kira-kira mengandung 150 kalori sehingga satu potong kecil buah durian kira-kira bernilai 50% dari kebutuhan asupan kalori orang dewasa. Jika kamu adalah seorang atlet atau ingin menambahkan berat badan, buah durian bisa membantu menambahkan kalori yang kamu butuhkan.

4. Kelengkeng

Enak Sih, Tapi 4 Buah ini Enggak Sehat Kalau Dikonsumsi Berlebihan
Manis dan enaknya buah kelengkeng bisa membuatmu mengonsumsinya berlebihan. (Foto: PlantOGram)

Dilansir dari laman healthline, kelengkeng memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah serta tidak mengandung lemak.Namun karena rasanya yang enak dan harganya yang relatif murah, biasanya orang mengonsumsi kelengkeng terlalu banyak sehingga bisa membuat gula darah dalam tubuh meningkat.

Melansir laman Medic Pole, senyawa fruktosa yang kuat di dalam kelengkeng bisa membuat tubuh kesulitan melakukan pemecahan lemak dan asam urat yang bisa berdampak pada peningkatan kadar gula darah. (shn)

Baca juga:

Buah Sekitar Kita Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya