Efek Tak Terduga Yang Timbul Saat Rajin Olahraga Manfaat olahraga yang tak disadari (Sumber: Discover Magazine Blogs)

OLAHRAGA kini menjadi salah satu gaya hidup yang digandrungi banyak orang. Baik tua atau muda mulai concern terhadap kesehatannya dengan mulai rutin berolahraga. Berbagai hal melatarbelakangi kebiasaan mereka berolahraga.

Ada yang ingin menurunkan berat badan, membentuk otot, menjaga stamina hingga terapi untuk penyakit tertentu. Walaupun motivasi kita dalam berolahraga mungkin hanya satu atau dua, kita bisa mendapat lima manfaat sekaligus yang mungkin jarang kita sadari. Berikut lima efek yang akan kita dapatkan jika rutin berolahraga:

Baca Juga:

Terlalu Sering Olahraga Berbahaya! Nomor 3 Khusus untuk Perempuan

1. Buang Air Besar Lancar

Buang air besar
Pencernaan baik (Sumber: Times of India)

Olahraga membantu kita dalam mengatur pergerakan usus. Semakin aktif, semakin baik kotoran terbuang. Ini terjadi karena olahraga mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati usus besar. Ini membatasi jumlah air yang diserap dari tinja ke dalam tubuh. Semakin sedikit jumlah air yang diserap kotoran, semakin terhidrasi tubuhmu.

2. Fungsi Otak Meningkat

Daya pikir
Fungsi otak meningkat (Sumber: Entrepreneur)

Olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan berdampak pada meningkatnya aliran darah ke otak. Semakin baik aliran darah ke otak, semakin baik pula fungsinya. Inilah alasan mengapa kamu lebih ceria dan energik setelah sesi berolahraga. Berolahraga secara teratur juga melindungimu dari penyakit parkinson, alzheimer, dan risiko stroke.

BACA JUGA:

Olahraga Ini Berasal dari Permainan Populer

3. Seksmu Lebih Menyenangkan

kehidupan seks
Kehidupan seks lebih menyenangkan (Sumber: Indy100)

Aliran darah tidak hanya meningkat di otak tetapi juga ke seluruh tubuh. Aliran darah dapat mengisi jaringan ereksi sehingga kamu lebih bersemangat. Sirkulasi darah yang lebih baik memainkan peran besar dalam gairah seksual dan dapat meningkatkan gairah seksmu.

4. Tidur Lebih Baik

Manfaat olahraga
Tidur (Sumber: Pixabay)

Sebuah studi mengungkapkan, olahraga 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65%. Ini dipercaya ada hubungannya dengan penurunan suhu tubuh setelah sesi olahraga. Ketika berolahraga stres juga berkurang seingga membantu kita tidur lebih cepat. (avia)

BACA JUGA:

Profesi Ini Cocok Bagi Pencinta Olahraga

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH