Terlalu Sering Olahraga Berbahaya! Nomor 3 Khusus untuk Perempuan Bahayanya Terlalu Sering Olahraga (Foto: Pixabay/Stock Snap)

OLAHRAGA merupakan kegiatan yang baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk berolahraga.

Memang olahraga juga diperlukan tubuh untuk melemaskan otot-otot serta saraf dalam tubuh yang tegang akibat bekerja terlalu keras. Dengan begitu peredaran darah akan lancar serta sistem kerja tubuh akan menjadi optimal. Menurut laman thelist berikut bahayanya bila terlalu sering berolahraga.

Baca Juga: Mau Berlari Cepat? Terus Berlari Resepnya

1. Kehilangan Nafsu Makan

nafsu makan
Kehilangan nafsu makan karena perubahan sistem dalam tubuh. (Foto: Pixabay/Laurent Valentin Jospi 0)

Ketika tubuh dipaksa olahraga secara berlebihan, yang dipecah tidak hanya kalori dan lemak berlebih melainkan hormon-hormon yang menunjang kerja tubuh. Olahraga secara berlebihan mampu menekan hormon pemicu rasa lapar. Hal ini baik jika kamu sedang menjalankan program diet. Tetapi jika dilakukan secara berlebihan tubuh bisa kekurangan nutrisi hingga kurang gizi karena semuanya terlanjur dipecah melalui olahraga.

2. Penebalan otot jantung

jantung
Otot jantung menjadi tebal. (Foto: Pixabay/Geralt)

Olahraga sebenarnya baik untuk kesehatan jantung karena olahraga dapat memecah lemak-lemak yang menumpuk di sekitar jantung. Tetapi jika olahraga dilakukan terlalu berlebihan akan terjadi penebalan otot jantung yang menyebabkan gangguan hingga serangan jantung mendadak.

Baca Juga: Unik! 3 Perlombaan Ini Selalu Berhasil Menarik Perhatian Dunia

3. Mengacaukan Siklus Haid

haid
Siklus haid akan mengalami perubahan. (Foto: Pixabay/Basti93)

Perempuan jangan berlebihan dalam melakukukan olahraga karena hal ini sangat mempengaruhi organ reproduksi. Olahraga yang dilakukan berlebihan sudah pasti dapat mengurangi berat badan secara drastis. Ketika perempuan mengalami ini, tubuhnya akan kehilangan nutrisi yang kemudian menyebabkan terhambatnya kerja organ reproduksi. Kacaunya siklus haid mengakibatkan sulit hamil atau gangguan hormon pada perempuan.


4. Nyeri Otot

olahraga
Otot akan terasa sakit dan nyeri. (Foto: Pixabay/Lukaszdylka)

Nyeri otot sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi ketika seseorang berolahraga. Hal tersebut disebabkan oleh terbentuknya pola-pola otot yang ada di tubuh sehingga terlihat kekar dan gagah. Tetapi jika kamu olahraga terlalu berlebihan nyeri otot ini akan berubah menjadi pembengkakkn yang biasa disebut over training. Akibatnya kamu tidak bisa beraktivitas secara leluasa karena sekujur tubuh terasa sakit dan nyeri. (mar)

Baca Juga: Tingkatkan Stamina Badan Sebelum Liburan


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH