Mau Hasil Foto Bagus? Ini Dia Tips Motret Pakai Smartphone ala Jay Subiakto Semua orang bisa menghasilkan foto bagus dengan smartphone. Free-Photos)

SMARTPHONE sudah menjadi kebutuhan di era milenial. Berbagai kebutuhan komunikasi ada di sana. Tak hanya itu, gaya hidup seperti bermedia sosial dan mengabadikan momen dalam kamera sudah tak bisa dilepaskan.

Nah, bagaimana bisa menghasilkan foto lebih bagus dengan smartphone? Anak-anak milenial tentu harus tahu. Foto yang dihasilkan tak hanya bisa menangkap momen dan menyimpan kenangan, tapi juga dapat memenuhi standar bagaimana sebuah foto dihasilkan.

1. Fotografi adalah soal kesenangan dan kebebasan

Fotografi adalah soal kesenangan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)
Fotografi adalah soal kesenangan. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Sutradara dan fotografer profesional Jay Subiakto berbagi sejumlah tips fotografi dengan menggunakan smartphone bagi pemula agar mendapatkan hasil jepretan yang keren.

Kata Jay, fotografi bukanlah soal teknis tapi bagaimana caranya mengeksplorasi fitur-fitur di smartphone dengan perasaan senang dan bebas.

"Prinsip fotografi adalah senang. Jangan pernah takut mikirin teknis. Saya sering dengar ceramah soal fotografi yang membahas teknis. Padahal fotografi adalah soal kesenangan dan kebebasan," kata Jay dalam sebuah workshop di Turki, seperti dikutip Antara.


2. Hasil foto smartphone bisa lebih hebat dari fotografer formal

Foto hasil smartphone bisa sebagus fotorafer formal. (Foto: Pixabay/SplitShire)
Foto hasil smartphone bisa sebagus fotorafer formal. (Foto: Pixabay/SplitShire)

Jay yang juga seorang penata artistik itu mengatakan orisinalitas adalah hal penting lain yang menentukan keren tidaknya sebuah foto.

"Sekarang saya lihat di Instagram kualitas foto-fotonya luar biasa, justru lebih hebat dari yang fotografer formal. Jadi tips saya ya apa yang menarik dengan komposisi apa pun bisa jadi foto yang baik, tapi esensi fotografi adalah orisinalitas," kata pria kelahiran Ankara, Turki 59 tahun lalu itu.

Jay menambahkan narasi juga penting dalam sebuah karya. "Ketika ke suatu tempat maka bacalah dulu, rasakan dulu, karena memori yang ada di kepala kita itu yang penting. Cari apa yang dramatis," kata lulusan arsitektur UI itu. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: 4 Tips Penting Sebelum Kamu Membeli Gadget di Toko Online


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH