Dulu Tentara Indonesia Makan Ini di Medan Perang

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 25 September 2019
Dulu Tentara Indonesia Makan Ini di Medan Perang
Saat zaman perang berlangsung, tentara Indonesia makan apa ya_ (Foto: Pinterest/ist)

BULAN kemerdekaan memang sudah lewat. Tetapi kamu tidak boleh melupakan rasa syukur atas kembalinya tanah air tercinta ke tangan penduduk Indonesia. Rasa nasionalisme harus tetap tumbuh dan mengakar demi kelangsungan Ibu Pertiwi.

PARA pejuang telah mengerahkan seluruh hidupnya melawan kolonialisme penjajah untuk kepentingan bersama. Tetapi pernah kah terlintas di benakmu sebenarnya seperti apa makanan bagi tantara Indonesia saat zaman perang dulu?

Baca juga:

Tak Sesuai Naskah, Improvisasi Aktor ini Mengesankan

Melansir dari sejumlah sumber, ternyata makanan tentara zaman dulu tak jauh beda dengan makanan kita sehari-hari. Indonesia memang terkenal akan ragam kulinernya yang nikmat dan gurih.

Bahan makanan pun mudah dicari karena Indonesia merupakan salah satu penyuplai sumber daya alam dunia. Penasaran apa saja menunya? Yuk intip ulasan berikut ini.

1. Singkong Rebus

Singkong rebus dan nasi menjadi asupan karbo utama saat itu (Foto: Pinterest/dwi dwi)
Singkong rebus dan nasi menjadi asupan karbo utama saat itu (Foto: Pinterest/dwi dwi)

Singkong rebus mengandung karbohidrat cukup tinggi sehingga biasa digunakan sebagai pengganti nasi. Zaman perang dulu, nasi dan singkong menjadi makanan utama yang sering disajikan bagi para tentara. Karena cara mengolahnya tidak membutuhkan waktu lama serta rasanya enak.

2. Ubi Kukus

Ubi ternyata memiliki kandungan nutrisi tinggi (Foto: Pnterest/justryantaste.com)
Ubi ternyata memiliki kandungan nutrisi tinggi (Foto: Pnterest/justryantaste.com)

Ubi mengandung banyak mineral, vitamin serta fosfor. Saat itu suplemen vitamin seperti saat ini belum populer. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi para tentara memanfaatkan pangan yang ada di sekitarnya. Fosfor dalam ubi kukus mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Baca juga:

7 Meme Kocak Aksi Demo Mahasiswa di Gedung DPR

3. Nasi Oyek

Ternyata nasi oyek terbuat dari singkong lho (Foto: Pinterest/instagram.com)
Ternyata nasi oyek terbuat dari singkong lho (Foto: Pinterest/instagram.com)

Ketika sedang kekurangan beras untuk menanak nasi, tentara Indonesia tidak kehabisan akal. Mereka akan membuat nasi oyek yaitu nasi yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Cara membuatnya yaitu dengan memotong singkong lalu rendam dalam air bersih selama 2-3 hari. Sesudah itu tumbuk adonan sampai menjadi tepung. Kemudian jemur selama 3 jam, kukus adonan selama kurang lebih setengah jam. Nasi oyek pun siap dihidangkan.

4. Telur Asin

Telur asin bisa memperkuat imun tubuh (Foto:  Pinterest/duniaq.com)
Telur asin bisa memperkuat imun tubuh (Foto: Pinterest/duniaq.com)

Ternyata telur asin sudah populer sejak dulu. Di zaman perang, tentara Indonesia memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang mengandung nutrisi tinggi. Agar tidak repot dan lama diolah. Telur asin adalah salah satu makanan yang mampu memenuhi kebutuhan gizi. Telur asin juga bisa meningkatkan imun tubuh. Wah pantas saja tentara Indonesia kuat-kuat ya! (mar)

Baca juga:

Edukatif, Yuk Melancong ke Museum Unik di Negeri Sakura

#Makanan Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan