Tak Sesuai Naskah, Improvisasi Aktor ini Mengesankan Salah satu improvisasi yang dilakukan Leonardo di Caprio (Sumber: The Twentieth Century Fox)

PERNAHKAH kamu berpikir betapa kerja keras yang dilakukan para aktor untuk membawakan karakter mereka. Tampilan dan akting mereka menentukan apakah film jadi bagus atau malah sebaliknya.

Meski para aktor berakting berdasarkan naskah, tak jarang apa yang muncul di layar tak selalu sesuai dengan arahan sutradara atau sesuai dengan naskah. Sejumlah aktor berbakat berimprovisasi.

BACA JUGA: Deretan Anime Science Fiction Terbaik Berdasarkan IMDb

Perubahan spontan itu justru membuat scene yang ditayangkan lebih menarik. Beberapa di antaranya membuat film lebih lucu, sedangkan lainnya berhasil membuat kesan lebih dramatis. Berikut Merahputih.com rangkum improvisasi berkesan aktor dalam film.

1. 300

300
300 (Sumber: Warner Bros. Picture)

Salah satu adegan paling ikonik dalam film yang ditayangkan pada 2007 ini ialah ketika Raja Leonidas berteriak, "This is Sparta!" Begitu terkenalnya adegan itu sampai-sampai warganet di seluruh dunia membuatkan memenya. Ternyata teriakan khas tersebut merupakan hasil improvisasi sang aktor, Gerard Butler.

Konsep awal yang diinginkan sang sutradara ialah Butler membisikkan, 'This is Sparta', ke telinga pembawa pesan asal Persia dan menendangnya ke lubang. Menurut penuturan Butler, tak ada yang menyangka dia akan berteriak sekencang itu. Rekan-rekan dan kru di lokasi syuting berusaha keras menahan tawa karena improvisasinya tersebut. Namun, sang sutradara ternyata menyukai adegan itu dan memutuskan untuk memasukkannya ke film.

BACA JUGA: Aktor Hollywood dengan Bayaran Fantastis

2. Titanic

Titanic
Titanic (Sumber: The Twentieth Century Fox)

Film Titanic tak hanya memiliki alur cerita yang menarik, adegan yang ditampilkan dalam film tersebut juga begitu membekas di hati para penonton. Tak banyak yang tahu ternyata sejumlah adegan itu muncul berkat improvisasi aktornya, Leonardo diCaprio.

Dalam salah satu adegan, terlihat Jack (Leonardo diCaprio) berteriak di ujung kapal Titanic. "I am the king of the world!" pekiknya. Ternyata itu merupakan ide diCaprio yang disukai sutradara James Cameron.

Selain itu, di salah satu adegan tampak Jack muda salah tingkah saat diminta melukis Rose (Kate Winslet) tanpa busana. Berdasarkan naskah, seharusnya ia menyuruh Rose untuk berbaring di kasur. Namun, properti yang digunakan ternyata sebuah sofa. Ia pun refleks mengoreksinya dengan sedikit improvisasi. "Over on the bed... ugh.. the couch," ucapnya sedikit terbata. Ternyata adegan itu justru menampilkan sisi gugup yang sangat realistis.

Sang sutradara tak mengulang adegan dan memilih untuk memasukkannya ke film. Cameron menuturkan hal tersebut justru membuat penonton paham bagaimana gugupnya Jack saat harus menggambar perempuan tanpa busana.

3. Harry Potter and the Deatly Hallows: Part 2

Harry Potter
Harry Potter (Sumber: Warner Bros. Picture)

Di film Harry Potter and the Deathly Hallows kedua kita bisa melihat adegan saat Voldemort memeluk Draco dan mengatakan, "Welcome home." Rupanya adegan tersebut tak pernah ada di naskah. Itu merupakan ide sang aktor, Ralph Fiennes. Dalam naskah, seharusnya ia hanya berjalan melewati Draco, tapi Fiennes melihat adegan itu begitu membosankan.

4. Captain America: The First Avengers

Captain America
Capain America (Sumber: Marvel)

Salah satu adegan paling mengesankan dari film Captain America: The First Avengers ialah saat Captain America mendapatkan tubuh sempurnanya. Di adegan itu, aktris Hayley Atwell tidak mengikuti arahan sutradara.

Secara natural, ia refleks menyentuh otot Chris Evans. Sutradaranya memutuskan untuk mempertahankannya karena adegan itu memberi pesan betapa menariknya superhero Captain America.

5. Saving Private Ryan

Saving Private Ryan
Saving Private Ryan (Sumber: Amblin Entertainment)

Di drama yang dibuat Steven Spielberg ini, terdapat adegan saat Captain Miller (Tom Hanks) dan Private Ryan (Matt Damon) berbagai memori mereka akan rumah. Ternyata Damon mengarang sendiri monolognya. Ia menceritakan tentang saudara laki-lakinya dan kehidupannya di masa remaja dengan begitu mengalir. Begitu dalamnya monolog tersebut sehingga sulit dipercaya bahwa itu hanyalah improvisasi.(avia)

BACA JUGA: Marvel Rilis Karakter Batman dengan Kepribadian Ganda

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH