Otomotif

Dukung MXGP, Menpora Sebut NTB Pusat Motor Sport

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 13 Mei 2023
Dukung MXGP, Menpora Sebut NTB Pusat Motor Sport
Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan optimismenya atas acara MXGP 2023 yang akan berlangsung pada Juni mendatang.(Foto: Merahputih.com/Disya Shaliha)

“KEMENPORA amat mengapresiasi terselenggaranya MXGP ini, terutama karena Indonesia selalu dipercaya dunia internasional, dan bakhan MotoGP pun sukses. Jadi menurut saya tidak berlebihan jika NTB ini kita bisa sebut sebagai provinsi pusatnya motor sport,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo saat membuka sambutannya di kegiatan konferensi pers MXGP 2023.

Acara yang diselenggarakan di Sarinah, Jakarta, (13/5) itu dihadiri beberapa nama-nama besar selain Menpora, yakni Ketua MPR RI merangkap Ketua Motor Indonesia Pusat Bambang Soesatyo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu.

BACA JUGA:

Sumbawa Unjuk Gigi Jadi Seri Balap MXGP

MXGP yang merupakan kejuaraan dunia balap motocross diselenggarakan Federation Internationale de Motocyclisme ini akan dilaksanakan untuk kedua kalinya di Sumbawa dan Lombok mulai Juni mendatang. Menurut Dito, perhelatan MXGP sebelumnya terbilang sukses sebab menghasilkan perputaran ekonomi dengan jumlah yang cukup fantastis serta turut memajukan nilai pariwisata daerah.

MXGP
Kick-off MXGP 2023 ditandai dengan penabuhan gendang beleq khas NTB.(foto: Merahputih.com/Disya Shaliha)

“Dari data kami, pelaksanaan MXGP ini berhasil memutarkan perputaran ekonomi sebanyak Rp 154 miliar. Ini belum termasuk hotel dan lain-lain ya. Jadi, ini merupakan ajang yang sangat bermanfaat bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi daerah. Memang kami sekarang di Kemenpora sedang fokus juga untuk kajian dan mendorong sport industry dengan olahraga harus bisa bermanfaat luas bagi masyarakat Indonesia,” papar Dito.

Senada dengan Menpora, Ketua Motor Indonesia Pusat Bambang Soesatyo menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras pemerintah NTB dalam persiapan penyelenggaraan kegiatan ini. “Gubernur NTB ini enggak ada matinya, karena saya tahu persis perjuangan beliau menyelenggarakan MXGP tahun lalu, dan hari ini, sekaligus dua seri (diselenggarakan) di NTB,” ujar Bambang.

BACA JUGA:

FIM Rilis Kalender MXGP 2023, Indonesia Dapat Jatah Dua Seri

“Ini bukan pekerjaan yang mudah, tapi hasilnya nanti akan dahsyat bagi ekonomi. Jadi saya sangat senang, sepertinya kita semua ada kesamaan, yakni keyakinan kalau kegiatan-kegiatan olahraga ini mampu mendongkrak ekonomi di daerah-daerah,” sambung Bambang.

MXGP
MXGP diharap mampu mendongkrak perekonomian daerah.(foto: Merahputih.com/Disya Shaliha)

Menpora Dito menyampaikan ia optimistis atas kesuksesan acara yang akan terbagi menjadi dua seri ini, yakni pada 25 Juni dan 2 Juli. “Jadi saya optimistis pelaksanaan MXGP tahun 2023 di Indonesia yang akan dilaksanakan di Sumbawa dan Lombok akan berjalan dengan lancar dan sukses. Kami berharap semua peserta dan penonton akan menikmati event ini dengan semangat dan antusias,” tutup Dito.(dsh)

BACA JUGA:

Serunya MXGP Indonesia, Para Crosser Diajak Keliling Naik Delman

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan