Sumbawa Unjuk Gigi Jadi Seri Balap MXGP

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 26 Juni 2022
Sumbawa Unjuk Gigi Jadi Seri Balap MXGP
Tanah Sumbawa jadi tempat unjuk gigi para pembalap MXGP dunia. (Foto: Unsplash/vherliann)

MXGP seri Indonesia siap digelar akhir pekan ini. Para kroser (pembalap), kru, dan logistik telah dijadwalkan tiba di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (23/6/2022). Mereka akan bersaing dan beradu kecepatan.

Laman motorsport mengungkapkan seluruh tim dan pembalap MXGP dari berbagai belahan dunia telah sampai untuk bersiap menghadapi rangkaian MXGP seri Indonesia di Rocket International Circuit Samota, Jumat (24/6/2022).

Sumbawa dipilih salah satunya karena memiliki begitu banyak destinasi wisata memikat mata wisatawan dunia. Mulai dari pemandangan gunung nan sejuk di mata, hingga pantai indah cocok untuk menikmati matahari terbenam sembari menyeruput buah kelapa.

Wajib Coba, Nikmatnya Singang khas Sumbawa

Keindahan Sumbawa kini tengah dirasakan para kru MXGP. Jika kamu sedang ingin menonton atau sekadar beranjangsana berikut sejumlah rekomendasi wisata di Sumbaw tak boleh dilewatkan begitu saja.

1. Taman Nasional Gunung Tambora

Pemandangan Taman Nasional Gunung Tambora yang indah. (Foto: Instagram/@enjoy.tambora)

Selain berperan sebagai daerah konservasi, Taman Nasional Gunung Tambora juga menawarkan panorama alam mempesona. Saat musim kemarau misalnya, padang savana akan menguning jadi pemandangan langka sebab tak bisa dinikmati tiap hari.

Selain itu pengunjung di Taman Nasional Gunung Tambora juga bisa melihat aneka ternak penduduk sekitar, seperti kuda, sapi, dan kerbau, dibiarkan bebas berkeliaran, membawa suasana wisata sehingga berbeda dari biasanya.

2. Bukit Mantar

Bukit Mantar yang sejuk di hati. (Foto: Instagram/@ekopece)

Sumbawa punya salah satu destinasi wisata biasa disebut 'negeri di atas awan', tepatnya di desa Mantar, Kecamatan Poto Tano. Desa tersebut berada di ketinggian 600 mdpl, menyajikan pemandangan matahari terbit.

Bukit mantar juga dikenal sebagai titik keberangkatan untuk paralayang. Kamu bisa terbang dari atas bukit melintasi daratan hijau disertai pemandangan pantai menakjubkan. Tak heran bila Bukit Mantar juga menjadi tempat kompetisi olahraga paralayang tingkat internasional.

Baca juga:

Sepat Khas Sumbawa, Ikan dan Bumbu Serbabakar yang Istimewa

3. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa cocok untuk berfoto. (Foto: Instagram/@fakirpiknik)

Sumbawa dikelilingi banyak pulau kecil, salah satunya adalah Pulau Kenawa. Pulau seluas 15 hektar itu tidak berpenghuni, namun kerap dijadikan tempat berkemah atau sekadar berfoto karena pemandangannya luar biasa indah.

Bila kamu hendak berfoto di sana maka sesuaikan rencana perjalanan dengan musim karena rerumputan di Pulau Kenawa sangat bergantung pada musim. Pastikan juga kamu membawa persediaan air sebab di pulau itu tidak ada mata air.

4. Pantai Maluk

Pantai Maluk cocok untuk berselancar. (Foto: Instagram/@maluk_surf)

Bila kamu suka olahraga selancar maka Pantai Maluk bisa jadi destinasi tepat. Pantai hanya berjarak tiga jam dari Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin ini cukup digemari para peselancar mancanegara.

Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu tempat selancar terbaik di Sumbawa. Hotel di sana kerap dipadati para peselancar dunia. Ombak di Pantai Maluk dikenal sebagai 'Super Suck' karena tingginya bisa mencapai dua meter, namun pecah sebelum sampai di tepi pantai.

5. Air Terjun Kalela

Menikmati indahnya air terjun Kalela. (Foto: Instagram/@genpilomboksumbawa)

Bagi kamu ingin berwisata ke lokasi air terjun maka Air Terjun Kalela harus masuk ke dalam daftar kunjungan. Lokasinya berada di Desa Jereweh, berjarak sekitar 48 km dari Pelabuhan Poto Tano. Namun kamu harus berjalan kaki melewati persawahan menyegarkan pikiran untuk sampai ke sana.

Keunikan Air Terjun Kalela terletak pada kolamnya berwarna hijau kebiruan. Terdapat tebing tinggi mengalirkan air terjun di sana. Kamu bisa mendaki gua-gua kecilnya untuk menembus air dan berfoto dari atas. (waf)

Baca juga:

Palumara, Olahan Ikan Gurih dari Sumbawa

#Wisata #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan