Dubai Kerap Jadi Setting Lokasi Film Hollywood Dubai bukan hanya tentang gurun saja. (Foto: Pixabay/sharonang)

DUBAI dan Uni Emirat Arab (UEA) telah berperan penting dalam banyak pembuatan film blockbuster hollywood dan video musik. Ya, benar sekali kota terpadat di UEA ini menjadi lokasi langganan film hollywood dan video Musik atau video klip.

Bagaimana tidak, gedung pencakar langit yang futuristik, istana kerajaan, dan padang gurun mengagumkan menghiasi kota Dubai. Wajar saja jika kreator film dan para musisi kepincut dengan Dubai sebagai lokasi pengambilan gambar mereka.

Nah, penasaran lokasi mana saja di Dubai yang kerap jadi langganan film Hollywood dan Video Musik? Berdasarkan rilis yang diterima merahputih.com dari Dubai Tourism, berikut ini lima lokasi tersebut.

1. Downtown and Jumeirah Lake Towers (Star Trek Beyond)

dubai
Jumeirah Beach Residence (Foto: Pixabay/judithscharnowski)

Film genre fiksi ilmiah ini memulai syuting sejak 2015 di Dubai, tepatnya di Downtown and Jumeirah Lake Towers. Sang produser, Jeffrey Chernov mengatakan lokasi ini menjadi pilihan film tersebut lantaran suasana yang erat dengan pemandangan masa depan seperti di film Star Trek. Pada tahun 2016 film ini telah rilis bertepatan dengan ulang tahun ke-50 dari seri original Star Trek. Menurut para Trekkie (fan Star Trek) Jumeirah Lake Towers patut kamu dikunjungi, ganjarannya ialah tatanan kota masa depan di dunia nyata.

2. Burj Khalifa (Mission Impossible: Ghost Protocol)

burj khalifa
Burj Khalifa identik dengan adegan tanpa Stuntmant Tom Cruise di Mission Impossible : Ghost Protocol (Foto: Pixabay/monikawl999)

Lokasi ini sangat identik dengan adegan Ethan Hunt (Tom Cruise) saat memanjat gedung pencakar langit setinggi 829,84 meter. Lebih gilanya lagi Cruise benar-benar anti dengan stuntmant. Ia melakukan adegan ini sendirian alias tanpa stuntmant. Hasilnya pengambilan gambar membutuhkan waktu 23 hari dan 400 anggota kru film terlibat demi keamanan Tom Cruise melakukan adegan.

Yang bisa kamu nikmati di Burj Khalifa ialah menikmati pemandangan dari lantai 124 dan 125 atau dari dek obsevasi tertinggi dunia (555 meter) di lantai 148. Atau kamu bisa merasakan sensasi mendaki dan menuruni gedung ini dengan mencoba simulasi parachute-jump dari Burj Khalifa ke Dubai Fountain yang berdurasi 4 menit. Lapar? Kamu bisa menyantap makanan lezat di At.Mosphere Restaurant and Lounge di lantai 122. Jika masih belum puas Armni Hotel siap dijadikan tempat untuk kamu bermalam.

3. Dubai Desert (Syriana)

dubai
Gurun di Dubai yang menjadi lokasi syuting Syriana. (Foto: Pexel/Pixabay)

George CLooney dan Matt Damon beradu akting di film dengan alur cerita rumit ini. Singkatnya film ini menceritakan merger perusahaan minyak yang meragukan dan kunjungan royalti Arab beserta plot pembunuhan. Dari 15 lokasi pengambilan gambar yang berbeda semisal Amerika Serikat, Mesir, Swiss, Dubai Desert menjadi salah satu lokasi yang cukup mengagumkan.

Di sini kamu bisa merasakan dune bashing yang mendebarkan. Pengalaman menarik lainnya yang bisa kamu rasakan di Dubai Desert ialah melihat satwa liar khas gurun di malam hari melalui Dubai Desert Conservation Reserve. Jangan khawatir kegelapan, tempat ini dilengkapi dengan lampu sorot dan teropong malam. Bersiaplah menemukan kalajengking dan mengakhiri malam dengan melihat astronomi bintang sambil ditemani secangkir cokelat panas.

4. Dubai Design District (Thuder by Imagine Dragons)

Ada kafe populer bernama The Light House dan Molecole di sini (Foto: Zeno)

band indie rock asal Amerika Serikat ini kepincut menjadikan Dubai Design District (d3) sebagai lokasi video musik 'Thunder'. Dan Reynolds cs menyajikan sekeliling Dubai Design Distric dalam video klip yang bertahan selama 52 minggu di chart musik Billboard itu. Termasuk Sheik Zayed Road, Dubai Marina, Gold Souq, city walk di Jumeirah, dan salah satu jembatan di Dubai Canal.

Di antara lokasi tersebut sebagian besar adegan fokus pada d3. Tempat ini cocok bagi kamu yang ingin bersantai di kafe. Ada kafe populer bernama The Light House yang menyajikan hidangan Mediterania. Selain itu hidangan Prancis modern di Molecole bisa kamu nikmati pula sambil bertemu dengan para ahli fesyen.

5. Dubai Desert (So Much By Wiz Khalifa)

dubai
Wiz Khalifa pernah menari di tengah Dubai Desert (Foto: Pexels/Fabio Partenheimer)

Rapper Wiz Khalifa tidak mau ketinggalan memilih Dubai sebagai lokasi video musik lagu singlenya, 'So Much'. Dalam video musik tersebut ia mereka ulang adegan-adegan konsernya. Lalu ia juga menghabiskan waktunya bermain dengan harimau, memberi makan jerapah dan menari di tengah bukit pasir dalam video musik itu. Perlu dicatat pemandangan sunset terindah bisa kamu lihat di Dubai Desert.

Selain itu, jika kamu adalah seorang morning person, pilihan menunggangi unta melalui Dubai Desert Conservation Reserve untuk melihat flora dan fauna dan gurun akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan di Dubai Desert. Jangan lupa ya sepanjang perjalanan berhenti sejenak untuk menikmati sarapan di tepi danau.

Bagaimana Sahabat Merah Putih, sudah memiliki rencana melancong ke Dubai? (ikh)

Baca juga: Burj Khalifa: Beda Lantai, Beda Waktu Sahur dan Iftar

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH