Drama Korea

Drama Korea yang Mengangkat Isu Perundungan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 27 Februari 2021
Drama Korea yang Mengangkat Isu Perundungan
Tiga drama Korea yang mengangkat isu bullying. (Foto: JTBC)

INDUSTRI hiburan Korea Selatan sedang kacau balau. Sejumlah aktor dan idola K-Pop ternama terseret rumor sebagai pelaku bullying. Entah kabar tersebut benar adanya atau bualan semata, isu perisakan memang sebuah hal yang meresahkan.

Di Negeri Ginseng kasus ini tampaknya sering kali terjadi. Buktinya, beberapa drama Korea sampai mengangkatnya menjadi topik utama ceritanya.

Baca juga:

Luangkan Waktu, Drama Korea Siap Hiasi 2021

1. School 2015 (2015)

School 2015 menceritakan kasus bullying di kalangan anak SMA. (Foto: KBS)

Drama keenam dalam seri School KBS ini kental dengan nuansa perundungan. Serialnya menceritakan dua saudara kembar yang terpisah sejak kecil bernama Lee Eun-bi dan Go Eun-byeol. Keduanya memiliki kehidupan yang sangat bertolak belakang.

Eun-bi diceritakan sering mengalami penindasan yang dilakukan satu geng perempuan di sekolahnya, sementara Eun-byeol merupakan siswi supel yang dicintai semua orang. Sampai suatu hari Eun-bi dan Eun-byeol bertukar tempat.

Adegan perisakan yang ditayangkan dalam drama ini cukup jahat. Misalnya ketika Kim So-hyun, aktris pemeran utama, dilempar telur dan tepung. Ada pula momen ketika dia didorong ke tembok dan ditampar. Namun seiring berjalannya waktu, So-hyun berjuang untuk melawan penindasnya.

2. Angry Mom (2015)

Seorang ibu rumah tangga menyamar jadi siswi SMA untuk melindungi putrinya dari penindasan. (Foto: MBC)

Tidak ada yang lebih luar biasa dari kasih seorang ibu. Jadi ketika mengetahui bahwa putrinya mengalami penindasan, Jo Kang-ja turun tangan. Ibu rumah tangga itu memutuskan untuk menyamar sebagai siswi SMA agar bisa melindungi anaknya.

Baca juga:

Drama Korea yang Punya Jalan Cerita Tak Biasa

Ternyata masalah yang ditemukan Kang-ja lebih kelam dari sekadar penindasan antara murid sekolah. Meski tidak menyuguhi cerita romantis, drama ini tetap memiliki banyak peminat. Sebab tema yang diangkat sangat relateable dengan kondisi pendidikan dan sosial yang terjadi saat ini. Selain itu, akting emosional yang dilakukan setiap pemain patut diacungi jempol.

3. Beautiful World (2019)

Keluarga korban berusaha mengungkap kebenaran di balik kasus bullying yang dialami putranya. (Foto: JTBC)

Banyak dari korban perisakan yang akhirnya depresi berat karena tidak tahan dengan perlakuan jahat yang diterimanya. Bahkan sampai ada yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Inilah tema yang hendak diangkat dalam drama Beautiful World.

Dalam serial rilisan JTBC itu, seorang anak laki-laki bernama Park Sun-ho dipukul dan disiksa teman-teman sekolahnya. Tak tahan, dia nekat melompat dari atap sekolah. Mendengar kabar tersebut, keluarga Sun-ho sangat terpukul sehingga mereka memutuskan untuk mengungkap kebenaran di balik kasus bullying yang menimpa putranya. (sam)

Baca juga:

5 Drama Korea dengan Rating Tertinggi Sepanjang Masa

#Drama Korea #Serial Drama Korea #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan