Dorna Sports Raih Sertifikasi ISO 20121

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 20 September 2022
Dorna Sports Raih Sertifikasi ISO 20121
Dorna Sports raih sertifikasi ISO 20121. (Foto: MotoGP)

DORNA Sports memperoleh sertifikasi ISO 20121 untuk sistem manajemen acara berkelanjutan sebagai penyelenggara Kejuaraan Dunia MotoGP. Sertifikasi diberikan oleh Badan Sertifikasi TUV NORD. Ini menjadikan Dorna Sports sebagai penyelenggara olahraga motor pertama yang mendapat pengakuan itu.

Sertifikasi ISO 20121 adalah standar yang ditetapkan secara internasional dan berkaitan dengan peningkatan dan pengelolaan acara yang berkelanjutan di setiap tingkat. Demikian menurut Motorsport, Senin (19/9).

Selain itu, sertifikasi ISO 20121 menyediakan kerangka kerja untuk meningkatkan dan mempertahankan dampak ekonomi, lingkungan dan sosial, serta menentukan rencana untuk perbaikan berkelanjutan ke depan.

Lebih lanjut, perusahaan yang memperoleh sertifikasi ISO 20121 telah menjalani audit secara sukarela melalui pihak ketiga dalam memberikan penilaian objektif dan independen.

Baca juga:

Dorna Sports: Suzuki Tak Bisa Keluar MotoGP Secara Sepihak

Dorna Sports penyelenggara olahraga motor pertama penerima sertifikasi ISO 20121. (Foto: MotoGP)

Dengan bantuan dari penasihat Right Hub, Dorna mulai mengerjakan analisis yang diperlukan menjelang akhir 2021. Tujuannya menentukan sistem manajemen acara berkelanjutan yang baru untuk Kejuaraan Dunia MotoGP.

“Kami sangat bangga mengumumkan bahwa sistem manajemen acara berkelanjutan kami telah disertifikasi ISO 20121. Ini adalah bentuk pengakuan atas upaya kolektif kami, baik di Dorna maupun MotoGP untuk bekerja menuju tujuan bersama demi keberlanjutan yang terus meningkat,” kata CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

“Sebagai puncak roda dua, MotoGP adalah tempat pengujian roda dua utama di dunia dan memiliki peran penting untuk dimainkan saat dunia berupaya menciptakan masa depan yang lebih hijau.

“Kami berharap dapat menginspirasi semua orang yang berkecimpung dalam olahraga ini dan ratusan juta penggemar kami di seluruh dunia, untuk mengambil tindakan bersama kami. MotoGP berlomba bersama menuju perubahan positif.”

Baca juga:

Kunjungi Mandalika, Dorna Sports tak Sabar Ingin Saksikan MotoGP di Indonesia

Carmelo Ezpeleta ingin ciptakan MotoGP lebih ramah lingkungan. (Foto: MotoGP)

Guna mempertahankan sertifikasi ISO 20121, Dorna Sports telah menyusun sejumlah rencana yang diperlukan. Selain itu, mereka bakal turut mengajak partisipasi dan kolaborasi semua pemangku kepentingan MotoGP.

Rencana tersebut meliputi:

  • Meningkatkan inisiatif yang ditujukan untuk inklusi sosial di berbagai komunitas di mana MotoGP hadir.
  • Meningkatkan pengelolaan sampah dan daur ulang dalam setiap event.
  • Memperkenalkan kriteria keberlanjutan dalam proses seleksi untuk mitra dan klien.
  • Mendorong semua perusahaan dan pemangku kepentingan untuk bekerja menuju capaian tujuan keberlanjutan bersama.
  • Mengurangi jejak karbon MotoGP. (waf)

Baca juga:

Ducati Perpanjang Kontrak dengan Dorna Sport di MotoGP

#MotoGP
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan