Ditemukan Spesies Baru Burung Berkicau di Indonesia Spesies burung yang ditemukan di Indonesia bisa jadi akan memunculkan berbagai penelitian baru. (Foto: Unsplash/wilsan u)

SPESIES baru dari burung berkicau ditemukan di Indonesia. Spesies-spesies baru ini berada di sebelah timru Indonesia. Burung-burung berkicau ini ditemukan dalam ekspedisi yang dilakukan di tahun 2013-2014.

Penemuan spesies baru ini merupakan penemuan terbesar dalam dekade ini. Burung-burung itu ditemukan di pulau Taliabu, Peleng dan Batudaka yang berada di lepas pantau Sulawesi sebelah timur. Pulau-pulau ini dalam studi Wallace disebut sebagai pulau-pulau yang hilang. Bisa jadi masih banyak spesies-spesies hewan lainnya yang mungkin ditemukan, demikian dilansir dari Daily Mail.

Baca Juga:

Dari Terpintar hingga Mematikan, Inilah 5 Hewan Terpopuler di Dunia

burung
Masih banyak spesies hewan di dunia yang menunggu untuk ditemukan. (Foto: Unsplash/Hans van Tol)

Spesies-spesies baru ini merupakan bagian dari penemuan baru antara tahun 1990 sampai 2019. Penemuan-penemuan hampir 2 dekade itu berhasil mengidentifikasi sekitar 161 spesies baru. Penemuan spesies baru burung-burung berkicau memberikan jalan baru bagi penelitian ke depannya.

Penelitian yang dilakuan oleh LIPI dan National University of Singapore menelusuri pulau-pulau yang jauh dari daratan. Menurut laman Daily Mail, penelitian enam minggu yang dipimpin oleh Frank Rheindt, membuka mata bahwa masih banyak kemungkinan ditemukan spesies hewan baru yang bisa ditemukan tak hanya di Indonesia. Ini ditegaskan oleh Dr Jonathan Kennedy dan Jon Fjeldsa dalam jurnal ilmiah Science.

Baca Juga:

Unik dan Dilindungi, Hewan ini Wajib Kamu Jumpai saat Berlibur di Selandia Baru

burung
Ancaman terbesar spesies-spesies hewan adalah aktivitas manusia. (Foto: Unsplash/Brazil Topno)

Menurut Dr Kennedy baru sekitar 85% keragaman spesies hewan di dunia yang ditemukan dan diidentifikasi. Ia juga mengatakan kalau dengan metode yang dipakainya bisa mengidentifikasi spesies lainnya di tempat lain. Dr Kennedy mengungkapkan bahwa untuk menemukan spesies baru harus memahami terlebih dahulu seberapa banyak spesies yang sudah ada ditemukan.

Hanya sayangnya menurut Dr Kennedy, banyak ancaman terhadap kehidupan spesies-spesies ini. Seperti penebangan hutan, pertambangan dan ancaman pada lingkungan hidup lainnya. Ia mengkhawatirkan spesies-spesies baru itu bisa jadi sudah punah sebelum ditemukan. (psr)


Baca Juga:

Mau Tahu Hewan Mirip Dumbo di Dunia Nyata?

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH