Mau Tahu Hewan Mirip Dumbo di Dunia Nyata? Dumbo (Sumber: Ist)

APAKAH kamu pecinta film Dumbo? Serupa tapi tak sama, inilah wujud dumbo di dunia nyata. Hewan laut yang hidup di kedalaman 13.100 kaki atau sekitar 4.000 meter ini mirip dengan tokoh utama Dumbo, gajah imut bertelinga sangat lebar.

Hewan yang memiliki nama ilmiah Grimpoteuthis ini termasuk spesies gurita langka. Terekam oleh alat bernama Hercules dari jarak jauh, terlihat mirip seperti kartun Walt Disney 'Dumbo' karena memiliki telinga. Meski demikian itu bukanlah telinga melainkan sepasang sirip.

Gurita yang mirip Dumbo (Sumber: oceanexplorer.noaa.gov)
Gurita yang mirip Dumbo (Sumber: oceanexplorer.noaa.gov)

Kemiripannya dengan kartun Disney membuat banyak orang menyebutnya Dumbo Octopus. Hewan ini berukuran kurang dari 60 cm dan hidup di Samudra Pasifik. Uniknya, Grimpoteuthis tidak memiliki kantung tinta seperti gurita pada umumnya.

Menelusuri bawah laut lebih dalam, ditemukan sekumpulan telur pada terumbu karang. Telur gurita dumbo berukuran 14 x 19 milimeter saling menyatu. Meski begitu, gurita dumbo bisa terancam punah jika ekositem laut tidak terjaga. Terumbu karang dijadikan sebagai tempat berlindung gurita dumbo dan hewan laut lainnya.

Dumbo (Sumber: Ist)
Dumbo (Sumber: Ist)

Memperoleh data dari Ocean Exploration and Research, pengoperasian Hercules dikhususkan memantau kedalaman laut hingga 2.5 mil atau 4.000 meter. Dilengkapi dengan sensor cahaya dan kamera, alat ini dapat mendeteksi suasana, kedalaman, suhu air dan kadar oksigen berbentuk video. Dikendalikan di atas E/V Nautilus menggunakan enam kendaraan pendorong mesin ke segala arah.

Oh iya, Dumbo sendiri sudah memiliki film live action. Dumbo dirilis tanggal 27 Maret lalu dengan keuntungan kotor mencapai US$352 juta. Beberapa bintang yang ikut bermain seperti Edward Brophy, Herman Bing, Margaret Wright, Sterling Holloway dan Cliff Edwards. (dys)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH