Diduga Bisa Memicu Kanker, Chanel Hentikan Produksi Kosmetik Berbahan Talk Chanel Hentikan Produksi Kosmetik yang Menggunakan Talk (Foto: pinterest/17 Design)

SAATNYA bagi pencinta makeup untuk lebih memperhatikan kandungan apa saja yang terdapat dalam produk kosmetik yang dipakai.

Pasalnya, kini berbagai brand kosmetik ternama, seperti Chanel mulai menghentikan produksi untuk beberapa produknya, yang diduga dapat memicu kanker.

Baca juga:

Atasi 3 Masalah Rambut dengan Masker Alami Buatan Sendiri

Produk yang diduga bisa memicu kanker ini adalah yang mengandung bahan talk. Mengutip laman New York Times, talk merupakan mineral dalam tanah liat yang diambil dari endapan bawah tanah. Dalam mineral tersebut mengandung asbestos atau asbes, yaitu senyawa karsinogen yang dapat memicu kanker.

Diduga Bisa Memicu Kanker, Chanel Hentikan Produksi Kosmetik Berbahan Talk
Talek Biasa Digunakan Untuk Membuat Bedak Wajah dan Lipstik (Foto: pexels/Free Creative Stuff)

Talk merupakan mineral yang paling lembut, sehingga bahan yang dapat memicu kanker ini sering digunakan untuk berbagai macam produk kosmetik, seperti bedak wajah, blush on, eyeshadow, foundation, lipstik hingga maskara.

Salah satu produk kosmetik Chanel yang menggunakan bahan talek adalah, bedak wajah. Namun, seperti yang dilansir melalui laman Reuters, perwakilan dari Chanel mengungkapkan bahwa, Chanel secara resmi telah mengehentikan produk kosmetik yang menggunakan bahan talek sejak 2017.

Hal ini disebabkan karena Chanel mendapatkan tuntutan pada 2016 lalu, terkait bedaknya yang mengandung asbes.

Diduga Bisa Memicu Kanker, Chanel Hentikan Produksi Kosmetik Berbahan Talk
Bedak Chanel Mengandung Talk (Foto: pexels/Element5 Digital)

Sempat membantah atas tuntutan tersebut, dan mengaku bahan yang digunakan dalam produk Chanel adalah bahan yang aman untuk konsumennya.

Amy Wyatt, perwakilan Chanel mengatakan kepada Reuters, akan menggantikan penggunaan bahan talek dengan alternatif lain, karena telah mendapatkan persepsi negatif dari para konsumennya.

Meskipun demikian, pernyataan ini tidak sesuai dengan kenyataannya, melihat Chanel masih menggunakan talek untuk produk kosmetiknya, seperti bedak padat, blush on, dan eyeshadow.

Mengutip laman Reuters, Chanel mengklaim bahwa, talek yang digunakan merupakan talek yang telah dipilih sesuai dengan kriteria kemurnian ketat, dan telah memenuhi peraturan ketat sesuai dengan standar penggunaan talek untuk kosmetik. (bel)

Baca juga:

Yuk Cek 3 Produk Skincare Terbaik yang Sedang Hits di Media Sosial



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH