Desa Beleka, Sentra Anyaman Rotan Nan Mendunia Desa Beleka merupakan salah satu sentra anyaman rotan (Foto: instagram @rotan_Artshop)

PULAU LOMBOK, Nusa Tenggara Barat, dikenal sebagai salah satu detinasi wisata Indonesia dengan pesona alam menakjubkan, baik bagi turis lokal maupun internasional.

Sebagai daerah tujuan wisata, Lombok memiliki seni kerajinan tangan sangat digemari turis untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Faktanya, sebelum Pulau Lombok terkenal berkat kehadiran Sirkuit Mandalika, seni kerjinan tangan khasnya sudah sejak lama menjadi tradisi orang Sasak, masyarakat adat di Lombok, juga jadi incara para pelancong.

Baca Juga:

Unjuk Gigi Desa Wisata Usung Konsep Sustainable Tourism

Banyak desa bertumbuh menjadi pusat-pusat kerajinan tangan, salah satunya Desa Beleka. Seperti dikutip dari laman kpshk.org, desa terletak di 15 km di arah Timur kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah itu, merupakan salah satu pusat kerajinan tangan, khususnya kerajinan rotan dan ketak.

Desa Beleka merupaan salah satu sentra kerajinan anyaman rotan (Foto: instagram @rotan_artshop)

Selain rotan, kerajinan lain diproduksi kerajinan kayu, keris, dan keramik. Sudah lebih dari 25 tahun Desa Beleka menjadi supplier kerajinan rotan untuk dijual kembali di Bali.

Saat berkunjung ke Desa Beleka, pemandangan para perempuan tengah memilin rotan telah menjadi pemandangan umum sehari-hari. Meski di tengah teriknya matahari, banyak ibu-ibu duduk beralaskan tikar di depan rumah memangku rotan lalu memilinnya.

Tangan ibu-ibu tersebut terlihat begitu lincah bergerak mengolah rotan menjadi barang kerajinan, seraya berbincang dengan sebayanya. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan setelah pekerjaan rumah tangga selesai.

Proses pembuatan kerajinan tangan terbilang cukup sulit serta memakan waktu lama. Berawal dari batang ketak dan rotan dihaluskan, kemudian dianyam atau dipilin sesuai model akan dibuat, dan terakhir dicat dengan pelitur. Dalam sehari dapat diselesaikan 2-3 buah kerajinan rotan sederhana.

Salah satu kerajinan andalan Desa Beleka Lombok ialah Cupu. Cupu merupakan benda memiliki kaitan sejarah dan budaya dengan masyarakat setempat. Benda tersebut berpengaruh besar terhadap perkembangan kerajinan anyaman Desa Beleka.

Cupu merupakan sebuah wadah berbentuk bulat biasa digunakan sebagai tempat tembakau dalam upacara Bendulang. Nama itu diambil dari bahasa Sasak artinya bundar atau bulat.

Dari Cupu sederhana itu muncul ratusan bahkan ribuan varian. Jadi, kamu jangan heran apabila menemui sebagian besar hasil anyaman berbentuk bulat.

Kamu juga bisa menemukan Gandek di Desa Beleka. Gandek ialah sebuah tas tradisional khas Pulau Lombok. Tas tersebut terbuat dari anyaman kulit bambu dengan kayu diukir pada babian tutup dan dasarnya.

Baca Juga:

Pentingnya Promosi Pariwisata Berbasis Teknologi

Kerajinan anyaman rotan Desa Beleka sudah diekspor ke berbagai belahan dunia (Foto: instagram @rotan_artshop)

Layaknya tas-tas modern, Gandek pun digunakan untuk menyimpan barang-barang pribadi. Bagi kaum pria Suku Sasak, Gandek digunakan saat bekerja atau bepergian. Kemudian, kamu juga akan menemui hasil kerajinan lain seperti kayu, pameje, keris, dan kerajinan tempurung kelapa.

Peminat kerajinan tersebut cukup banyak, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Seiring berjalannya waktu, permintaan atas hasil kerajinan rotan dan ketak semakin meningkat. Bahkan, kerajinan tersebut telah diekspor ke sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Singapura, Tiongkok, New Zaeland, Jepang, Malaysia, Australia, Belanda, Inggris, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Swiss.

Berkat tingginya permintaan akan hasil kerajinan tersebut, perajin dan pemilik artshop harus mendatangkan bahan baku dari luar pulau Lombok, seperti dari wilayah Flores, Kalimantan Selatan, hingga Sumbawa.

Usaha kerajianan rotan dan ketak berdampak besar bagi kehidupan perempuan desa. Karena, selain meningkatan pendapatan dan kesejahteraan, juga membangun rasa percaya diri dan optimisme perempuan, karena memiliki keterampilan nan bisa menjadi sumber penghasilan. (Ryn)

Baca Juga:

HKTB Umumkan Rencana Kebangkitan Pariwisata Hong Kong

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Asteroid Sebesar 2,5 Kali Empire State Building Dekati Bumi
Hiburan & Gaya Hidup
Asteroid Sebesar 2,5 Kali Empire State Building Dekati Bumi

Melintas mendekati Bumi pada 18 Januari.

Potensial, Pengembangan Wisata Sejarah Kesehatan Indonesia
Travel
Potensial, Pengembangan Wisata Sejarah Kesehatan Indonesia

Mendukung upaya pemerintah mengembangkan potensi pariwisata berbasis sejarah budaya.

Hajatan Jelajahin Livin Sanur Fest 2022 Siap Dongkrak Wisata Pulau Dewata
Hiburan & Gaya Hidup
Hajatan Jelajahin Livin Sanur Fest 2022 Siap Dongkrak Wisata Pulau Dewata

Hajatan Jelajahin Livin Sanur Fest 2022 ditargetkan menggaet 12 ribu penonton

Kesalahan Scorpio Saat Menjalin Hubungan Asmara
Fun
Kesalahan Scorpio Saat Menjalin Hubungan Asmara

Scorpio memiliki kesulitan mempercayai orang lain.

COLORFUL Rilis Laptop Gaming X15 XS, Dibekali RTX 3050 Ti
Fun
COLORFUL Rilis Laptop Gaming X15 XS, Dibekali RTX 3050 Ti

Laptop Gaming X15 XS cocok untuk memenuhi produktivitasmu.

Serial Animasi Karya Anak Bangsa 'Ibra' Rilis Episode Pertama
ShowBiz
Serial Animasi Karya Anak Bangsa 'Ibra' Rilis Episode Pertama

Indonesia kedatangan satu serial animasi anak bertema pesantren pertama di Indonesia yaitu Ibra

Fashion Item untuk Tampil Kasual di Kantor Baru
Fashion
Fashion Item untuk Tampil Kasual di Kantor Baru

Seperti apa sih pakaian kasual yang berlaku di lingkungan kerja?

3 Ide Bekal Roti Naik Kelas
Kuliner
3 Ide Bekal Roti Naik Kelas

Mudah diolah ditemukan.

3 Resep Makanan Penutup Khusus Sambut Nataru
Kuliner
3 Resep Makanan Penutup Khusus Sambut Nataru

Membuat makanan penutup bisa jadi kegiatan asyik untuk sambut Nataru,

Bukan Cuma Sehat, Olahraga Dapat Meningkatkan Suasana Hati
Fun
Bukan Cuma Sehat, Olahraga Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Selain untuk kesehatan, olahraga juga punya manfaat lain.