Musik

'Dari Balik Jendela', Ungkapan Iri Hati Rayhan Noor

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 27 Februari 2023
 'Dari Balik Jendela', Ungkapan Iri Hati Rayhan Noor
Rayhan Noor menuliskan 'Dari Balik Jendela' berdasarkan pengalamannya yang memiliki rasa iri pada orang sekitarnya. (foto: Merahputih.com/Vincent Cristian Angkasa)

KALA usia bertambah, dilema makin banyak menerpa. Demikianlah Rayhan Noor bercerita lewat lagunya, Dari Balik Jendela. Lagu yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi itu mengisahkan bagaimana ia memiliki rasa iri terhadap hidup orang lain di luar sana. Dengan kata-kata yang sederhana, Rayhan menuliskan lagu dengan makna yang dapat dirasakan semua pendengarnya. “Sebenarnya bisa diinterpretasikan secara meluas,” ujar Rayhan.

Tak seperti umumnya musisi yang mencari inspirasi untuk menulis sebuah lagu, Rayhan mengaku menuliskan lagu ini tanpa sengaja mencari inspirasi. "Gue malah buatnya enggak ada inspirasi sama sekali,” jelas Rayhan dalam acara screening videoklip Dari Balik Jendela di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu (25/2).

BACA JUGA:

Kisah Rasa Iri Rayhan Noor di Videoklip 'Dari Balik Jendela'

Ia bercerita menciptakan lagu ini saat berada di kamar dan melihat ke arah jendela. Ia bingung harus memulai dari mana dan berusaha untuk menuliskan apa yang ada di dalam kepalanya. Dari momen itulah muncul karya ini. Lagu ini menjadi pengalaman pertama untuknya karena menciptakan lagu dengan bahasa yang gamblang.

Rayhan noor
Videoklip 'Dari Balik Jendela' disutradarai Bernardus Raka. (foto: Merahputih.com/Vincent Cristian Angkasa)

“Akhirnya, gue mencoba memberanikan diri untuk ngomong apa yang ada di hati gue sebenarnya,” kata Rayhan. Lewat lagu ini, ia mencurahkan hatinya yang iri terhadap orang lain yang hidupnya baik-baik saja, tentang karier teman-temannya yang telah sukses terlebih dahulu. “Justru Dari Balik Jendela ditulis saat gue udah melewati fase (sulit) ini,” jelas Rayhan. Lagu ini membawanya melihat ke belakang bahwa ia pernah melewati fase sesulit itu. Dari kehancuran tersebut, Rayhan berani untuk menulis lagu dengan kata-kata yang segamblang ini. “Tulis lagu juga kayak terapi sebenarnya. Gue coba ngomongin apa yang pengin gue sampaikan,” tambahnya.

BACA JUGA:

Rayhan Noor Belajar Menerima Kenyataan dalam 'Mau Tak Mau'

Bagi Rayhan, musik ialah pendukung dari pesan yang ingin sampaikan lewat sebuah lagu. Biasanya setiap lagu yang diciptakan Rayhan memiliki karakteristik suara gitar yang kuat. Namun, berbeda dengan Dari Balik Jendela yang didominasi suara string. Ia sempat mencoba menambah beberapa karakter suara pada lagu ini. Namun, pada saat pengerjaannya, ia menyadari bahwa lagu ini tidak cocok untuk ditambah suara lain.

Lewat lagu ini, Rayhan ingin mengirimkan pesan menguatkan berdasarkan pengalamannya. Ia ingin memberi tahu bahwa kesedihan, kegagalan, atau kekecewaan yang dirasakan saat ini akan membawa suatu hal baik di masa depan. “Sabar saja, mungkin suatu hari kalau lu sudah bersedia merasakan kesedihan, kegagalan, atau kekecewaan bisa jadi ada suatu hari untuk sukses atau happy,” tutupnya.(vca)

BACA JUGA:

Rayhan Noor Ungkap Cerita di Balik 'Mau Tak Mau'

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan