Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini Tidur malam yang berkualitas akan menentukan kebugaranmu keesokan harinya. (Foto: Pexels/bruce mars)

TIDUR, salah satu kegiatan yang paling penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Terutama saat malam hari. Durasi tidur malam akan menentukan semangat dan kebugaran aktivitasmu keesokan harinya. Tidur berkualitas artinya kamu tidur dengan waktu cukup. Para pakar dan dokter juga menyarankan untuk tidak menurunkan kualitas maupun kuantitas tidur karena akan berdampak pada kebuguran.

Dilansir dari laman Inc, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa kurang tidur menjadi penyebab kesehatan masyarakat. Seperti daya berpikir yang menurun, kurang konsentrasi, rasa kantuk, dan kemampuan bekerja.

Baca juga:

Manfaat Jika Kamu Tidur Lebih Cepat

Risiko jangka panjang yang bisa dirasakan karena kurang tidur adalah serangan jantung, obesitas, diabetes, hingga kanker. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan tidur malam.

1. Membatasi tidur siang

Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini
Batasi tidur siang tidak lebih dari 20 menit. (Foto: Pixabay/bogitw)

Salah satu penyebab kamu kesulitan tidur malam adalah kamu sudah tidur pada siang hari sebelumnya. Banyak cara yang bisa kamu hindari untuk tidur pada siang hari seperti bermain game, membersihkan rumah, nongkrong, dan sebagainya.

Jika memang sudah sangat ngantuk dan tidak tertahan lagi, sebaiknya kamu membatasi tidur siang tidak lebih dari 20 menit. Pasang alarm atau minta bantuan orang lain untuk membangunkanmu.

2. Batasi penggunaan perangkat elektronik

Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini
Hindari penggunaan gawai yang berlebihan sebelum tidur. (Foto: electronicproducts)

Sudah menjadi kebiasaan jika sebelum tidur, kita pasti memainkan perangkat elektronik yang kita punya seperti gawai, laptop, PC, atau tablet. Biasanya yang kita lakukan adalah membuka media sosial atau platform seperti YouTube.

Hal ini justru mempengaruhi kualitas tidur jika tidak dibatasi penggunaannya. Sebaiknya, batasi penggunaan perangkat elektronik sekitar satu atau dua jam sebelum jam tidur.

Jika kamu menggunakan gawai sebagai alarm, jangan lupa untuk mengaktifkannya ke mode pesawat agar tidak menimbulkan radiasi.

Baca juga:

Kesepian Ternyata Pengaruhi Kualitas Tidur

3. Hindari makan menjelang tidur

Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini
Sebaiknya makan cemilan seperti biskuit atau sereal untuk membantu tidur lebih cepat dan dalam jangka waktu yang lama (Foto: dreams)

Kebiasaan yang terjadi ketika menjelang tidur di malam hari adalah timbulnya rasa lapar. Tidak menutup kemungkinan kita akan memasak atau membeli makanan agar perut terasa kenyang.

Namun, hal ini jsutru membuat tidur malammu nanti menjadi terganggu. Sebab, sistem penceranaan akan bekerja lebih keras sehingga menganggu tidur nantinya.

Ada beberapa makanan ringan yang justru disarankan jika kamu merasa lapar seperti biskuit, sereal, susu, almond, dan teh herbal chamomile atau tulsi. Cemilan tersebut diyakinin sebagai suplemen magnesium untuk membantu tidur lebih cepat dan dalam jangka waktu yang lama.

4. Mendengarkan musik

Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini
Mendengarkan musik membuat tidur menjadi lebih berkualitas. (Foto: The Conversation)

Beberapa orang lebih suka mendengarkan musik rileks sebelum tidur, terutama di lingkungan yang bising untuk menghilangkan suara yang menganggu tidur.

Cara ini sebaiknya kamu pertahankan karena akan membuat tidur menjadi lelap dan berkualitas. Namun sebaiknya, kamu tidak mendegarkan lagu dengan menggunakan headset karena berbahaya bagi pendengaran dan mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

5. Buat jadwal tidur

Dapatkan Tidur Malam Berkualitas dengan Melakukan 5 Cara Ini
Buat jadwal agar tidur menjadi lebih teratur di waktu yang sama. (Foto: Pexels/rawpixel)

Sama seperti waktu kita kecil, buatlah jadwal tidur secara rutin pada jam berapa kita sudah harus tidur. Ini akan bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh menciptakan alarm alami. Sangat disarankan untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam. (And)

Baca juga:

Cara Atasi Masalah Sulit Tidur Bagi Ibu Hamil



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH