Kuliner
Cuma di Indonesia, Bumbu Masak Jadi Oleh-Oleh Pelesir Di Indonesia, bumbu masak bisa jadi oleh-oleh. (foto: Instagram @umminunung)

ORANG Indonesia punya selera unik dalam memilih oleh-oleh. Lazimnya, orang membeli oleh-oleh berupa kaus, pernak-pernik suvenir, atau makanan ringan khas daerah.

Namun, beberapa daerah di Tanah Air justru punya bumbu masakan khas yang jadi incaran pelancong untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut Merahputih.com rangkum 4 bumbu masakan khas Nusantara yang jadi lazim dijadikan oleh-oleh.

BACA JUGA: Pecah Rekor, Seekor Kepiting Terjual Rp467 Juta

1. Terasi

terasi cirebon
Terasi Cirebon hanya terbuat dari rebon asli. (foto: informasicirebon.blogspot)

Bumbu masak hasil fermentasi udang rebon ini punya aroma yang khas. Orang Indonesia akrab dengan terasi mengingat kegemaran menyantap sambal. Ya, terasi memang jadi salah satu bahan yang membuat sambal jadi terasa sedap.

Bukan rahasia lagi bahwa terasi yang sedap berasal dari Cirebon. Bahkan, nama Cirebon sendiri erat terkait dengan pengolahan udang hingga menjadi terasi. Konon, sejak dulu mata pecaharian sebagian besar masyarakat Cirebon ialah menjadi nelayan. Mereka menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai. Selain itu, mereka juga berkreasi membuat terasi, petis, dan garam. Nama Cirebon kemudian muncul dari istilah suguhan cai-rebon, yang dalam bahasa Sunda berarti air sisa pengolahan udang rebon. Lama kelamaan, nama itu berubah menjadi Cirebon.

Mengingat terasi sudah berkembang lama di Cirebon, kamu enggak boleh melewatkan membeli terasi sebagai oleh-oleh. Yang membedakan terasi Cirebon dengan lainnya ialah bahan pembuatnya yang murni hanya udang rebon dan garam. Dengan begitu, rasa pasta udang itu jadi lebih segar dan gurih ketimbang terasi yang dicampur ikan.

Biasanya terasi khas Cirebon berbentuk gelondong atau balok yang cukup besar dengan kemasan sederhana. Sebagai oleh-oleh, pastinya terasi sangat mudah ditemukan di Kota Udang tersebut. Harganya pun bervariasi, tergantung dari persediaan udang rebon di perajin.

2. Tauco

tauco
Tak hanya batik, Pekalongan punya tauco sebagai oleh-oleh. (foto: taucoaslipekalongan)

Bukan cuma batik yang jadi andalan Pekalongan. Ada satu bahan masakan yang khas banget dari daerah tersebut, yakni tauco.

Di Pekalongan, tauco jadi bahan dasar dari soto tauto, sajian khas daerah itu. Tauco khas Pekalongan memiliki butiran kedelai utuh yang sangat empuk dan berwarna cokelat kemerahan. Rasanya tidak terlalu asin seperti tauco lainnya, sehingga lebih banyak disukai orang dan cocok sekali dibuat campuran sambal.

3. Bumbu Pecel

bumbu pecel
Bumbu pecel khas Madiun. (foto: youtube)

Nama kuliner pecel Madiun udah kesohor ke mana-mana. Jadi tidak mengherankan jika Madiun jadi asal bumbu pecel nikmat yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Meskipun bumbu pecel juga mudah ditemukan di kota lain, bumbu pecel khas Madiun punya rasa nikmat tersendiri. Bukan cuma berbahan dasar kacang tanah, cabai, dan gula merah, bumbu pecel Madiun juga memiliki tambahan jahe, kunyit, hingga gula aren. Tambahan itulah yang bikin rasanya lebih sedap daripada bumbu pecel lainnya.

Jangan lewatkan membawa bumbu pecel sebagai buah tangan dari Madiun jika melawat ke sana ya. Kamu bisa menikmati pecel Madiun nikmat di rumah tanpa ribet.

4. Bawang Goreng

bawang goreng
Bawang goreng khas Palu renyah dan bisa tahan hingga 1 tahun. (foto: wisatapalu)

Bawang goreng kan ada di mana-mana ya, apa spesialnya sampai jadi oleh-oleh ya? Bawang goreng yang jadi buah tangan dari Kota Palu, Sulawesi Tengah, ini memang spesial. Pasalnya, bahan baku bawang goreng asli Palu itu ialah bawang yang dipercaya hanya bisa tumbuh di Lembah Palu. Cirinya, kandungan airnya amat minim, lapisannya tebal, dan rasanya gurih.

Dengan karakter bahan baku bawang yang khas itu, bawang goreng yang dihasilkan pun jadi wangi dan amat garing. Saking garingnya, sampai bisa anda jadikan camilan dan tahan hingga 1 tahun. Yang pastin, bawang goreng oleh-oleh dari Palu bisa jadi pelengkap nasi goreng dan sajian lainnya.(dwi)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rumah Makan Si Galuh, Cita Rasa Kalimantan Selatan yang Sebenarnya
Kuliner
Rumah Makan Si Galuh, Cita Rasa Kalimantan Selatan yang Sebenarnya

Fokus menyajikan makanan khas Kalimantan Selatan seperti Soto Banjar dan Ayam Bakar Banjar.

Sejarah Pemerintah Mengatur Kaum Jomlo
Tradisi
Sejarah Pemerintah Mengatur Kaum Jomlo

Jelang lebaran lalu beredar meme pertanyaan pantangan meski basa-basi, kapan nikah?

Menjajal Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara di Situ Gunung Sukabumi
Travel
Menjajal Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara di Situ Gunung Sukabumi

Pengunjung berjalan di atas jembatan gantung Situ Gunung di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sukabumi, Jawa Barat

Abdul Karim Oey, Tokoh Muslim Tionghoa Konco Kental Sekaligus Comblang Sukarno-Fatmawati
Indonesiaku
Abdul Karim Oey, Tokoh Muslim Tionghoa Konco Kental Sekaligus Comblang Sukarno-Fatmawati

Setelah dirasa perjuangan PIT masih bersifat lokal, Abdul Karim Oey berdiskusi dengan Kho Goan Tjin, pendiri Persatuan Muslim Tionghoa (PMT)

Sedap Berbumbu, Gulai Ikan Tongkol ala Aceh
Kuliner
Sedap Berbumbu, Gulai Ikan Tongkol ala Aceh

Untuk urusan boga bahari, sajian ala Aceh juga tak kalah nikmat.

Foto: Asa Tau Sumawa
Tradisi
Foto: Asa Tau Sumawa

Di Sumbawa, profesi sebagai joki bukanlah sebatas untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, tetapi benar-benar tentang kegemaran pada seekor kuda.

Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri
Travel
Asyik, dari Malioboro ke Parangtritis Kini Bisa Naik Damri

Para wisatawan yang hendak mengunjungi Pantai Parangtritis dari kawasan Malioboro ini dapat naik bus Damri.

Galeri Nasional Indonesia Mulai Terima Pengunjung
Travel
Galeri Nasional Indonesia Mulai Terima Pengunjung

Pada masa transisi ini, pengunjung hanya bisa melihat Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia di Gedung B lt. 2.

Kemendikbud Resmi Luncurkan Website Jalur Rempah
Kuliner
Kemendikbud Resmi Luncurkan Website Jalur Rempah

Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pengembangan dan Permanfaatan Kebudayaan secara resmi meluncurkan website Jalur Rempah

'First Timer' ke Bali Starter Pack
Travel
'First Timer' ke Bali Starter Pack

Tidak masalah pertama kali melancong ke Bali.