Kuliner
Cuma di Indonesia, Bumbu Masak Jadi Oleh-Oleh Pelesir Di Indonesia, bumbu masak bisa jadi oleh-oleh. (foto: Instagram @umminunung)

ORANG Indonesia punya selera unik dalam memilih oleh-oleh. Lazimnya, orang membeli oleh-oleh berupa kaus, pernak-pernik suvenir, atau makanan ringan khas daerah.

Namun, beberapa daerah di Tanah Air justru punya bumbu masakan khas yang jadi incaran pelancong untuk dijadikan oleh-oleh. Berikut Merahputih.com rangkum 4 bumbu masakan khas Nusantara yang jadi lazim dijadikan oleh-oleh.

BACA JUGA: Pecah Rekor, Seekor Kepiting Terjual Rp467 Juta

1. Terasi

terasi cirebon
Terasi Cirebon hanya terbuat dari rebon asli. (foto: informasicirebon.blogspot)

Bumbu masak hasil fermentasi udang rebon ini punya aroma yang khas. Orang Indonesia akrab dengan terasi mengingat kegemaran menyantap sambal. Ya, terasi memang jadi salah satu bahan yang membuat sambal jadi terasa sedap.

Bukan rahasia lagi bahwa terasi yang sedap berasal dari Cirebon. Bahkan, nama Cirebon sendiri erat terkait dengan pengolahan udang hingga menjadi terasi. Konon, sejak dulu mata pecaharian sebagian besar masyarakat Cirebon ialah menjadi nelayan. Mereka menangkap ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai. Selain itu, mereka juga berkreasi membuat terasi, petis, dan garam. Nama Cirebon kemudian muncul dari istilah suguhan cai-rebon, yang dalam bahasa Sunda berarti air sisa pengolahan udang rebon. Lama kelamaan, nama itu berubah menjadi Cirebon.

Mengingat terasi sudah berkembang lama di Cirebon, kamu enggak boleh melewatkan membeli terasi sebagai oleh-oleh. Yang membedakan terasi Cirebon dengan lainnya ialah bahan pembuatnya yang murni hanya udang rebon dan garam. Dengan begitu, rasa pasta udang itu jadi lebih segar dan gurih ketimbang terasi yang dicampur ikan.

Biasanya terasi khas Cirebon berbentuk gelondong atau balok yang cukup besar dengan kemasan sederhana. Sebagai oleh-oleh, pastinya terasi sangat mudah ditemukan di Kota Udang tersebut. Harganya pun bervariasi, tergantung dari persediaan udang rebon di perajin.

2. Tauco

tauco
Tak hanya batik, Pekalongan punya tauco sebagai oleh-oleh. (foto: taucoaslipekalongan)

Bukan cuma batik yang jadi andalan Pekalongan. Ada satu bahan masakan yang khas banget dari daerah tersebut, yakni tauco.

Di Pekalongan, tauco jadi bahan dasar dari soto tauto, sajian khas daerah itu. Tauco khas Pekalongan memiliki butiran kedelai utuh yang sangat empuk dan berwarna cokelat kemerahan. Rasanya tidak terlalu asin seperti tauco lainnya, sehingga lebih banyak disukai orang dan cocok sekali dibuat campuran sambal.

3. Bumbu Pecel

bumbu pecel
Bumbu pecel khas Madiun. (foto: youtube)

Nama kuliner pecel Madiun udah kesohor ke mana-mana. Jadi tidak mengherankan jika Madiun jadi asal bumbu pecel nikmat yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Meskipun bumbu pecel juga mudah ditemukan di kota lain, bumbu pecel khas Madiun punya rasa nikmat tersendiri. Bukan cuma berbahan dasar kacang tanah, cabai, dan gula merah, bumbu pecel Madiun juga memiliki tambahan jahe, kunyit, hingga gula aren. Tambahan itulah yang bikin rasanya lebih sedap daripada bumbu pecel lainnya.

Jangan lewatkan membawa bumbu pecel sebagai buah tangan dari Madiun jika melawat ke sana ya. Kamu bisa menikmati pecel Madiun nikmat di rumah tanpa ribet.

4. Bawang Goreng

bawang goreng
Bawang goreng khas Palu renyah dan bisa tahan hingga 1 tahun. (foto: wisatapalu)

Bawang goreng kan ada di mana-mana ya, apa spesialnya sampai jadi oleh-oleh ya? Bawang goreng yang jadi buah tangan dari Kota Palu, Sulawesi Tengah, ini memang spesial. Pasalnya, bahan baku bawang goreng asli Palu itu ialah bawang yang dipercaya hanya bisa tumbuh di Lembah Palu. Cirinya, kandungan airnya amat minim, lapisannya tebal, dan rasanya gurih.

Dengan karakter bahan baku bawang yang khas itu, bawang goreng yang dihasilkan pun jadi wangi dan amat garing. Saking garingnya, sampai bisa anda jadikan camilan dan tahan hingga 1 tahun. Yang pastin, bawang goreng oleh-oleh dari Palu bisa jadi pelengkap nasi goreng dan sajian lainnya.(dwi)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tank Arek Surabaya Sempat Mundur Gara-Gara Salah Amunisi
Indonesiaku
Tank Arek Surabaya Sempat Mundur Gara-Gara Salah Amunisi

Banyak di antara para pejuang cuma modal berani

Kedamaian Membumi di Danau Sentani
Travel
Kedamaian Membumi di Danau Sentani

Kata Sentani berarti 'di sini kami tinggal dengan damai'.

Jamur Pelawan, 'Truffle' Khas Negeri Aing
Kuliner
Jamur Pelawan, 'Truffle' Khas Negeri Aing

Sajian mewah saat Imlek di daerah Bangka.

Coba Kuliner Khas di Medan, Nomor Satu Non Halal
Kuliner
Coba Kuliner Khas di Medan, Nomor Satu Non Halal

Wajib mampir sebelum pulang ke rumah.

Benteng Plastik Pertahanan Pasar Genteng Surabaya Hadapi New Normal Corona
Kuliner
Benteng Plastik Pertahanan Pasar Genteng Surabaya Hadapi New Normal Corona

Berharap mulai hari ini omzet penjualan barang dagangannya bisa kembali terkatrol seperti hari-hari biasa.

Tang Yuan Sebutan Lain dari Wedang Ronde
Kuliner
Tang Yuan Sebutan Lain dari Wedang Ronde

ronde yang diambil dari bahasa Belanda yang artinya bulat.

Tradisi Nyekar Setiap Tahun Sebelum Puasa
Tradisi
Tradisi Nyekar Setiap Tahun Sebelum Puasa

Biasanya nyekar tidak hanya menaburkan bunga saja.

3 Curug Indah di Bogor yang Layak Dikunjungi
Travel
3 Curug Indah di Bogor yang Layak Dikunjungi

Banyak orang pergi ke wilayah yang masuk ke dalam provinsi Jawa Barat ini hanya untuk sekadar melepas penat

Foto: Bertahan ala Kupu-Kupu Malam
Tradisi
Foto: Bertahan ala Kupu-Kupu Malam

Pandemi Covid-19 membuat para pekerja seks komersial harus mengisolasi diri guna menghindari penyebaran virus. Seperti yang dialami salah satu pekerja seks komersial di Jakarta

Mengenang Pemilik Gudeg Legendaris di Yogyakarta
Indonesiaku
Mengenang Pemilik Gudeg Legendaris di Yogyakarta

Mbah Lindu telah berjualan sejak umur 13 tahun di mana negara Indonesia belum merdeka.