Cihandarusa Taman Snorkeling dan Diving di Ujung Kulon Spot snorkeling Cihandarusa, Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Foto: Screenshot Youtube)

MerahPutih Wisata - Pulau Peucang disebut-sebut sebagai surga snorkeling dan diving. Spot penyelaman dan snorkeling atau menyelam permukaan yaitu di Cihandarusa. Pulau Peucang masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pulau Peucang berada di Selat Panaitan dengan luas sekitar 450 hektare. Wisata bawah laut di Pulau Peucang disebut-sebut salah satu yang terbaik di Indonesia.

Salah satu alasan pengunjung datang ke Pulau Peucang adalah pengalaman menikmati kehidupan bawah laut. Hanya ditempuh dalam 15 menit, Anda akan masuk ke taman bawah laut yang indah. Terumbu karang bak lukisan dapat terlihat meski masih di atas perahu.

Dengan snorkeling dan diving, gugusan terumbu karang Cihandarusa dapat dinikmati lebih dekat. Beragam ikan akan menemani Anda berenang. Tidak berlebihan jika beberapa pengunjung yang pernah datang menjuluki pulau ini "dream island".

Bagi Anda seorang pemula, tak usah khawatir. Pemandu profesional di Pulau Peucang siap bantu mewujudkan keinginan Anda untuk menjelajahi kebeningan air Cihandarusa. Perlengkapan dan jasa perahu sudah disediakan. Setelah turun, Anda tidak akan berhenti berdecak kagum.

Akses menuju Pulau Peucang menggunakan kapal sewa dari Kecamatan Sumur, sekira 2-3 jam perjalanan. Akses lain yang banyak menyediakan jasa perjalanan wisata yaitu dari Labuan menuju pulau-pulau kecil destinasi wisata di Taman Nasional Ujung Kulon. Labuan-Pulau Peucang memakan waktu 4-5 jam perjalanan.

Sarana wisata tersedia di Pulau Peucang. Termasuk penginapan, restoran, dan pusat informasi wisata. Pulau kecil ini selalu masuk daftar utama perjalanan wisata ke Ujung Kulon. Jika Anda ingin mengenal wisata bawah laut di ujung barat Pulau Jawa, sesuai namanya "kulon" yang berarti barat dalam bahasa Sunda, kunjungan ke Pulau Peucang layak diagendakan.


BACA JUGA:

  1. Peninggalan Hindu di Pulau Panaitan Ujung Kulon
  2. Pulau Panaitan Surga Para Peselancar di Ujung Kulon
  3. Pulau Handeulum Tempat Kemah Favorit di Ujung Kulon
  4. Sungai Cigenter Amazonnya Banten di Ujung Kulon
  5. Serunya Arung Jeram di Sungai Ciberang Banten

 



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH