Games

CEO Xbox Siap Tarik Lebih Banyak Developer Game

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 21 Oktober 2021
CEO Xbox Siap Tarik Lebih Banyak Developer Game
Phil Spencer, CEO Xbox saat melakukan talk show di Wall Street Journal. (Foto: Xbox Generation)

SETELAH mebawa developer game Bethesda menjadi bagian keluarga Xbox, Phil Spencer selaku CEO perusahaan itu akan lebih banyak menggaet bahkan mengakuisisi beberapa developer game ternama. Hal tersebut ia bungkus dengan kata-kata 'kita belum selesai' dalam talk show-nya di Wall Street Journal pada 17 Oktober 2021.

Mengutip laman Gamespot, Spencer akan 'mengajak' beberapa developer game ternama maupun indie ke dalam keluarga Xbox. Ia tidak menyebutkan batasan berapa banyak developer yang akan ia ambil, bahkan tidak memberikan timeline untuk rencananya. Bila pihak developer game tertarik dan cocok untuk Xbox juga Microsoft, Spencer akan langsung melakukannya.

Baca juga:

Microsoft Flight Simulator akan Segera Tersedia di Xbox Seri X

CEO Xbox Siap Tarik Lebih Banyak Developer Game
Cicit Tom Warren yang mengatakan Phil Spencer siap tarik lebih banyak developer game untuk Xbox. (Foto: Twitter/@tomwarren)

Spencer masih belum memberikan indikasi developer game seperti apa yang akan ia ajak untuk bergabung. Tetapi dengan pemahamannya untuk pasar di Jepang, kemungkinan ia akan melirik beberapa developer game dari Negeri Matahari Terbit itu.

Sebelumnya, Microsoft telah mengambil banyak developer dan bahkan melakukan akuisisi pada developer game ternama, yakni Bethesda dan ZeniMax.

Studio di balik suksesnya seri game The Elder Scrolls, Fallout, dan Doom tersebut mereka ajak bergabung dengan bayaran hingga Rp 105 triliun, demi penggarapan game dan manajerial pada game Bethesda dan ZeniMax. Akuisisi tersebut menjadikan Microsoft sebagai perusahaan yang memiliki 23 studio game dari developer ternama di dunia.

Proses yang dilakukan Microsoft menempatkan perusahaan tersebut jauh di depan dibandingkan dengan kompetitornya. Sony bahkan baru membeli beberapa studio pada kuartal terakhir 2021, di antaranya Bluepoint, Firesprite, Nixxes, dan Housemarque.

Baca juga:

'Oddworld: Soulstorm' Bisa Dimainkan di Xbox

Bahkan Microsoft juga mengklaim, bahwa beberapa layanan berbayar yang mereka sediakan seperti Xbox Game Pass memiliki lebih banyak pelanggan dibanding kompetitor, dengan total 30 juta pelanggan yang diumumkan pada awal 2021. Microsoft membuat layanan tersebut dapat digunakan di perangkat Xbox dan PC dengan sistem operasi Windows, untuk mendapatkan beberapa game gratis.

Setelah Bethesda dan ZeniMax, kira-kira developer game mana lagi yang akan Microsoft tarik untuk penggarapan game eksklusif pada konsol teranyarnya? Termasuk konsol next-gen Xbox Series X dan S, yang saat ini menjadi pilihan gamer selain Sony PlayStation 5. (dnz)

Baca juga:

Kulkas Mini Xbox Series X

#Game #Xbox #Microsoft
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan