Relasi

Cemburu Berlebihan Enggak Sehat, Kontrol Rasa Cemburumu dengan Cara Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 20 April 2019
Cemburu Berlebihan Enggak Sehat, Kontrol Rasa Cemburumu dengan Cara Ini
Yang membuat kamu cemburu karena kamu kurang percaya diri (Foto: Pexels/Pixabay)

CEMBURU kepada pasangan merupakan hal wajar. Namun, kalau kamu terlalu cemburuan, hal itu bisa jadi enggak sehat. Sebentar-sebentar kamu bisa curiga terus dengan dia. Akhirnya, kamu dan dia pun bisa sama-sama merasa enggak nyaman.

Oleh karena itu. Kamu harus bisa mengontrol rasa cemburu kamu. Sebenarnya penyebab utama yang bikin kamu cemburuan. Karena pada dasarnya kamu pun kurang percaya diri dengan diri kamu sendiri.

Jadi, cemburu boleh-boleh saja asal ada batasannya. Mengutip laman Lifehack, cara ini bisa kamu lakukan. Supaya kamu enggak keterlaluan cemburu kepadanya.

1. Berpikir lebih logis

Pikiran dan perasaan harus seimbang
Pikiran dan perasaan harus seimbang (Foto: Pexels/bruce mars)

Kamu harus memiliki pemikiran yang logis. Jangan selalu mengandalkan perasaan kamu saja. Mungkin hati kamu mengatakan. Bahwa ada seseorang yang mendekatinya. Tapi jika kamu berpikir logis. Kamu enggak akan pernah memiliki pemikiran seperti itu.

Pikiran kamu akan lebih luas lagi jka berpikir lebih logis. Misalnya mungkin saja memang ada seseorang yang mendekatinya. Tapi pikiran kamu akan mengatakan bahwa kedekatannya dengan seseorang hanya sebatas urusan pekerjaan atau hal profesional lainnya. Bukan karena adanya ikatan asmara. Jadi pikiran dan perasaan harus seimbang.

2. Komunikasi, komunikasi, dan komunikasi

Pentingnya komunikasi dengan pasangan
Hidupkan komunikasi dua arah dengannya (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Hal yang satu ini penting banget. Dalam suatu hubungan harus ada komunikasi dua arah. Ingat, pasangan kamu bukanlah peramal yang bisa membaca isi pikiran kamu. Jadi kamu harus selalu menghidupkan komunikasi dua arah dengannya.

Kalau kamu merasa cemburu dengan seseorang. Komunikasikan dengannya. Katakan kepadanya kamu enggak nyaman jika dia dekat dengan orang itu. Tapi jangan sambil marah-marah. Berkomunikasilah secara baik-baik dan rasional. Dengan begitu, kamu berdua bisa menemukan solusi bersama. Untuk menghilangkan rasa cemburu tersebut.

Baca juga:

Apa Harus Selalu Pria yang Membayar Segala Kebutuhan?

3. Berhenti membandingkan diri kamu dengan orang lain

Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing
Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing (Foto: Pexels/Pixabay)

Kamu harus mulai mencintai diri kamu sendiri. Jangan bandingkan diri kamu dengan orang lain. Inilah yang membuat kamu jadi kurang percaya diri. Kemudian kamu merasa pasangan kamu. Lebih menyukai kepribadian orang lain tersebut.

Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Jangan selalu merasa rendah. Cobalah untuk melihat ke bawah. Ada orang yang mungkin lebih memiliki kekurangan dari kamu. Bukan untuk menghakimi. Tapi supaya kamu bisa menempatkan pikiranmu ke dalam perspektif.

4. Jangan mengekang dia

Berikan dia kepecayaan
Berikan dia kepercayaan (Foto: Pexels/Vera Arsic)

Terlalu mengekangnya akan membuat dia enggak nyaman. Kamu sendiri pun akan selalu merasa gelisah. Daripada mengekangnya lebih baik berikan dia kepercayaan. Jika kamu percaya dengannya. Maka dia akan menghargai kepercayaan yang telah kamu berikan. (ikh)

#Bercinta #Percintaan #Cemburu Buta
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan