Cegah Virus Corona Saat Traveling Cegah virus corona (Foto: Pixabay/geralt)

TRAVELING memang salah satu cara untuk merecharge diri dari rutinitas sehari-hari. Sayangnya wabah virus corona yang menghantui berbagai negara membuat kita khawatir untuk traveling.

Namun mewabahnya virus corona bukan berarti kita tidak boleh berpergian ke mana-mana. Merahputih.com akan memberikan beberapa tips aman untuk traveling di tengah mewabahnya virus corona yang dilansir dari Open-Trip.id.

Baca juga:

Tiga Masker Konyol yang Dipakai Guna Menangkal Corona

1 Memeriksa fisik sebelum traveling

Memeriksa kesehatan (Foto: Pixabay/Lazare)
Memeriksa kesehatan (Foto: Pixabay/Lazare)


Virus akan menyerang seseorang ketika kekebalan tubuhnya sedang menurun. Oleh karena itu sangat penting bagi kita menjaganya guna perlindungan awal menangkal virus corona. Mememriksa kondisi kesehatan sebelum berangkat traveling juga penting untuk memperkecil kemungkinan kita tertular virus selama liburan.

2. Cuci Tangan

Cuci tangan (Foto: Pixabay/Gentle07)
Cuci tangan (Foto: Pixabay/Gentle07)

Selain kondisi fisik yang prima, kebersihan diri juga merupakan hal utama yang dapat membantu kamu terhindar dari paparan virus berbahaya seperti corona. Sebelum dan setelah menyentuh makanan, benda-benda, atau bahkan wajah kita usahakan untuk mencuci tangan. Gunanya yakni membunuh beberapa virus, bakteri dan mikroba penyebab penyakit.

3. Pakai Masker

Pakai masker (Foto: Pixabay/coyot)
Pakai masker (Foto: Pixabay/coyot)


Pada ahli kesehatan memang tak menyarankan untuk mengenakan masker jika di dalam rumah. Tapi saat kamu berada di keramaian termasuk tempat wisata, masker adalah benda yang penting untuk menangkal virus dan bakteri. Kamu tak akan tahu di sana ada yang sakit atau tidak. Kamu juga harus ingat untuk menjaga jarak dengan orang yang sedang flu atau batuk.

Baca juga:

Antisipasi Corona, Twitter Imbau Karyawannya Kerja dari Rumah

4. Konsumsi Makanan Sehat

Knsumsi makanan sehat (Foto: Pixabay/silviarita))
Knsumsi makanan sehat (Foto: Pixabay/silviarita)

Walaupun kamu ada di tempat wisata, bukan berarti kamu bebas mengonsumsi makanan apapun. Kamu harus tetap memilih makanan gizi seimbang. Sebaiknya banyak makan sayur dan buah. Virus corona dapat dicegah dengan menjaga imunitas tubuh. Namanya virus, tak akan masuk ketika kamu sehat.


5. Jangan kontak dengan hewan

Jangan kontak dengan hewan (Foto: Pixabay/aknourkova)
Jangan kontak dengan hewan (Foto: Pixabay/aknourkova)

Kementerian kesehatan menyarankan untuk menghindari kontak dengan hewan guna mencegah penyebaran virus corona. Begitupun kalau kamu berada di tempat wisata, tidak menyentuh hewan yang ada di sana adalah keputusan yang bijak. Lagipula kamu masih bisa kok ambil gambar dalam jarak jauh.


6. Tetap Berolahraga

Tetap berolahraga (Foto: Pixabay/klimkin)
Tetap berolahraga (Foto: Pixabay/klimkin)


Tetap berolahraga dan istirahat yang cukup juga sangat dianjurkan meski kamu sedang liburan. Apalagi kalau kamu menginap di lokasi wisata. Kamu bisa stretching di penginapan saat pagi haru sebelum memulai aktivitas. Seperti mengonsumsi makanan seimbang, olahraga juga berfungsi memperkuat imunitasmu.


7. Jangan konsumsi daging mentah

Jangan mengonsumsi daging mentah (Foto: Pixabay/RitaE)
Jangan mengonsumsi daging mentah (Foto: Pixabay/RitaE)

Menghindari makan makanan yang mentah juga bisa mencegah penularan virus corona. Usahakan makanan yang akan kamu konsumsi dimasak dengan baik. Karena di tempat wisata sangat mungkin kamu dapat makanan setengah matang atau mentah. (Yni)

Baca juga:

Waspada, Perokok Aktif Lebih Berisiko Terinfeksi Virus Corona


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH