Tiga Masker Konyol yang Dipakai Guna Menangkal Corona Salah satu masker konyol yang dipakai masyarakat Indonesia untuk menangkal corona (Sumber: Instagram/@ppdsgram)

MASKER menjadi barang langka di Indonesia. Begitu langkanya hingga banyak orang yang rela membayar mahal untuk masker sekali pakai. Padahal, para pakar kesehatan dunia menghimbau kita untuk tidak memakai masker jika tidak mengalami penyakit apapun.

"Baik orang dewasa atau anak-anak, kalau memang tidak sakit tidak perlu pakai masker," tegas Ketua Indonesia Influenza Foundation, Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), PhD.

Untuk memproteksi tubuh dari virus corona, Dokter Cissy menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang serta rajin minum air putih.

"Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan supaya antibodi kita bisa melindungi diri dari virus. Rutin minum air putih karena tenggorokan yang kering bisa memicu virus masuk ke tubuh," ujarnya.

BACA JUGA:

Di Tengah Kepanikan Virus Corona, Ini Alasan Kamu Tak Perlu Beli Masker

Kendati demikian, masih saja ada orang yang ngeyel dan lebih memilih untuk memborong masker daripada menjaga asupan gizinya. Ketakutan dan kepanikan tersebut membuat sebagian orang tak masalah membuang uang atau bahkan terlihat konyol dengan pilihan masker yang tidak biasa. Berikut tiga masker konyol yang dipakai orang Indonesia:

1. Masker Kimia

Masker Konyol
Masker Kimia (Sumber: Instagram/@ppdsgram)

Masker ini berfungsi untuk menahan debu dan logam berat agar tidak masuk ke sistem pernapasan. Lazimnya, masker seperti ini dikenakan oleh para graffiti artist agar residu dari cat tidak mengganggu pernapasan mereka. Namun, seorang reporter dari sebuah stasiun televisi justru menggunakannya untuk menangkal virus corona saat sedang peliputan.

Sontak hal tersebut mengundang reaksi beragam dari masyarakat. Salah satunya adalah dokter muda, Tirta Mandira Hudhi. Lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Gajah Mada ini tampak geram. "Pake gas mask buat menangkal virus? Ayolah dokter enggak ada yang pernah pakai itu bosku ketika operasi. Bahkan dokter di afrika ketika brantas ebola enggak gitu banget," tulisnya di akun Instagram miliknya.

BACA JUGA:

Cara Tepat Lindungi Anak Dari Virus Corona

2. Gas Mask

Masker Aneh
Supir ojek online dengan gas mask (Sumber: Instagram/@ppdsgram)

Salah seorang pengguna Instagram mengunggah video pengendara supir ojek online yang mengenakan masker tak biasa. Masker yang digunakan oleh driver tersebut rupanya adalah gas mask. Gas mask yang menutupi seluruh bagian wajah dan dilengkapi selang panjang layaknya belalai tersebut biasa digunakan di zona berbahaya.

Salah satu zona berbahaya yang pernah memanfaatkan masker jenis ini adalah wilayah Chernobyl, Rusia. Kala itu, wilayah Chernobyl sedang mengalami perang nuklir sehingga menuntut masyarakat, baik sipil atau militer untuk memakai masker ini agar tidak terpapar radiasi nuklir dan zat kimia berbahaya lainnya.

3. Popok Bayi

Masker Konyol
Memanfaatkan popok bayi sebagai masker (Sumber; Instagram/@insta.nyinyir)

Sulit mencari masker membuat setiap orang memutar otak sedemikian rupa dan mencari benda yang bisa diberdayakan sebagai masker. Salah satunya seorang pria yang tak diketahui identitasnya berikut.

Ia nekad memanfaatkan benda apapun yang ada di rumahnya. Salah satunya adalah popok bayi. Dirinya terlihat memanfaatkan popok bayi sebagai penutup hidung dan mulutnya. (avia)

BACA JUGA:

Deteksi Virus Corona Kini Bisa Lewat Smartphone

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH