Cegah Botak, Mudah! Masalah kebotakan sangat dikhawatirkan pria. (Foto: Pixabay/msandersmusic)

PRIA sama saja dengan perempuan. Ketika rambut mulai menipis dan cenderung menjadi botak, maka mulailah uring-uringan. Dari beberapa literasi yang ada botak atau kebotakan bisa terjadi memang karena fakror genetika.

Menurut sumber yang dirangkum merahputih.com, kebotakan merupakan penyusutan garis rambut dan penyempitan folikel atau kantung akar rambut. Ini merupakan hasil dari perubahan hormon yang disebabkan oleh enzim dalam dermal papila yang disebut dengan alpha reductase.

Baca Juga:

Pilih Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah

botak
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kebotakan. (Foto: Pexels/Clem Onojeghuo)

Enzim ini mengubah hormon testosteron menjadi dihydrotestosteron (DHT). Sementara folikel memiliki penerima androgen yang mengikat DHT. Ke,Kemudian dalam jangka waktu lama, kelebihan DHT dapat menurunkan tahap pertumbuhan rambut yang aktif. Fasktor penyebab kebotakan bisa diakibatkan karena anemia, tiroid yang kurang aktif, infeksi jamur di kulit kepala, penggunaan obat tertentu, zat kimia, faktor usia, dan stres.

Bila rontok karena anemia, banyaklah mengonsumsi zat besi serta perawatan herbal yang mengandung seng magnesium dan vitamin E. Pengobatan secara rutin dengan Minoxidil atau Regaine, juga dapat mencegah dan memperlambat kebotakan.

Finasteride atau Propecia menjadi pilihan obat yang dapat mencegah aksi hormon pria untuk memicu produksi DHT. Hati-hati dengan obat ini, efek sampingnya menyebabkan impotensi dan ejakulasi abnormal bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Baca Juga:

3 Tips Sederhana untuk Para Pria yang Berencana Memanjangkan Rambut

pria
Faktor genetika membuat pria mengalami kebotakan. (Foto: Pexels/fauxels)

Terapi Revivogen atau terapi perawatan kulit kepala dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk merangsang pertumbuhan rambut sehat dan memerangi penyebab kerontokan rambut. Terapi ini memakan waktu sekitar 4-6 minggu.

Jalan pintas mengatasi kebotakan dengan transplantasi rambut. Caranya dengan mengambil jaringan kulit yang mengandung folikel rambut dari jaringan yang sehat.

Cara alami untuk mengatasi kebotakan dengan mengonsumsi almond yang mengandung protein, zat besi dan vitamin E yang melawan kebotakan. Buah jeruk dengan vitamin Cnya dapat memerangi kerontokan rambut. Vitamin A, B-6, protein dan asam lemak untuk menjaga kesehatan rambut yang ada pada ikan. Kemudian kedelai dengan kandungan zat besinya memproduksi hemoglobin untuk membantu mengalirkan oksigen ke jaringan tubuh. Sehingga membantu proses pertumbuhan rambut. (psr)


Baca Juga:

Mitos Rambut Pria yang Perlu Diketahui, Benar atau Salah?

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH