Film

Cate Blanchett dan Leonardo DiCaprio untuk Nominasi Film Terbaik Oscar 2022

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 31 Januari 2022
Cate Blanchett dan Leonardo DiCaprio untuk Nominasi Film Terbaik Oscar 2022
Kerja sama Leonardo DiCaprio dan Cate Blanchett dengan film maker besar kemungkinan akan terus berlanjut. (Foto: yimg)

PENGHARGAAN best picture didambakan oleh setiap studio dan pembuat film. Untuk mencapainya, para film maker harus memiliki kekuatan untuk merekrut bintang papan atas.

Pemenang Oscar Leonardo DiCaprio dan Cate Blanchett, sama-sama telah membuktikan bahwa nama mereka memiliki kekuatan bintang, karena muncul dalam sejumlah film nomine (dan pemenang) best picture Oscar.

Setelah DiCaprio membintangi Don't Look Up bersama Blanchett yang ikut membintangi film calon nomine best picture lain: Nightmare Alley, keduanya memiliki peluang kuat untuk mendekati, atau mungkin memecahkan rekor.

Baca juga:

Akting Dakota Johnson di ‘The Lost Daughter’ Bisa Masuk Nominasi Oscar

Cate Blanchett dan Leonardo DiCaprio untuk Nomine Oscar Best Picture
Film komedi satir Don't Look Up menandai penampilan kedua mereka setelah 'The Aviator'. (Foto: nflximg)



Penampilan ganda Blanchett dalam dua film bisa membuatnya memecahkan rekor signifikan untuk aktor perempuan. Aktris pemenang Oscar dua kali itu telah berperan dalam tujuh film yang masuk nominasi best picture Academy Awards: Elizabeth (1998), trilogi The Lord of the Rings (2001, 2002, 2003), The Aviator (2004), Babel (2006) dan The Curious Case of Benjamin Button (2008).

Blanchett saat ini dalam posisi seri dengan delapan perempuan lain yang memiliki pencapaian yang sama yang sama: Beulah Bondi, Gladys Cooper, Bette Davis, Katharine Hepburn, Deborah Kerr, Elsa Lanchester, Meryl Streep dan Elizabeth Taylor.

Hanya bintang Gone with the Wind, Olivia de Havilland yang memiliki lebih banyak peran dengan delapan film nomine best picture. Dengan dua film andalan tahun ini: Don't Look Up Adam McKay dan Nightmare Alley Guillermo del Toro, Blanchett bisa menyamakan atau melampaui rekor lama de Havilland, sehingga membuat catatan sejarah Oscar.

Fakta yang menyenangkan untuk diingat adalah lawan mainnya di Don't Look Up DiCaprio pernah terikat kontrak dengan Nightmare Alley sebelum keluar dan digantikan oleh aktor dan produser Bradley Cooper. Jadi intinya, ada hampir dua film andalan Leo-Cate tahun ini.

Film komedi satir McKay menandai penampilan kedua mereka setelah The Aviator karya Martin Scorsese, di mana Blanchett memenangkan penghargaan supporting actress dalam Oscar untuk peran (secara kebetulan) Katharine Hepburn.

Baca juga:

Debut Sebagai Sutradara, Akankah Hally Berry Masuk Nominasi Oscar?

Cate Blanchett dan Leonardo DiCaprio untuk Nomine Oscar Best Picture
Cate Blanchett dan Leonardo DiCaprio pertama kali beradu akting dalam The Aviator karya Martin Scorsese. (Foto: uproxx)

DiCaprio juga dinominasikan, tapi akhirnya baru bisa menang dalam film thriller balas dendam The Revenant (2015). Pada tahun yang sama Blanchett dinominasikan lagi untuk Carol, yang meleset dan gagal masuk nominasi film terbaik yang seharusnya bisa membawanya dalam posisi seri di tempat teratas.

DiCaprio telah muncul dalam sembilan nominasi, jumlah yang sama dengan Gary Cooper, Tom Hanks, William Holden dan Spencer Tracy. Terlepas dari perbedaan kritis untuk film Netflix Don't Look Up dari Adam McKay, karya itu mendapatkan sambutan hangat dalam sirkuit penghargaan, dengan pengakuan dari Screen Actors Guild dan Critics Choice Awards di kategori teratas.

Jika film tersebut menerima nominasi untuk film terbaik, DiCaprio akan berada dalam posisi seri dengan tiga kali pemenang Oscar Jack Nicholson, yang muncul dalam 10 nominasi film terbaik. Dia hanya akan berada pada posisi kedua, masih di bawah pemenang Oscar dua kali Robert De Niro, dengan rekor 11 film yang masuk best picture, dimulai dengan The Godfather Part II (1974) hingga The Irishman, dan Joker (2019).

Yang paling menarik dari Leonardo DiCaprio dan Cate Blanchett adalah bahwa masa depan mereka dengan pembuat film terkenal kemungkinan akan terus berlanjut selama beberapa tahun ke depan.

DiCaprio bekerja sama kembali dengan Scorsese pada dua proyeknya yang akan datang: The Killers of the Flower Moon untuk Apple Original Films dan Roosevelt untuk Paramount Pictures.

Selain itu, Blanchett memiliki banyak peran menarik yang akan datang, seperti dalam A Manual for Cleaning Women karya Pedro Almodóvar, film berbahasa Inggris pertamanya, yang juga akan diproduksinya.

Aktris ini juga akan muncul di TÁR dari Todd Field, Pinocchio dari Guillermo del Toro, dan Borderlands dari Eli Roth, dengan proyek lain yang mungkin sedang dikerjakan: Megalopolis karya Francis Ford Coppola, yang dikabarkan akan dia main di dalamnya bersama Oscar Isaac and Zendaya.

Kita lihat saja apakah momentum penghargaan Blanchett dan DiCaprio bisa berlanjut. Pemungutan suara Oscar telah dibuka pada hari Kamis (27/1) dan ditutup pada Selasa (1/2). Nominasi akan dibacakan pada Selasa (8/2), sementara malam penghargaan akan berlangsung pada Minggu (27/3). (aru)

Baca juga:

Oscar kembali Menampilkan Host untuk Pertama Kali sejak 2018

#Film #Oscar #Academy Awards #Leonardo DiCaprio #Aktor Hollywood
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan