Dahsyat! 5 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Usai Pesta Lebaran Turunkan kolesterol dengan deretan makanan ini (Foto: pixabay/foodiefactor)

MUNGKIN kamu kerap mendengar jika kolestrol buruk bagi kesehatan. Padahal, hal itu tak sepenuhnya bernar loh guys.

Sebab, terdapat pula jenis kolesterol yang justru dibutuhkan oleh tubuh. Apabila HDL (High-Density Lipoprotein/Kolestrok baik) terbukti bermanfaat bagi tubuh. Karena bisa membuang lemak dari saluran pembuluh darah.

Sementara LDL (Low-Density Lipoprotein/Kolesterol jahat) dan Trigliserida lah jenis kolesterol yang harus kamu hindari. Karena akumulasi dua senyawa tersebut bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular.

Mengingat hal tersebut, seperti yang dilansir dari laman Go Dok, berikut ini 5 buah makanan yang terbukti mampu mengontrol sekaligus menekan kolesterol jahat.

1. Beras Merah

Beras merah sangat kaya akan kandungan vitamin dan gizi (Foto: pixabay/aviavlad)

Selain menjadi sumber karbohidrat harian. Beras merah pun kaya akan vitamin B, Selenium, Magnesium dan fitonutrien. Kandung serat pada beras merah pun rupanya bagus untuk menurunkan kadar gula serta lemak darah.

2. Avokad

Avokad bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk (Foto: pixabay/stevepb)

Jarang diketahui jika avokad mengandung banyak kolesterol baik. Seperti halnya asal oleat serta lemak tak jenuh. Selain itu, Avokad pun kaya akan serat pangan yang bisa membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

3. Bawang Putih

Bawang putih bisa menurukan kolesterol hingga 12% (Foto: pixabay/stevepb)

Pada setengah siung bawang putih mentah yang kamu konsumsi setiap hari, bisa menurunkan kolesterol sebanyak kurang lebih 9%-12%.

Hal itu lantaran bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan juga LDL.

4. Tomat

Tomat bisa mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL)(Foto: pixabay/loggawiggler)

Makanan yang keempat yaitu Tomat, dimana merupakan sumber likopen yang baaik bagi tubuh. Hal itu lantaran mampu mengurangi kadar kolesterol LDL. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kamu disarankan mengolahnya menjadi sup atau jus.

5. Anggur

Anggur bisa mencegah kolesterol jahat (Foto: pixabay/jillwellington)

Tahukah kamu jika pada sebutir anggir, terdapat senyawa flavonoid? Dimana mempunyai manfaat untuk mencegah kerusakan serta penggumpalan trombosit. Akibat dari serangan radikal bebas yang bersumber dari kolesterol jahat.

Baca juga:

Usai Berpuasa Sebulan Penuh, Jaga Stamina di Hari Lebaran dengan Tips Simpel Ini

Itu dia 5 makanan yang bisa menurunkan kolesterol kamu usai 'makan enak' selam libur lebaran guys. Ingat kesehatan itu penting, semoga bermanfaat. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH