Smartphone

Sejak Update iOS 14, iPhone Punya Tombol Rahasia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 02 November 2020
Sejak Update iOS 14, iPhone Punya Tombol Rahasia
Fitur Back Tap terletak di bagian belakang iPhone. (Foto: The Verge)

BEBERAPA waktu lalu, Apple merilis iOS 14 ke sejumlah perangkat miliknya. Selain kehadiran Widget yang membuat tampilan screen jadi lebih rapi, ada tombol rahasia yang disematkan bersamaan update iOS 14. Apakah kalian menyadarinya?

Ya, tombol yang dimaksud adalah fitur Back Tap yang memungkinkan kamu dapat menjalankan fungsi tertentu di gawai dengan cara mengetuk bagian belakang dari iPhone.

Mengutip laman The Verge, Back Tap mengubah bagian belakang iPhone-mu menjadi tombol yang peka terhadap sentuhan. Cukup dengan mengetuk dua atau tiga kali, maka tombol tersebut akan berfungsi.

Uniknya, informasi lebih lanjut mengenai fitur Back Tap ini diselipkan Apple di bagian menu Accessibility. Tujuan dari fitur ini adalah memberikan pengguna lebih banyak opsi untuk berinteraksi deng perangkat mereka. Kalian bisa menggunakan Back Tap untuk menelusuri web, Siri, atau mengambil screenshot.

Baca juga:

Hadirkan Fitur Baru, Begini Cara Update iOS 14 dan iPadOS 14

Sejak Update iOS 14, iPhone Punya Tombol Rahasia
Kamu bisa mengaksesnya di bagian Accestibility. (Foto: The Verge)

Hal tersebut bisa diatur melalui aplikasi Shortcut yang terdapat di iPhone. Dengan adanya shortcut ini diharapkan membuat tombol baru dapat digunakan secara efektif.

Sejauh ini, fitur Back Tap cukup responsif. Perpaduan antara perangkat lunaknya dengan perangkat keras mampu membedakan ketukan yang disengaja atau hanya memegang iPhone saja. Tombol seperti ini hampir tidak pernah terdengar untuk perangkat iOS.

Back Tap menggunakan kembali sensor dan perangkat keras yang tidak tersedia sebelumnya. Ini adalah tombol fisik baru yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi. Tombol fisik adalah bentuk interaksi yang paling efektif.

Itulah mengapa Samsung bersikeras pada tombol Bixby yang dipesan terlebih dahulu dan mengapa Netflix bisa dibayar melalui kendali Roku.

Baca juga:

iOS 14 Mampu Tangkap Mata-Mata

Sejak Update iOS 14, iPhone Punya Tombol Rahasia
iOS 14 menghadirkan fitur Wigdet. (Foto: MacRumors)

Sebenarnya, fitur Back Tap sendiri bukan pertama kali dihadirkan oleh Apple di iPhone. Google sendiri sudah pernah menguji coba fitur tersebut secara terbatas di Android 11. Tapi juga ada beberapa pengembang yang menghadirkan aplikasi di Android agar bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Buat kamu yang belum update ke iOS 14, bisa pergi ke pengaturan, umum, pilih pembaruan perangkat lunak, lalu klik unduh dan pasang. (and)

Baca juga:

Widget Baru Spotify Telah Tersedia di iOS 14

#IPhone #Apple #Teknologi #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan