Begini Cara Mudah Menambang Bitcoin istimewa

Cara menambang Bitcoin yang benar harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk memulai menambang Bitcoin. Kenapa demikian? Tahu hal semacam ini bisa sangat membantu agar supaya apa yang Anda lakukan bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Yang perlu Anda pahami sekarang adalah menambang Bitcoin ini merupakan tindakan yang legal. Namun yang perlu diperhatikan sebelumnya adalah terlebih dahulu Anda juga harus melakukan proses verifikasi hash SHA256 ronde berganda. (Baca juga: Seberapa Perlu Payment Gateway untuk Bisnis Kamu?)

Hal semacam ini dimaksudkan untuk menvalidasi transaksi Bitcoin serta membentuk keamanan yang menjadi syarat utama untuk buku besar (ledger) umum yang ada di dalam jaringan Bitcoin itu sendiri. Jadi kecepatan dalam menambang Bitcoin akan diukur dalam hash per detik.

Cara Mulai Menambang Bitcoin

cara menambang bitcoin

Ketika ingin mulai menambang Bitcoin, sebaiknya sediakan piranti keras sebagai media untuk menambang Bitcoin. Pada awal kemunculannya, Anda masih bisa menambang dengan menggunakan CPU ataupun dengan menggunakan Chip ASIC Bitcoin.


Tapi untuk sekarang ini, kedua media tersebut sudah tidak memungkinkan lagi. Sebaiknya gunakan Chip ASIC Bitcoin rancangan khusus yang bisa memberikan kinerja sampai 100 kali lipat kemampuan sistem-sistem yang sebelum-sebelumnya sudah ada.

Bahkan piranti keras yang satu inilah yang saat ini paling banyak digunakan oleh industri penambang Bitcoin. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan proses penambangan Bitcoin, jangan sampai Anda memilih piranti keras yang kurang kompeten.

Manfaatkan Layanan Penambang Bitcoin Terbaik

layanan bitcoin

Ketika ingin menambang Bitcoin, cara lain yang bisa Anda pilih adalah dengan membeli kontrak menambang Bitcoin lewat could. Cara yang keduanya ini bisa dikatakan akan lebih menyederhanakan proses. Tapi yang perlu Anda perhatikan juga adalah cara kedua ini lebih beresiko. Kenapa? Sebab dalam hal ini Anda tidak benar-benar mengendalikan perangkat keras yang Anda gunakan untuk proses penambangan.

Bahkan perahnya lagi banyak kejadian berbagai penipuan menambang Bitcoin lewat layanan could semacam ini. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berpikir matang-matang terlebih dahulu sebelum memilih cara yang kedua ini. Jangan sampai Anda tertipu lantaran memilih cara yang salah saat menambang Bitcoin.

Menambang Bitcoin Dengan Piranti Lunak Gratis

software bitcoin

Cara menambang Bitcoin dengan memanfaatkan piranti lunak gratis ini dikatakan sebagai cara mudah ketika ingin memulai menambang Bitcoin. Lalu bagaimana langkahnya?

Setelah Anda memperoleh piranti lunak untuk menambang Bitcoin, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah unduh program khusus untuk menambang Bitcoin. Apalagi saat ini sudah ada banyak pilihan program yang bisa digunakan untuk menambang Bitcoin.

Dari kesumua program penambang Bitcoin tersebut, ada dua yang sampai saat ini paling populer. Pertama adalah CGminer dan kedua adalah BFGminer. Keduanya ini merupakan program dari baris perintah (Command Line).
Tetapi jika Anda lebih suka dengan kemudahan yang disediakan oleh antarmuka (GUI), tidak ada salahnya untuk mencoba EasyMiner, salah satu program penambang Bitcoin yang tinggal klik langsung bisa berjalan di Windows atau Linuk atau Android. (Baca juga: Mulai Banyak Digunakan, Ini Kelemahan Uang Elektronik)

Jika melihat kemajuan teknologi yang semakin pesat, menggunakan media piranti lunak untuk menambang Bitcoin adalah pilihan yang sangat tepat. Tapi jangan sampai lupa untuk memilih piranti lunak terbaik.

Bergabung Ke Komunitas Penambang Bitcoin

Ketika dirasa sudah siap untuk menambang Bitcoin, sebaiknya langsung bergabung ke kumpulan atau komunitas para penambang Bitcoin. Kumpulan dari penambang Bitcoin ini sebanarnya merupakan sebuah kelompok para penambang Bitcoin yang bekerja secara bersamaan dengan tujuan untuk memecahkan satu blok dan mengambil berbagai imbalan yang bisa didapatkan.

Sebab tanpa kumpulan penambang Bitcoin semacam ini, Anda bisa saja sudah menambang Bitcoin dalam jangka waktu yang cukup lama tapi belum bisa mendapatkan Bitcoin apapun. Maka dari itu, akan jauh lebih memudahkan jika hal tersebut dilakukan secara bersama-sama. Meskipun pada akhirnya pekerjaan dan imbalannya pun juga akan dibagi bersama dalam sebuah kelompok besar penambang Bitcoin tersebut.

Membuat Dompet Bitcoin

Cara menambang Bitcoin lainnya yang bisa Anda pilih adalah dengan membuat dompet Bitcoin. Tujuannya sebenarnya adalah digunakan untuk menerima Bitcoin yang selama ini sudah Anda tambang. Terkait dengan dompet Bitcoin ini, salah satu yang bisa dikatakan cukup baik adalah Copay, yang merupakan piranti lunak yang sudah terpercaya kualitasnya dan bisa digunakan pada berbagai sistem operasi.

Namun selain memanfaatkan perangkat lunak semacam Copay tadi, dompet Bitcoin juga sudah tersedia dalam bentuk perangkat keras. Jadi Anda tinggal pilih menggunakan yang mana. Apakah menggunakan perangkat lunak ataupun keras.

Dalam hal ini, nantinya Bitcoin yang sudah berhasil Anda tambang akan dikirim langsung ke dompet Bitcoin yang sudah Anda buat dengan menggunakan alamat unik yang hanya diri Anda sendirilah yang tahu.

Namun yang perlu Anda perhatikan baik-baik saat ingin membuat dompet Bitcoin adalah sebisa mungkin mengamankannya dari potensi ancaman dengan cara mengaktifkan otentikasi dua faktor, atau Anda juga bisa meletakkannya pada komputer luring yang tidak mengakses sistem internet.

Dalam hal ini, dompet Bitcoin bisa Anda dapatkan dengan cara mengunduh terlebih dahulu piranti lunak klien ke komputer Anda. Di bawah ini adalah beberapa contoh piranti lunak dompet Bitcoin yang sudah terbukti keamananya:

1. Kraken

Kraken ini merupakan bursa terbesar yang ada di Eropa yang memiliki SEPA hari yang sama.

2. SpectroCoin

SpectroCpoin ini juga merupakan bursa Eropa dengan SEPA hari yang sama dan juga dapat membelinya dengan menggunakan kartu kredit.

3. Local Bitcoins

Local Bitcoins ini bisa dikatakan sebagai salah satu layanan luar biasa. Kenapa? Sebab memungkinkan Anda untuk mencari seseorang diantara masyarakat yang bersedia untuk menjual Bitcoin langsung kepada Anda. Tapi meskipun seperti itu, sebaiknya kehati-hatian tetap perlu Anda kedepankan.

4. Coinbase

Coinbase ini bisa dibilang sebagai salah satu tempat terbaik untuk mulai membeli Bitcoin. Tapi sayangnya tempat ini kurang begitu bagus untuk dijadikan sebagai dompet Bitcoin. Oleh sebab itu, pikirkan baik-baik ketika ingin memilih Coinbase untuk dijadikan sebagai dompet Bitcoin.


5. Buying Bitcoin Guide

Piranti lunak yang satu ini bisa memandu Anda untuk menemukan bursa Bitcoin terbaik yang ada di negara Anda.

Ikuti Terus Berita Perkembangan Terbaru Bitcoin

Jika Anda ingin menambang Bitcoin, jangan sampai untuk tidak mengikuti perkembangan apa saja terkait dengan Bitcoin itu sendiri. Terus mengikuti perkembangannya adalah hal paling penting supaya Anda bisa memperoleh keuntungan saat menambang Bitcoin.

Oleh sebab itu, sebaiknya selalu update berita terbaru mengenai Bitcoin ini. Jangan sampai lantaran kemalasan Anda untuk selalu update berita, apa yang sudah Anda usahakan selama ini menjadi sia-sia. Apapaun usaha Anda, keseriusan, ketelitian, serta kecerdikan Anda dalam membaca peluang adalah hal yang bisa menentukan kesuksesan. Begitun juga ketika Anda memilih untuk mulai menambang Bitcoin. Jika Anda tidak mempraktekkan hal semacam itu, sebaik apapun cara menambang Bitcoin tidak akan ada gunanya.



Budi Hermawan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH