Kecantikan

Cara Ampuh 'Menyembuhkan' Rambut Brassy

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 04 Februari 2022
Cara Ampuh 'Menyembuhkan' Rambut Brassy
Ada tahap khusus untuk memperbaiki rambut brassy. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

BAGI kamu yang hobi mewarnai rambut, pasti enggak asing lagi dengan kondisi rambut yang brassy. Kondisi ini bisa terjadi ketika kamu tidak merawat rambut dengan maksimal ketika rambut sudah sering melalui proses bleaching dan pewarnaan.

Pertama kali diwarnai, kondisi rambut masih sangat sehat sehingga warna cat akan cepat masuk dan tidak mudah luntur. Tetapi jika kamu selalu melewatkan tahap perawatan khusus rambut berwarna, dijamin rambutmu akan cepat brassy atau luntur dan terlihat rusak.

Baca juga:

Mengurai Kekusutan Rambut Keriting

Menurut laman redken, sayang jika sudah mengeluarkan banyak uang untuk cat rambut di salon tapi rambutmu malah rusak dan warnanya cepat luntur? Tingkat brassy pada rambut tergantung dari seberapa sering kamu mewarnai rambut dan kualitas produk perawatan yang dipakai setiap hari.

Memutuskan untuk mewarnai rambut, berarti harus siap untuk konsisten melakukan perawatan agar rambut tidak brazzy atau bahkan rontok parah.

1. Potong rambut secara berkala

Cara Ampuh 'Menyembuhkan' Rambut Brassy
Potong ujung rambut yang bercabang. (Foto: Pixabay_kaleido-dp)

Ujung rambut akan cepat bercabang ketika sering diwarnai. Untuk itu kamu wajib rutin memotong rambut sekitar dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Rambut yang bercabang akan mempercepat pelunturan cat. Selain itu rambut yang sudah sering diwarnai dan menjadi brassy akan semakin membuat cat rambut tidak terlihat sempurna.

2. Jangan lewatkan hair mask

Cara Ampuh 'Menyembuhkan' Rambut Brassy
Mengganti conditioner biasa dengan hair mask. (Foto: Pixabay/kboyd)

Rambut sehat yang belum pernah diwarnai saja tetap butuh perawatan rutin dengan menggunakan hair mask. Apalagi yang sudah sering melalui proses bleaching?

Jika kamu sudah sering mewarnai rambut, ganti conditioner dengan hair mask yang mengandung vitamin A, C, D, dan E untuk memperkuat akar rambut. Hindari keramas setiap hari karena dapat membuat kondisi rambut semakin kering dan brassy.

Baca juga:

Minyak Rosemary, Kunci Rambut Sehat Alami

3. Gunakan purple shampoo

Cara Ampuh 'Menyembuhkan' Rambut Brassy
Rutin menggunakan sampo khusus rambut berwarna. (Foto: Pixabay/SocialButterflyMMG)

Setelah mewarnai rambut, hair stylist akan menyarankan beberapa merek purple shampoo yang harus kamu beli untuk keramas. Perlu dikatahui, sampo biasa tidak bisa menutrisi rambut berwarna secara maksimal.

Itu lah alasan mau tidak mau kamu harus mengganti sampo yang biasa digunakan dengan purple shampoo. Kandungan yang terdapat di dalam purple shampoo memang mampu merawat rambut yang sudah diwarnai dan melalui proses bleaching.

4. Hindari sinar matahari

Cara Ampuh 'Menyembuhkan' Rambut Brassy
Untuk sementara hindari terkena sinar matahari secara langsung. (Foto: Pixabay/jplenio)

Sinar matahari dan kaporit yang ada di kolam renang mempercepat proses oksidasi pada rambut sehingga warna cat tidak akan bertahan lama. Selain itu sinar UV dari matahari menyebabkan kondisi rambut mengering dan akhirnya terlihat brassy.

Hindari terkena sinar matahari secara langsung ketika kamu sudah mewarnai rambut. Untuk sementara waktu, kamu juga tidak bisa berenang terlebih dahulu karena akan semakin merusak rambut yang sudah diwarnai. (Mar)

Baca juga:

Jangan Buang Air Cucian Beras Bisa untuk Kulit dan Rambut Cantik

#Kecantikan #Tips Kecantikan #Tips Perawatan Rambut #Perawatan Rambut #Cat Rambut
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan