Kecantikan
Jangan Buang Air Cucian Beras Bisa untuk Kulit dan Rambut Cantik Segudang manfaat air beras (Foto: Pexels/vie studio)

MOTTO hidup sebagian orang Indonesia adalah "belum makan kalau enggak ketemu nasi". Ternyata makanan pokok orang Indonesia ini lebih dari sekadar makanan yang mengenyangkan, serbaguna, dan bergizi. Kita bisa menggunakan air beras untuk kulit dan rambut. Air beras adalah air berpati yang tersisa setelah kamu mencuci atau memasak beras.

Cairan ini dapat memperbaiki kondisi kulit, rambut, dan banyak lagi. Air beras untuk kulit dan rambut adalah senjata alami rumahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Menambahkan air beras ke perawatan kulit dan rambut secara alami akan meningkatkan kualitas kulit dan rambut Anda. Produk perawatan kulit ini juga bebas dari bahan kimia.

Selain itu, air beras mengandung karbohidrat, inositol, dan asam fitat. Zat-zat ini membantu mencapai dan mempertahankan kulit bercahaya. Air juga memiliki antioksidan dalam jumlah tinggi yang menetralisir radikal bebas. Berikut manfaat air beras untuk kecantikan rambut dan kulit.

Baca Juga:

Mencerahkan kulit

kulit

Kamu bisa menggunakan air beras untuk efek mencerahkan wajah. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Jika bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh kehamilan, perubahan hormonal, atau kerusakan akibat sinar matahari timbul di kulit. Jangan khawatir, air beras dapat membantu. Kamu bisa menggunakan air beras untuk efek mencerahkan wajah. Ketika kamu menggunakan air cuci beras untuk mencuci kulit wajah, bintik-bintik gelap memudar. Tekstur kulit akan menjadi rata. Selain itu, air beras memiliki enzim penting untuk mengangkat sel kulit mati. sehingga membantu mencerahkan kulit secara alami.

Kulit kering

kulit kering

Air beras bisa membantu memulihkan kondisi itu. (Foto: Pexels/cottonbro)

Kulit kering tidak nyaman. Apalagi jika menyebabkan kulit terkelupas. Salah satu penyebab kerusakan kulit dan rambut bisa jadi disebabkan oleh sodium laurel sulfate, bahan yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit dan rambut. Air beras bisa membantu memulihkan kondisi itu. Air beras dapat meningkatkan pertumbuhan sel. Proses ini akan membuat kulit halus dan bebas dari kekeringan. Ini juga membantu menyeimbangkan tingkat pH, membuat kulit sehat kembali.

Eksim, jerawat, ruam, dan peradangan

jerawat

Pulihkan kondisi jerawat dengan air cuci beras. (Foto: Pexels/Anna Nekrashevich)

Penelitian yang dilakukan The Power of Positivity menunjukkan bahwa lapisan terluar kulit melindungi kulit dari mikroba. Penghalang alaminya harus mempertahankan sel lipid khusus. Jika sel-sel tersebut terganggu, maka dapat menyebabkan dermatitis, rosacea, dan kondisi kulit serta ruam lainnya. Air beras membantu kulitmu mempertahankan tingkat pH yang sehat. Itu dapat membantu mengatasi kondisi kulit yang tidak nyaman.

Baca Juga:

Sinar matahari

kerusakan kulit

Air beras dapat memberikan sensasi dingin pada kulit setelah terbakar sinar matahari. (Foto: Unsplash/Noorulabdeen Ahmad)

Studi menunjukkan bahwa air beras dapat melindungi kulit dari sinar UV. Air beras dapat memberikan sensasi dingin pada kulit setelah terbakar sinar matahari. Ini juga mendukung penyembuhan ketika kulit rusak oleh matahari. Tak hanya itu, air beras baik untuk membantu mengatasi kulit merah, meradang, atau gatal yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari.

Antipenuaan

anti penuaan

Air beras memperlambat proses penuaan kulit. (Foto: Pexels/Artem Podrez)

Setiap orang pasti menghadapi proses penuaan,. Namun kamu bisa memperlambat proses tersebut dengan menggunakan air beras untuk kulit. Menggunakan air beras setiap hari dapat membantumu terlihat lebih muda dan mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Kulit mengandung elastin yang membuatnya lembut dan kenyal, sehingga tampak awet muda. Seiring bertambahnya usia, elastin menjadi kurang efektif sehingga membuat keriput dan kendur. Air beras dapat membantu mengatasi hal ini, karena mengandung antioksidan yang melawan kulit dan radikal bebas yang merusak elastin.

Air beras juga meningkatkan kolagen di kulit, mengurangi dan mencegah keriput. Dalam air beras terkandung vitamin dan nutrisi lain yang memperlambat proses penuaan seperti Vitamin A, Vitamin C, allantoin, dan Vitamin E. (avia)
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cek Warna Tinja untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Pencernaan
Fun
Cek Warna Tinja untuk Mengetahui Kondisi Kesehatan Pencernaan

Ketahui kondisi kesehatan pencernaan lewat warna tinja.

Lelang Brompton 'Merah Putih' untuk Bantu Bangun Masjid RI di London
Fun
Film dan Serial Netflix di Oktober 2022, Catat Tanggal Mainnya
ShowBiz
Film dan Serial Netflix di Oktober 2022, Catat Tanggal Mainnya

Sederet film dan serial terbaru akan hadir di Netflix Oktober 2022.

'About Damn Time', MV Pemanasan Album Baru Lizzo
ShowBiz
'About Damn Time', MV Pemanasan Album Baru Lizzo

Ia menyebutnya sebagai lagu musim panas.

Drakor Ini Sebut Member BTS 'Mati'
ShowBiz
Drakor Ini Sebut Member BTS 'Mati'

Drama Korea ini sindir member BTS

Netflix Akan Hadirkan Kisah Scott Pilgrim Versi Anime
ShowBiz
Netflix Akan Hadirkan Kisah Scott Pilgrim Versi Anime

Kisah Scott Pligrim akan dikemas jadi serial anime.

Indonesia's Girl dan ITFW 2022 Lahirkan Talenta Muda di Dunia Fesyen
Fashion
Indonesia's Girl dan ITFW 2022 Lahirkan Talenta Muda di Dunia Fesyen

Ajang unjuk gigi para remaja di dunia fesyen.

Trailer Terbaru 'One Piece Odyssey' Perlihatkan Petualangan di Alabasta
Fun
Trailer Terbaru 'One Piece Odyssey' Perlihatkan Petualangan di Alabasta

Luffy dan kawan-kawan tetap menggunakan baju seperti pada versi One Piece Odyssey.

Apple akan Ganti 'Hey Siri' Menjadi 'Siri'
Fun
Apple akan Ganti 'Hey Siri' Menjadi 'Siri'

'Hey Siri' menjadi asisten bagi pengguna iPhone.

Demi Cuan, Kenali Karakter Pelanggan yang Baik
Fun
Demi Cuan, Kenali Karakter Pelanggan yang Baik

perlu mengenali mana saja pelanggan yang baik.