Cabor Senam Buktikan Mampu Berprestasi di Tengah Keterbatasan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 11 Mei 2023
Cabor Senam Buktikan Mampu Berprestasi di Tengah Keterbatasan
Ketua Umum PB PERSANI Ita Yuliati Irawan (tengah) setelah upacara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (10/5/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

MerahPutih.com - Cabang olahraga (cabor) senam berhasil membawa pulang satu medali perak dan satu medali perunggu di SEA Games 2023 Kamboja. Prestasi itu mampu diraih meski berada di tengah keterbatasan.

Pada SEA Games 2023, cabang olahraga senam hanya mempertandingkan nomor ritmik putra dan aerobik. Namun, senam berhasil memboyong dua medali dari nomor ritmik putra.

Hal itu juga menjadi bukti bahwa pembinaan prestasi senam yang dilakukan PB PERSANI di bawah kepemimpinan Ita Yuliati Irawan berjalan baik. Sebab, raihan medali dari nomor artistik putra di SEA Games kali ini, merupakan yang pertama kalinya setelah nomor tersebut puasa medali selama empat tahun.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-22 Percaya Diri Hadapi Semifinal

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang kami dapatkan, walaupun masih sebatas perak dan perunggu. Namun kami akan terus meningkatkan kompetensi mereka dengan pelatihan-pelatihan yang intensif ke depannya," kata Ketua PB PERSANI Ita, saat ditemui setelah upacara penjemputan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (11/5) malam, seperti dikutip Antara.

Kedua atlet senam artistik putra tersebut, yakni pemenang medali perak Abiyu Rafi dan pemenang medali perunggu Joseph Judah, berhasil mengukir prestasi karena mendapat pelatihan khusus dari pelatih asal Jepang, Tachibana.

Oleh sebab itu, Ita yakin dengan adanya bantuan alokasi dana dan dukungan lainnya, maka prestasi senam Indonesia di masa depan akan lebih baik lagi.

"Kami sangat berharap pemerintah dapat menyediakan sarana gymnastic hall yang sampai saat ini kami belum mendapatkannya, dan kami saat ini melakukan pelatnas dengan berlatih di Gedung DKI. Jadi kami belum mempunyai hall sendiri, dan juga peralatan tentunya," tambah Ita.

Baca Juga:

Jadwal Tim Indonesia di SEA Games 2023 Hari Ini: Sejumlah Cabor Berpeluang Raih Emas

Selain bantuan dari pemerintah, Ita juga menyampaikan harapan agar di masa yang akan datang kuota atlet senam dapat ditambah. Sehingga Indonesia dapat mengikuti nomor-nomor beregu yang juga berpeluang mendulang medali.

"Kemarin di ajang SEA Games itu semua negara itu menurunkan tim, yaitu tim itu ada lima atlet. Sementara Indonesia hanya memberangkatkan dua atlet saja. Jadi kita tidak punya kesempatan untuk bertanding di dalam tim," tutur perempuan yang juga mencalonkan diri kembali untuk menjadi Ketua Umum PB PERSANI masa bakti 2023-2027 itu.

Harapan agar bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik juga disuarakan pemenang medali perak, Abiyu, yang bertanding di nomor palang tunggal.

"Kami ingin membuktikan saja kalau kami bisa lebih dari ini. Cuma ya butuh fasilitas yang lebih layak saja," kata pesenam asal Riau itu. (*)

Baca Juga:

Cerita Atlet Jalan Cepat Bawa Pulang Emas di Tengah Suhu Panas Tinggi Kamboja

#SEA Games #SEA Games 2023
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan