Kesehatan
Busui, Perhatikanlah Asupan Makanan Para ibu menyusui perlu memerhatikan asupan makanan.(Foto: Unsplash/Dave Clubb)

BAGAI ibu menyusui (busui), asupan makanan amatlah penting. Tubuh ibu yang sedang menyusui bekerja keras menghasilkan susu setiap saat sepanjang hari. Hal itu menyebabkan ibu yang menyusui akan merasa lebih mudah lelah dan lapar sepanjang waktu.

Mungkin saat mendengarkan masalah yang dihadapi ibu menyusui tersebut, solusi paling tepat yang terpikir ialah makan yang banyak. Namun, sebenarnya ibu yang sedang menyusui harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan karena apa dimakan busui akan dikonsumsi juga oleh si kecil lewat ASI. Jadi kunci untuk tantangan itu ialah makan yang sehat. Hal itu bukan terletak pada 'apa' atau 'berapa banyak' porsi yang dimakan.

Seorang ibu yang sedang memberikan ASI harus mengisi bahan bakar tubuhnya dengan banyak mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Ada beberapa makanan yang sebenarnya baik untuk tubuh kita, nyatanya tidak boleh dikonsumsi ibu baru karena satu dan lain hal. Dalam rangka Pekan ASI Sedunia 2021, berikut makanan yang harus dikonsumsi ibu menyusui berikut makanan yang harus dihindari.

BACA JUGA:

Ibu Baru, Perhatikan Langkah Pemberian ASI Perah

Makanan yang harus dimakan saat menyusui.

1. Kacang-Kacangan

kacang-kacangan
Kaya akan protein, vitamin, dan fitoestrogen.(Foto Unsplash Betty Subrizi)

Kacang-kacangan kaya akan protein, mineral, vitamin, dan fitoestrogen. Mereka tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga membantu memproduksi susu. Kacang-kacangan seperti lentil merah dan lentil kuning yang telah dianggap sebagai galactagogue atau agen sekresi susu.

Meskipun buncis, kacang merah, kacang polong, dan lain sebagainya juga sehat dan dikonsumsi oleh ibu menyusui di seluruh dunia, kacang-kacangan tersebut membuat bayi berisiko kolik dan umumnya tidak direkomendasikan para dokter di India.

2. Sayur Hijau

sayur hijau
Perbanyak sayuran hijau. (Foto Unsplash Cole Patrick)

Sayuran hijau yang umum seperti labu siam, labu runcing, dan sayuran yang ringan untuk pencernaan mendukung kesehatan ibu menyusui. Sayuran hijau akan membantu dalam membangun kebiasaan makan yang baik untuk bayi ketika ia mulai mengonsumsi makanan padat.

Sayuran hijau juga mengandung fitoestrogen yang membantu produksi susu. Hindari mengonsumsi sayuran seperti kubis dan brokoli yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan menimbulkan risiko kolik pada bayi.

3. Kunyit

kunyit
Minum kunyit baik untuk ibu dan bayi.(Foto Unsplash Osha Key)

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini, kunyit telah lama digunakan di seluruh dunia oleh ibu baru sebagai laktogen. Kunyit telah menunjukkan sifat antiinflamasi yang penting untuk mendukung nutrisi dan kesehatan ibu menyusui. Kunyit juga membantu mencegah metastasis dan pembengkakan payudara serta meningkatkan kekebalan ibu dan bayi.

Sementara itu, ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat menyusui.

1. Kafein

kopi
Kurangi kafein karena tidak baik untuk bayi.(Foto Unsplash Linda Xu)

Ibu menyusui pasti pernah atau bahkan sering mendambakan secangkir kopi atau teh panas di pagi hari setelah menghabiskan malam tanpa tidur menyusui bayi. Namun, busui harus berhati-hati saat mengonsumsi makanan kaya kafein. Zat kafein bisa berakhir di ASI.

Hal itu akan membuat ibu dan bayi sulit untuk tidur nyenyak. Sistem mereka yang belum berkembang dengan sempurna tidak dapat memproses kafein secara efektif. Selain kopi dan teh, maknaan lain yang juga mengandung kafein ialah coklat. Makanlah dalam jumlah yang sangat sedikit jika menginginkannya.

2. Bawang Putih

bawang putih
Bayi akan menolak asi jika tidak menyukai rasanya. (Foto Unsplash Sebastien Marchand)

ASI dapat mengadopsi rasa dari jenis makanan yang ibu makan. ASI rasa bawang putih merupakan sesuatu yang tidak akan mereka nikmati. Jadi, jika ibu menyusui baru-baru ini makan makanan yang banyak mengandung bawang putih dan bayinya menolak minum susu, itu karena rasa bawang putihnya.

3. Ikan

ikan
Berhati-hatilah saat mengonsumsi ikan. (Foto Unsplash Richard Bell)

Meskipun ikan merupakan sumber asam lemak dan protein omega 3, busui disarankan hanya mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Beberapa jenis ikan seperti mackerel dan swordfish mengandung banyak merkuri yang dapat masuk ke ASI dan masuk ke tubuh bayi. Jika kamu sangat ingin mengonsumsi ikan, pilih varian ikan dengan kadar merkuri rendah dan memiliki risiko bakteri dan parasit yang rendah.

Ibu menyusui harus menguji dan mencoba makanan sedikit demi sedikit untuk memeriksa apakah makanan itu cocok untuk mereka dan si kecil. Makan berbagai makanan bergizi saat menyusui akan mengubah rasa ASI. Hal itu akan membuat bayi merasakan berbagai rasa. Nantinya, hal itu dapat membantu si kecil menerima makanan padat dengan lebih mudah.(Tel)

  • LAINNYA DARI MERAH PUTIH
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Film dan Serial Baru di Disney Plus Sepanjang November 2021
ShowBiz
Film dan Serial Baru di Disney Plus Sepanjang November 2021

Menghadirkan animasi, dokumenter, sampai film-film khas liburan akhir tahun

Aksesori Zip Tie dari AMBUSH
Fashion
Aksesori Zip Tie dari AMBUSH

Dijual mulai Rp5 juta hingga Rp8 juta.

Nama Anak Indonesia Ini 'ABCDEF GHIJK Zuzu'
Fun
Nama Anak Indonesia Ini 'ABCDEF GHIJK Zuzu'

Nama anak ini sangat unik.

Uji Kesetiaan, Pasangan Ini Rantai Tangan Mereka 3 Bulan
Fun
Uji Kesetiaan, Pasangan Ini Rantai Tangan Mereka 3 Bulan

Keduanya ingin tahu seberapa besar cinta yang dimiliki.

Camilan Malam yang Buat Tidurmu Berkualitas
Fun
Camilan Malam yang Buat Tidurmu Berkualitas

Salah satu cara terbaik untuk mengisi perutmu sebelum tidur dengan makan camilan sehat

Celana Jojon, dari Culun jadi Hits
Fashion
Celana Jojon, dari Culun jadi Hits

Punya ciri khas dan identitas yang begitu melekat.

Spotify Buat Fitur Khusus Netflix Hub
ShowBiz
Spotify Buat Fitur Khusus Netflix Hub

Netflix tidak membeli akses hub pada aplikasi Spotify.

Pentingnya Dominasi Konten Lokal Edukatif dan Inspiratif
Fun
Pentingnya Dominasi Konten Lokal Edukatif dan Inspiratif

KPI Pusat berharap konten lokal yang edukatif, inspiratif dan ramah anak, bisa mendominasi media penyiaran Indonesia

Pacaran dengan Rekan Kantor, Waspadai Risikonya
Fun
Pacaran dengan Rekan Kantor, Waspadai Risikonya

Sayangnya menjalin asmara dengan rekan satu kantor bisa menimbulkan berbagai masalah.

Flames, Lagu Kolaborasi Avril Lavigne dan Mod Sun
ShowBiz
Flames, Lagu Kolaborasi Avril Lavigne dan Mod Sun

Menjawab pertanyaan para penggemar tentang karya musik baru Lavigne.