Bukan cuma Perempuan, Studi Menunjukkan Pria Juga Suka Ngegosip! Pria juga suka bergosip (Foto: Pexels/Gratisography)

BIASANYA perempuan yang lebih dianggap sering bergosip sebab perempuan senang bicara, enggak seperti pria yang kesannya lebih pendiam. Namun, menurut studi terbaru, rupanya pria sama saja seperti perempuan. Mereka juga hobi bergosip ria.

Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Social Psychological and Personality Science seperti dilansir Times of India. Lalu seperti apa hasil studi tersebut?

Para peneliti di University of California mencoba melacak percakapan harian 467 peserta. Jumlah peserta itu terbagi atas 269 perempuan dan 198 pria. Penelitian dilakukan menggunakan alat perekam portabel bernama Electronically Activated Recorders (EARs).

Mereka yang berusia muda sering bergosip hal negatif (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Para peserta terbagi dalam kelompok berusia 18-58 tahun. Perangkat Ears tersebut dapat membantu melacak sekitar 12% dari percakapan harian para peserta. Para peneliti mendefinisikan gosip jika dalam percakapan para peserta membicarakan orang yang enggak hadir.

Rupanya ada 4003 percakapan berbau gosip yang terekam perangkat itu. Gosip dalam rekaman ini dibagi menjadi kategori positif, negatif dan netral. Selanjutnya, para peneliti terus melacak apakah gosip itu tentang selebriti atau orang yang mereka kenal.

Baca juga:

Pria, Ini Taktik Jitu Supaya Menang Argumen dengan Perempuan

Hasilnya, Studi ini menunjukkan bahwa pria suka bergosip sebanyak perempuan. Bahkan bisa dibilang seseorang bergosip selama sekitar 52 menit dalam sehari. Entah itu pria ataupun perempuan.

Selain itu, studi itu juga menunjukkan mereka yang lebih muda sering bergosip yang negatif. Sementara mereka yang lebih tua hanya membicarakan gosip yang positif. Enggak membicarakan kejelekan orang lain.

Topik yang diangkat selalu mengenai orang yang dikenal (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Setelah menganalisis semua gosip yang terekam. Para peneliti menyimpulkan bahwa sekitar tiga perempat dari semua gosip itu netral. Namun, jumlah gosip negatif ada sebanyak 604 percakapan hampir dua kali lebih banyak dari gosip positif yang hanya berjumlah 376 percakapan.

Topik gosip paling utama yang kerap dibicarakan lebih mengenai orang yang mereka kenal. Bukan tentang selebriti. Lebih menariknya lagi, menurut para peneliti, yang suka bergosip rupanya mereka yang lebih berpendidikan. Sementara mereka yang kurang berpendidikan, nyatanya enggak terlalu hobi ngegosip.

Yuk sahabat Merah Putih, kurang-kurangi bergosip. Karena enggak baik lho membicarakan orang lain.(ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH