Buat Sendiri Tie Dye di Rumah (COVER) Tren fashion Tie dye. (Style Cater)

DI media sosial akhir-akhir ini, pasti kamu sering melihat tren busana dengan motif tie dye. Tie dye ini bisa banget diaplikasikan buat berbagai jenis pakaian, mulai dari kaos, celana, hoodies, atau kaus kaki.

Meski sudah ada sejak 2019 lalu, tren Tie Dye masih berlanjut sampai sepanjang 2020. Apalagi semenjak Work From Home, DIY Tie Dye ini mulai ramai di TikTok. Daripada bosan di rumah atau harus mengeluarkan uang untuk membeli pakaian Tie dye, kamu juga bisa buat sendiri kok.

Baca juga:

3 Item Terbaik dari Koleksi Vans x The SImpsons Terbaru

1. Siapkan Bahan-bahan yang dibutuhkan

Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. (Foto: Youtube-Highsnobiety)
Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. (Foto: Youtube/Highsnobiety)

Pada tahap ini kamu memerlukan beberapa bahan penting, seperti sarung tangan karet, karet gelang, botol plastik, kantong plastik, pemutih/pewarna, dan tentunya barang (kaus atau pakaian) yang ingin dimotif Tie dye. Tentunya kamu bisa menggunakan pakaian dengan bahan dasar kain katun atau sutera agar warnanya dapat menempel dengan baik.

2. Tentukan Desain

Tentukan desain (Foto: Style Cater)
Tentukan desain (Foto: Style Cater)

Tie dye sendiri memiliki beberapa motif. Seperti classic spiral, crumple, dan shibori. Setelah menentukan desainnya kamu bisa mengikat kaus dengan karet gelang. Semakin banyak karet gelang, semakin banyak juga pola yang akan kamu dapatkan.

Baca juga:

4 Koleksi Fashion Terbaik dari Kolaborasi New Era x One Piece

3. Dye

Tentukan desain atau pola yang kamu inginkan. (Foto: Youtube/Highsnobiety)
Tentukan desain atau pola yang kamu inginkan. (Foto: Youtube/Highsnobiety)

Kemudian tuangkan pewarna atau pemutih ke kaus yang sudah dibentuk polanya sesuai dengan selereamu. Berikan pewarna atau pemutih sampai semua permukaan tertutup. Agar warnanya dapat meresap dengan baik kamu perlu mendiamkan kaus di dalam kantong plastik selama 6 sampai 8 jam.

4. Cuci kaus



Cuci dan keringkan kaus Tie dye. (Foto: Youtube/Highsnobiety)
Cuci dan keringkan kaus Tie dye. (Foto: Youtube/Highsnobiety)

Setelah mendiamkan selama beberapa jam, kamu bisa mencuci kaus sampai bersih agar semua pewarna dapat hilang dan tidak mudah luntur. Keringkan baju dan kaus Tie dye mu bisa digunakan dan dipadukan dengan setelan lainnya untuk menjadikan tampilan semakin modis. Motif ini identik dengan gaya hippie yang cocok untuk outfit harian. Selamat mencoba. (Ren)

Baca juga:

Busana Berteknologi Tinggi Diklaim Bisa Membunuh Virus


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani