Buah Unik ini Langka di Dunia, Kamu Sudah Pernah Coba? Beberapa buah unik bisa kamu temukan di berbagai belahan dunia.(foto: James Beard Foundation)

PENGGEMAR buah pasti akan memburu berbagai jenis buah ke mana pun pergi. Ya, ada banyak buah yang bisa kamu temukan di pasaran atau supermarket. Beda daerah, beda lagi buah khas yang tersedia.

Namun, tahukah kamu bahwa ada buah unik dan langka yang kaya nutrisi di dunia? Buah-buah ini hanya akan tumbuh dalam kondisi tertentu. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 5 buah unik di dunia.

BACA JUGA: Pecah Rekor, Seekor Kepiting Terjual Rp467 Juta

1. Buddha’s Hand

buah unik
Sering digunakan untuk pengharum ruangan. (foto: tenalu)

Jika dilihat sekilas, buah ini tampak seperti pisang karena warnanya yang kuning. Buah ini disebut juga dengan sitron berjari merupakan varietas sitron yang bentuknya tidak biasa dengan bentuk buahnya yang menyerupai jari dan terlihat pada representasi Buddha. Kulitnya pun juga menyerupai seperti lemon.

Buah ini berasal dari Tiongkok barat daya dan India timur laut. Buah ini hanya bisa ditemukan pada saat musim dingin dan dapat tubuh hingga 12 inci. Ketika buah ini dibelah, dagingnya akan tampak warna putih, tidak berair, dan sering tanpa biji. Buah ini biasanya digunakan untuk pengharum ataupun penghilang rasa asin pada ikan.

2. Jabotikaba

buah unik
Sejenis anggur dari Brasil Tenggara. (foto: steemit)

Jabotikaba adalah buah langka berwarna ungu yang berasal dari Brasil Tenggara. Jabotikaba merupakan jenis buah yang masih sejenis dengan anggur dan dapat dilihat dari bentuknya. Namun, kulit luar buah ini lebih keras dan dapat tumbuh hingga berdiameter 1 inci.

Dengan aroma yang harum, buah ini sering digunakan untuk olahan roti panggang, selai, dan wine. Buah ini juga mampu menyembuhkan diare dan asma.


3. Physalis

buah unik
Berkhasiat untuk obat-obatan tradisional. (foto: Nicerin)

Physalis adalah buah eksotis asli Amerika Selatan dan masih terikat dengan keluarga tomat. Buah ini memiliki daun yang transparan seperti kulit. Tidak seperti pada buah tomat, buah physalis memiliki ukuran yang lebih kecil. Buah ini juga memiliki bentuk yang sama seperti tomat.

Physalis memiliki banyak khasiat yang dapat dijadikan untuk obat-obatan. Kandungan vitamin C, vitamin B, dan besi dalam buah ini menjadikan physalis sebagai ramuan khusus untuk obat-obatan tradisional. Mengonsumsi physalis juga dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh.


4. Pisang merah

buah unik
Kaya nutrisi dan kaya manfaat. (foto: health line)

Mungkin kamu mengira bahwa pisang hanya memilki kulit berwarna kuning. Ternyata, ada terdapat juga pisang yang memiliki warna kulit merah. Pisang ini bisa kamu temui di Asia Tenggara. Sama seperti pisang kuning, pisang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu. Ada banyak kandungan nutrisi pada pisang ini seperti, latein, potassium, vitamin C, vitamin B6, magnesium, beta karoten, dan nutrisi lainnya.

Pisang ini juga ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan, kesehatan mata, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh.


5. Miracle Fruit

buah unik
Punya efek pemanis. (foto: superfoodly)

Buah ajaib kecil berwarna merah ini tumbuh di hutan tropis Afrika Barat. Di bidang medis, dokter memanfaatkan efek pemanis dari buah ajaib ini untuk mengembalikan nafsu makan pasien kanker. Buah ini juga dikenal sebagai miracle berry, sweet berry, dan miraculous berry.

Buah manis dan ajaib ini juga mampu membantumu mengurangi kalori. Di saat yang sama, mengosumsi buah ini juga akan menghasilkan asam.(And)

BACA JUGA: Menikmati Lembutnya Nasi Mandi di Ibu Kota



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH