BTS Berpidato di Sidang Umum PBB BTS kembali berpidato pada Sidang Umum PBB 2020.(Foto: Twitter@bts_bighit)

ADA yang istimewa dalam Sidang Umum ke 75 PBB tahun ini. Supergroup asal Korea Selatan BTS kembali diundang untuk berikan pesan khusus. Ini jadi kali kedua bagi grup besutan Big Hit Entertainment itu setelah dua tahun lalu membawakan pidato mengenai kampanye mereka bertajuk Love Myself.

Tahun ini tepatnya pada tanggal 23 September 2020, bersama dengan Henrietta Fore, Direktur Ekesekutif UNICEF, BTS memberikan pesan video untuk semua anak muda di seluruh dunia yang mengalami masa sulit akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga:

Lima Kunci BTS Raih Kesuksesan Mendunia

Fore memulai video dengan menyatakan bahwa tahun ini memang merupakan masa yang sulit bagi seluruh kaum muda. "Sekarang hal mungkin terasa tidak benar, namun kita dapat menggunakan waktu ini untuk memikirkan tentang bagaimana kita dapat menata ulang dan membangun dunia yang lebih baik," ungkapnya. Fore juga meyakinkan bahwa kaum muda tidak sendirian karena ia dan BTS mendengarkan

Kemudian video berganti dan memperlihatkan ketujuh anggota BTS mendatangi lokasi syuting satu persatu mengenakan pakaian formal serba hitam. Leader BTS RM memulai pidatonya dengan mengatakan bahwa COVID-19 adalah sesuatu di luar imajinasinya. Pria bernama asli Kim Namjoon itu bercerita bahwa tur dunia BTS akhirnya dibatalkan dan semua rencananya gagal.

Lalu video berubah memperlihatkan Jimin yang merasa putus asa dengan keadaan tersebut. "Kemarin, saya bernyanyi dan menari bersama penggemar di seluruh dunia. Dan sekarang dunia saya menyusut menjadi sebatas ruangan," kata Jimin mengungkapkan kekecewaannya.

Baca Juga:

5 Lagu BTS yang Ditonton Ratusan Juta Kali di YouTube, Favoritmu Mana?

bts
Ketujuh member BTS bagikan pesan spesial yang menyentuh kepada semua kaum muda di seluruh dunia. (Foto YouTube@BANGTANTV)

Suga, lead rapper BTS menyebutkan bahwa untuk pertama kalinya hidup jadi terasa lebih sederhana. Dunia serasa mengecil dalam waktu yang singkat.

Perasaan teman anggotanya itu juga diakui oleh V. Personel kelahiran 1995 itu merasa lebih kesepian, frustasi, dan depresi. Namun tidak ingin berfokus pada perasaan negatif, V justru mengambil buku catatannya dan mulai menulis lagu. Kemudian dia mendapatkan sebuah pencerahan. "Jika saya menyerah di sini, maka saya bukan bintang dalam kehidupan ini," pikirnya.

Penonton kemudian melihat sosok J-Hope yang menjelaskan bahwa meski mengalami masa-masa sulit, BTS mulai merangkul emosi tersebut dan menuangkannya menjadi sesuatu yang familiar buat mereka yakni lagu. Selanjutnya Jin selaku anggota tertua dari BTS mengungkapkan bahwa pengalaman sulit ini justru membuat mereka kembali menemukan orang-orang yang dicintai, seperti keluarga, teman, musik, dan bahkan diri sendiri.

"Memikirkan masa depan dan berusaha keras memang penting. Tapi menghargai dan menyemangati diri sendiri serta membuat dirimu bahagia adalah yang terpenting," jelas Jin. Tidak lupa pria berumur 28 tahun itu menyebutkan bahwa ini lah inti dari kampanye Love Myself yang sudah mereka bagikan kepada penggemarnya selama tiga tahun terakhir. Dan pesan tersebut yang juga ingin mereka sampaikan lewat lagu terbaru mereka Dynamite.

Baca Juga:

Single 'Dynamite' BTS Sukses Pecahkan Rekor Baru

bts
RM ingatkan bahwa masa sulit ini pasti akan berlalu. (Foto: YouTube@BANGTANTV)

Jungkook menambahkan bahwa lagu-lagu yang sudah dibuat oleh BTS menjadi cerita yang ingin mereka bagikan. Jika karya mereka dapat memberi kekuatan kepada orang lain, maka itu yang akan terus BTS lakukan.

Setelah keenam anggotanya menyampaikan pidatonya, RM kembali tampil di layar dan mengingatkan kepada para anak muda bahwa ini saatnya untuk tetap mencintai diri sendiri dan membayangkan masa depan.

"Hari esok mungkin gelap, menyakitkan, sulit. Kita mungkin tersandung atau terjatuh. Namun bintang-bintang bersinar paling terang saat malam tergelap," kata RM. Kemudian dia juga menambahkan bahwa jika bintang bersembunyi, kita bisa meminta sinar bulan untuk membimbing. Dan bahkan apabila bulan terlihat gelap, wajah kita bisa jadi terang yang untuk membantu mencari jalan.

Terakhir, 'leader' BTS itu mengajak penonton untuk memimpikan masa depan yang lebih baik. Walaupun saat ini terasa gelap dan sepi, tapi RM mengingatkan bahwa malam memang selalu tergelap sebelum fajar menyingsing.

Lalu video berdurasi 7 menit itu ditutup dengan ucapan life goes on. let's live on dari setiap personel.

Semoga pesan istimewa dari BTS ini dapat menguatkan semua anak muda yang mengalami kesulitan karena masa pandemi ini ya. Karena seperti yang BTS bilang hidup berjalan terus, maka mari kita jalani. (sam)

Baca Juga:

Cara BTS Menyemangati Penggemar saat Pandemi COVID-19 Lewat Musik



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH